Kontribusi Besar Hazard dalam Kemenangan Chelsea Atas Porto

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Kontribusi Besar Hazard dalam Kemenangan Chelsea Atas Porto

Chelsea yang sempat berada di ujung tanduk pada pertandingan terakhir fase grup Liga Champions akhirnya berhasil meraih kemenangan dengan mengandaskan FC Porto. Dan dalam kemenangan ini, kontribusi Eden Hazard begitu besar.

Memang, kontribusi Thibaut Courtois, Nemanja Matic, Willian Borges, Oscar dan Ramires juga tak bisa begitu saja dilupakan dalam kemenangan ini. Tapi penampilan Hazard (yang sejak awal musim terus dikritik) pada laga ini seolah memberikan angin segar bagi skuat The Blues, julukan Chelsea.

Baca juga:

Jadi Penyerang Tunggal Pun Hazard Bermain Buruk

Episode Baru Penampilan Buruk Eden Hazard


Pada laga ini, Hazard dapat menerjemahkan dengan baik instruksi dari sang manajer, Jose Mourinho. Mou yang begitu jeli melihat titik lemah lini pertahanan Porto, berhasil memanfaatkan kemampuan Hazard sebagai pintu masuk bagi peluang yang kemudian menjadi dua gol kemenangan Chelsea.

Porto awalnya berupaya meredam serangan Chelsea dengan mengubah formasi dasar mereka yang biasanya 4-3-3 menjadi 5-3-2. Tiga bek di tengah dan dua pemain bek sayap diharapkan bisa menyulitkan pergerakan dua pemain Chelsea yang biasanya menjadi pengalir serangan dari sayap, Hazard dan Willian.

Namun Mou melihat juga bahwa bentuk pertahanan Porto yang bermain rapat sepanjang pertandingan menghadirkan celah di beberapa area. Seperti pada gol pertama, sebelum Diego Costa melepaskan tembakan yang kemudian dimentahkan Iker Casillas dan bola rebound-nya membentur pada Marcano Sierra sehingga meluncur ke gawangnya sendiri, terdapat celah di antara empat pemain Porto (tiga gelandang dan satu bek) dengan empat pemain yang tersisa di garis pertahanan akhir.

Celah itulah yang dimanfaatkan Hazard. Gelandang asal Belgia ini menyelinap masuk ke tengah dari sisi kiri untuk menerima operan dari Ramires. Ia pun lantas melanjutkan serangan tersebut dengan memberikan operan terobosan pada Diego Costa.

Proses sebelum terjadinya gol pertama Chelsea
Proses sebelum terjadinya gol pertama Chelsea

Memang, Hazard tidak mencatatkan dirinya sebagai pencetak assist pada gol ini. Namun bagaimanapun, pergerakan serta visinya dalam proses terjadinya gol pertama Chelsea ini begitu vital.

Sementara pada gol kedua, peran Hazard sebagai poros serangan semakin terlihat. Ia dijadikan sebagai wide playmaker oleh Mourinho. Hal ini terlihat dari perubahan alur serangan Chelsea pada babak satu dengan babak kedua.

Babak I (kiri) Chelsea mengandalkan kedua sayap. Babak II (kanan) arah serangan condong ke kiri, area Hazard bermain.
Babak I (kiri) Chelsea mengandalkan kedua sayap. Babak II (kanan) arah serangan Chelsea condong ke kiri, area Hazard bermain.

Perubahan ini dilakukan untuk menciptakan celah di sisi kiri pertahanan Porto. Bentuk pertahanan Porto yang selalu menciptakan kerapatan pada jarak antar pemainnya memungkinan celah yang begitu besar terjadi. Sementara pada babak kedua, Mourinho mengincar sisi kiri pertahanan Porto tersebut dengan menyerang dari sisi kanan pertahanan mereka.

Oscar yang bermain sebagai no. 10 (di belakang Diego Costa sebagai penyerang tunggal) dalam formasi 4-2-3-1, diinstruksikan untuk sering bermain ke sisi kiri, bersama Hazard. Hal ini dilakukan agar para pemain bertahan Porto menciptakan kerapatan di sisi kanan pertahanan mereka.

Pada gol kedua Chelsea, hal itulah yang terjadi. Para pemain bertahan Porto bergeser ke sisi sebelah kanan untuk merapatkan jarak antar pemain demi mempersempit pergerakan Costa-Oscar-Hazard. Namun karena kejelian Hazard, ia bisa melepaskan diri dari kawalan dan menemukan ruang untuk memberikan operan pada Willian di sisi lainnya. Tanpa kawalan, winger asal Brasil ini pun menerima bola dari Hazard dan mencetak gol kedua Chelsea.

Kerapatan di sisi kanan pertahanan Porto menciptakan ruang bebas untuk Willian
Kerapatan di sisi kanan pertahanan Porto menciptakan ruang bebas untuk Willian, assist oleh Hazard.

Sebenarnya, pergerakan Hazard di sisi kiri pun nyaris menambah keunggulan bagi Chelsea. Namun sepakan kaki kirinya pada menit ke-79 hanya membentur tiang sebelah kanan gawang Porto yang dijaga Casillas.

***

Kemenangan Chelsea ini tentunya membangkitkan kembali optimisme mereka untuk mengarungi sisa musim. Kemenangan ini pula meyakinkan pilihan mereka bahwa meski mereka terseok-seoka di liga, The Blues  akan berusaha melangkah sejauh mungkin di Liga Champions.

Sementara bagi Hazard, assist yang ia ciptakan pada laga ini merupakan yang pertama setelah 13 pertandingan tanpa assist ataupun gol bagi Chelsea. Penampilannya pada laga ini pun tentunya diharapkan bisa ia pertahankan.

Kontribusi Hazard seperti ini tentunya begitu diharapkan oleh seluruh skuat Chelsea. Karena jika Hazard bermain dengan baik dan sesuai harapan Mourinho, jalur kemenangan bagi Chelsea bukan lagi hal yang sulit untuk diraih.

foto: goal.com

Komentar