The Swans Inginkan Bielsa

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

The Swans Inginkan Bielsa

Pencarian pengganti Garry Monk membawa Huw Jenkins, chairman Swansea City, ke Amerika Selatan. Kabarnya Jenkins berencana bertemu dengan Marcelo Bielsa. Tidak seperti Pep Guardiola yang menghampiri Bielsa di kediamannya untuk meminta wejangan mengenai karier kepelatihan, Jenkins menjumpai Bielsa untuk membawanya ke The Swans, markas Swansea.

Bielsa mundur setelah menangani Olympique de Marseille pada pertandingan pertama musim ini. Ia merasa dibohongi presiden kesebelasan untuk kali kedua. Saat ini Bielsa belum kembali melatih. Kabar yang menyebutkan dirinya akan melatih Tim Nasional Meksiko setelah meninggalkan Marseille belum terbukti kebenarannya hingga saat ini.

Melihat kebutuhan Swansea saat ini--menjauh dari zona degradasi secepat mungkin dengan pemain yang saat ini mereka miliki--Bielsa adalah pilihan yang tepat. Ia dapat bekerja dalam keterbatasan. Pergerakan dan kekuatan Athletic Club yang terbatas karena mereka tetap keukeuh mempertahankan tradisi hanya memainkan pemain-pemain Basque bukan masalah bagi Bielsa. Ia membawa kesebelasan asal Bilbao tersebut mencapai final Europa League dan Copa del Rey 2013.

Bielsa juga bekerja dengan pemain seadanya di Marseille. Ia mengajukan permintaan transfer berisi 12 pemain kepada Vincent Labrune namun sang presiden tidak mengabulkannya (berjanji mengabulkan permintaan Bielsa namun kemudian mengingkarinya, tepatnya). Dengan pemain seadanya, hasil kerja Bielsa di Marseille terhitung baik. Marseille sempat menguasai puncak klasemen selama beberapa lama sebelum akhirnya perlahan turun karena kelelahan menimpa Marseille yang jumlah pemainnya tidak banyak.

Jika pada akhirnya Bielsa menerima tawaran menangani Swansea, ia akan kembali bekerja dengan André Ayew. Pemain berkebangsaan Ghana tersebut bermain di bawah arahan pelatih yang dijuluki El Loco di musim pertama Bielsa di Marseille. Ayew, bersama banyak pemain lainnya, meninggalkan Marseille di akhir musim 2014/2015 dalam sebuah eksodus yang terjadi karena Bielsa sendiri.

Materi latihan Bielsa begitu baik sehingga para pemain yang menjalaninya berkembang pesat. Pada akhirnya hal ini pun membawa para peminat berdatangan dalam jumlah yang banyak. Beberapa pemain yang meninggalkan Marseille setelah musim pertama Bielsa adalah André-Pierre Gignac (Tigres), Dimitri Payet (West Ham United), Florian Thauvin (Newcastle United), dan Giannelli Imbula (Porto). Bahkan Mario Lemina yang bukan pemain utama Bielsa pun sekarang bermain untuk Juventus.

“Latihan (yang diberikan Bielsa) sangat berat namun mencerahkan, secara teknis dan taktis,” ujar Gignac, sebagaimana dikutip dari sebuah kisah mengenai Bielsa di These Football Times, “Ia tahu segalanya hingga ke detil terkecil. Aku pernah melihat agenda latihannya; ada ratusan agenda latihan dan setiap latihannya menyertakan pertandingan-pertandingan yang ia analisis. Ia mengajari kami sepakbola yang penuh semangat, sepakbola yang sebenarnya.”

Andai usaha Jenkins membawa Bielsa ke Swansea tidak membuahkan hasil, ia dapat terbang ke Chile untuk menawarkan pekerjaan kepada Jorge Sampaoli, pelatih kepala tim nasional yang membawa Chile memenangi Copa América untuk kali pertama namun sedang diisukan akan hengkang. Sampaoli juga tidak akan jauh berbeda dari Bielsa. Bersama Mauricio Pochettino, ia adalah murid El Loco.

Komentar