Alasan Klopp Tak Perlu Mencari Pengganti Mignolet

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Alasan Klopp Tak Perlu Mencari Pengganti Mignolet

Setiap kekalahan pasti akan terasa menyakitkan, apalagi bagi mereka yang tak biasa dikalahkan. Hal itu pun dialami oleh manajer Liverpool, Juergen Klopp. Ternyata manajer asal Jerman tersebut masih belum bisa melupakan kekalahan Liverpool dari Crystal Palace beberapa waktu lalu.

“Hingga saat ini, semuanya berjalan oke. Saya hendak mengubah kepribadian saya tapi saya tak bisa melupakan kekalahan dari Crystal Palace!” ungkap Klopp seperti yang ditulis Four Four Two, “Jika kami bisa memenangi pertandingan itu, mungkin saya akan mengatakan lebih dari oke.”

Dari 10 laga yang sudah dijalani Klopp bersama Liverpool, skuat berjuluk The Reds tersebut memang baru satu kali menelan kekalahan. Enam laga diakhiri dengan kemenangan. Liverpool pun sudah memastikan lolos ke babak 32 besar Europa League.

Karenanya kekalahan atas Palace masih menjadi ganjalan bagi Klopp, yang membuat kesempurnaan Liverpool bersamanya tercoreng. Tapi meskipun begitu, ia mewajarkan hasil yang sudah diraihnya saat ini karena sebenarnya performa setiap kesebelasan bergantung pada latihan sebelum liga bergulir atau yang biasa disebut latihan pra-musim.

“Saya tahu bahwa waktu latihan paling penting adalah pada pra-musim. Saya datang pada bulan Oktober, jadi tak ada waktu untuk melakukannya. Tapi itu tak masalah. Saya pikir kami telah melakukannya dengan baik hingga saat ini,” tambahnya.

Pada kesempatan lain, Klopp menanggapi tentang rumor yang beredar tentang Liverpool yang tengah mencari kiper baru. Rumor ini mencuat karena kiper utama Liverpool saat ini, Simon Mignolet, beberapa waktu lalu melakukan blunder yang membuat Liverpool kebobolan.

Media Inggris kemudian mengaitkan Liverpool dengan kiper Stoke City, Jack Butland. Sementara media Jerman, Bild, menyebut kiper FC Koln, Timo Horn, tengah diincar  juga oleh The Reds. Meskipun begitu Klopp membantah kabar tersebut.

“Saya sangat puas dengan situasi penjaga gawang kami. Saya mohon maaf membunuh cerita anda tentang kiper Jerman dan kiper lain dari Stoke City. Kami tidak sedang mencari penjaga gawang lain,” ungkap Klopp seperti yang dilansir BBC.

“Saya memiliki banyak kiper beberapa tahun belakangan dan ia [Mignolet] merupakan yang tercerdas dari semua kiper yang saya miliki. Ia masih cukup muda untuk berkembang. Ia tak memiliki situasi termudah sebelum saya datang ke sini tapi sejak saya berada di sini tak ada yang perlu dikritik, benar-benar tidak ada,” tambahnya.

Mignolet sebenarnya memiliki catatan jumlah saves 20 kali dari 14 pertandingan, menempati peringkat ke-19 dari 29 kiper yang telah berlaga di Liga Primer. Meski terbilang sedikit, bukan berarti ia jarang menahan tembakan (jangan lupakan pula kordinasi lini pertahanan), karena Joe Hart yang berhasil mengantarkan Manchester City bertahan di papan atas klasemen pun mencatatkan jumlah saves yang sama dengannya meski jumlah bermain Hart lebih sedikit.

Namun yang perlu menjadi catatan juga, Mignolet telah tampil sebanyak 17 kali pada musim ini dengan jumlah kebobolan 18 kali. Selain itu kiper asal Belgia ini telah mencatatkan lima kali cleansheet. Jumlah tanpa kebobolan tersebut sebenarnya merupakan yang paling banyak ke-4 di Liga Primer Inggris setelah Joe Hart (7), Boaz Myhill (6), dan Petr Cech (6).

Dari catatan di atas, maka wajar jika Klopp menyebutkan bahwa Mignolet masih layak menghuni kiper utama Liverpool. Apalagi sejak Liverpool ditanganinya, Liverpool baru sekali mengalami kekalahan. Hasil tersebut tentunya tak bisa dilepaskan dari kontribusi Mignolet di bawah mistar gawang.

foto: express.co.uk

Komentar