Pertemanan yang Terputus Sementara dan Bertemunya Musuh Lama

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pertemanan yang Terputus Sementara dan Bertemunya Musuh Lama

Ketika dua orang kawan bertemu di lapangan, bahkan walau sebagai lawan, selalu ada kehangatan. Tapi bagi seorang Pierre-Emerick Aubameyang, ia tidak menginginkannya. “Bagiku ini akan menjadi balas dendam. Ini pertandingan penting bagi kami dan kami dan aku harap kami menang.”

Balas dendam yang Auameyang maksud adalah untuk kekalahan di final DFB-Pokal dari VfL Wolfsburg-nya Joshua Guilavogui, teman dekatnya semasa sama-sama bermain untuk AS Saint-Étienne.

“Ia menulis kepadaku dan berkata mereka akan menang,” ujar Aubameyang dalam konferensi pers prapertandingan. “Aku agak marah setelahnya namun kita lihat saja. Ia teman baikku, namun besok ia lawanku. Aku tidak akan berbicara kepadanya hingga pertandingan berakhir.”

Aubameyang dan Guilavogui bermain bersama di Saint-Étienne pada 2011 hingga 2013. Kemudian keduanya sama-sama meninggalkan Saint-Étienne. Aubameyang bergabung dengan Borussia Dortmund dan Guilavogui dengan Atletico Madrid. Aubameyang langsung bahagia di kesebelasan baru sementara Guilavogui tidak.

Akhirnya Guilavogui pindah ke Wolfsburg awal musim lalu. Menariknya, kedatangan Guilavogui di Bundesliga berbarengan dengan menurunnya performa Dortmund. Dortmund tetap berhasil mencapai final DFB-Pokal, namun ketika keduanya berjumpa Wolfsburg menang meyakinkan 3-1.

Kali ini, walau bertandang ke Wolfsburg, Dortmund berada dalam kondisi yang lebih baik. Dortmund tepat berada di depan Wolfsburg yang menduduki peringkat ketiga. Kemenangan berarti Dortmund semakin jauh meninggalkan Wolfsburg, yang sekarang jumlah poinnya tujuh lebih sedikit dari mereka. Mengenai seberapa besar peluang Aubameyang banyak membantu dalam kemenangan ini: sangat besar.

Aubameyang bukan hanya pimpinan daftar pencetak gol terbanyak Bundesliga musim ini. Ia juga, dengan 17 gol dan 3 assist, adalah pemain dengan jumlah total gol dan assist terbanyak. Namun Aubameyang harus ingat bahwa Wolfsburg belum kalah dalam 29 pertandingan kandang terakhir mereka di Bundesliga.

Melawan kesebelasan yang belum kalah dalam jumlah pertandingan sebanyak itu jelas bukan perkara mudah. Tugas Dortmund semakin berat karena mereka akan bermain tanpa tiga pemain utama dalam pertahanan: duet bek tengah, Mats Hummels dan Sokratis Papastathopoulos, serta gelandang bertahan, Julian Weigl.

Wolfsburg sendiri kehilangan Dante yang mejalani larangan bertanding. Sementara itu salah satu gelandang andalan dan pasangan Guilavogui di lini tengah, Luiz Gustavo, belum tentu cukup bugar untuk pertandingan ini. Kabar baiknya adalah: Julian Draxler, yang dibesarkan oleh Schalke 04 dan keinginan menang atas Dortmund-nya tidak perlu diragukan, sudah dapat kembali bermain setelah menjalani larangan bertanding.

Komentar