Pantaskah Ronaldo Masuk Nominasi Ballon d??Or?

Berita

by redaksi

Pantaskah Ronaldo Masuk Nominasi Ballon d’Or?

FIFA mengumumkan tiga nominasi peraih penghargaan Ballon d'Or pada Senin (30/11) petang. Ada sejumlah kategori yang diumumkan, di antaranya penghargaan pelatih kesebelasan perempuan terbaik, penghargaan pelatih kesebelasan pria terbaik, penghargaan gol terbaik, penghargaan pemain perempuan terbaik, dan penghargaan pemain pria terbaik.

Tanpa menafikan penghargaan yang lain, penghargaan pemain pria dunia atau yang bernama resmi FIFA Ballon d’or memang layak ditunggu. Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang penampilannya mengagumkan sepanjang setahun terakhir, dan dipilih oleh wartawan sepakbola sedunia. Kemarin, FIFA mengumumkan tiga nominator penghargaan Ballon d’Or. Nama yang masuk nominasi adalah Lionel Messi, Neymar, dan Cristiano Ronaldo.

Messi masuk nominasi karena permainannya pada 2015 memang istimewa. Dia menunjukkan kelasnya dengan mengoleksi 44 gol serta membawa klubnya, Barcelona mendapatkan empat gelar, di antaranya UEFA Super Cup, Champions League, La Liga, dan Copa del Rey.

Sedangkan Neymar meski tak menjadi mesin pencetak gol utama Barcelona, tetapi kontribusinya tetap besar baik pada musim lalu dan musim ini. Tanpa melihat musim lalu, musim ini saat Messi cedera, Neymar mampu menunjukkan kualitasnya dengan mencetak 14 gol dan membawa Barcelona nyaman bertengger di puncak klasemen La Liga.

Nominator terakhir adalah Cristiano Ronaldo. Ronaldo masuk sebagai nominasi juga karena penampilan baiknya musim lalu dengan mencetak 45 gol di level klub. Namun pertanyaannya adalah dengan penampilan Ronaldo tahun ini, pantaskah hanya karena penampilan individualnya saja dia menjadi nominator Ballon d’or?

ESPNFC mengatakan bahwa Ronaldo memang luar biasa, namun ia tidak memenangkan piala apapun musim ini. Selain itu, performanya juga terkadang tidak menentu. seperti ketika Real Madrid membutuhkan dirinya saat melawan Juventus pada semifinal Liga Champions musim lalu. ESPNFC juga menambahkan bahwa, Ronaldo melakukan tugas individunya dengan baik, namun tugasnya tidak hanya itu. Ia juga perlu terus bermain bagus agar tim-nya dapat memenangkan pertandingan.

Mantan pemain timnas Belanda, Edgar Davids pun ikut mengomentari. Ia merasa Ronaldo memang pantas karena ia bekerja keras. “Ronaldo adalah seorang atlet yang istimewa karena ia bekerja keras dari hari ke hari . Namun untuk mengalahkan Messi itu tidak mungkin. Bisakah Anda menjadi seperti Messi? Tidak mungkin, tapi bisakah anda menjadi Ronaldo? Tentu butuh latihan,” terang Davids.

Menarik ditunggu, siapa yang memenangkan Ballon d’Or 2015 yang pengumumannya akan dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2016. Apakah Ronaldo akan mendapatkan gelar Ballon d'or ketiganya secara beruntun, atau Messi yang merusak streak kemenangan seperti yang Ronaldo lakukan pada 2013 lalu, atau pun Neymar yang menjadi orang menghentikan dominasi keduanya. Namun, tanpa perlu melihat kelemahan mereka, baik Messi, Ronaldo, atau Neymar adalah pesepakbola yang akan terus dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepakbola modern.

Sumber : Yahoo Sport, FIFA

Komentar