Finalis Pelaku Sepakbola Terbaik, FIFA Ballon d'Or 2015

Berita

by redaksi

Finalis Pelaku Sepakbola Terbaik, FIFA Ballon d'Or 2015

FIFA melalui akun resminya mengeluarkan nominasi resmi mengenai beberapa penghargaan individual bergengsi yang rutin diberikan tiap tahun. Antara lain, Pelatih Tim Wanita Dunia Terbaik, Pelatih Tim Pria Dunia Terbaik, Pencetak Gol Terbaik, Pemain Wanita Dunia Terbaik, dan Pemain Pria Dunia Terbaik. Pengumuman pemenang sendiri akan dilakukan pada 11 Januari 2016

Pada nominasi pelatih tim wanita terbaik, ada nama Jill Ellis, Mark Sampson, dan Norio Sasaki. Ellis terpilih berkat tangan dinginnya yang mampu mengantar timnas wanita Amerika Serikat menjuarai Algarve Cup dan Piala Dunia Wanita 2015. Nama kedua adalah Mark Sampson yang mengantarkan timnas wanita Inggris menjadi juara ketiga di Piala Dunia 2015. Selain itu, dia mampu memecahkan kutukan timnas wanita Inggris, yang akhirnya menang melawan timnas wanita Jerman setelah 21 pertandingan. Nama terakhir adalah Norio Sasaki yang membawa timnas wanita Jepang kembali ke final Piala Dunia Wanita 2015 setelah 2011, meskipun mereka kalah di final saat melawan Amerika Serikat.

Di nominasi pelatih tim pria terbaik, ada nama Luis Enrique, Pep Guardiola, dan Jorge Sampaoli. Luis Enrique menjadi nominator karena keberhasilannya membawa Barcelona mendapatkan empat piala pada musim 2014-15. Diantaranya La Liga, Copa del Rey, Champions League, dan UEFA Super Cup. Nominator kedua adalah Pep Guardiola. Mantan pelatih Barcelona ini terpilih karena mampu membawa Bayern Munich digdaya di Bundesliga. Jorge Sampaoli menjadi nama terakhir yang terpilih. Kepandaiannya dalam meracik strategi membuat Timnas Chile menjadi juara Copa Amerika, sekaligus mengakhiri dominasi Brazil, Argentina, dan Uruguay dalam beberapa tahun terakhir.

Nominasi ketiga yang diperbutkan adalah Puskas Award atau pencetak gol terbaik. Nama Alessandro Florenzi, yang mencetak gol secara spektakuler menjadi nominator pertama. Nama kedua adalah Wendell Lira dari Goianesia. Gol salto indah dari hasil kerjasama tim membuatnya terpilih menjadi nominator. Sedangkan nama terakhir adalah Lionel Messi, yang mencetak gol dengan melewati beberapa pemain Athletic Bilbao pada Copa del Rey.

Untuk kategori pemain wanita dunia terbaik, ada nama Carli Lloyd. Nama kapten timnas wanita Amerika Serikat ini masuk setelah mengantarkan negaranya menjadi juara Piala Dunia wanita 2015. Sosok kedua yang terpilih adalah Aya Miyama. Nama kapten timnas Jepang ini dipilih karena penampilannya yang terbilang selalu menonjol pada Piala Dunia Wanita 2015. Wanita ketiga yang terpilih adalah, Celia Sasic. Pemain timnas Jerman dan FFC Frankfurt ini bermain sangat luar biasa pada tahun 2015. Tak hanya membawa klubnya menjadi juara UEFA Women Champions League, ia juga meraih gelar pencetak gol terbanyak, baik pada UEFA Women Champions League dan Piala Dunia Wanita 2015.

Penghargaan paling bergengsi, Ballon d'Or tahun ini diperebutkan oleh Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar. Prestasi Messi dan Ronaldo memang luar biasa sepanjang tahun ini. Messi meraih empat penghargaan level klub, ia juga mencatatkan namanya di papan skor dengan mencetak 44 gol, sedangkan Ronaldo mampu mencetak 47 gol. Nama lain yang berjajar dengan mereka adalah Neymar. Ia memang tak semoncer Messi dan Ronaldo tapi Neymar selalu menjadi kartu as bagi Barcelona saat Messi tidak bermain.

Jadi, siapa jagoan anda?

Komentar