Tidak Kurang, Tidak Lebih untuk Arsenal

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tidak Kurang, Tidak Lebih untuk Arsenal

Pemain terbaru yang masuk daftar cedera membuat Arsenal hanya memiliki enam pemain untuk enam posisi di lini tengah dan depan, dan tepat dua pemain untuk dua posisi bek tengah.

Cedera membuat Laurent Koscielny dan Alexis Sánchez tidak menyelesaikan pertandingan melawan Norwich City (29/11). Namun keduanya lebih beruntung dari Santi Cazorla yang terus bermain sambil menahan rasa sakit karena Arsène Wenger telah menghabiskan semua jatah pergantian pemain sebelum Cazorla menerima benturan yang membuatnya tidak akan bermain dalam waktu dekat (belum ada kepastian mengenai tanggal kembalinya Cazorla).

Dengan cederanya tiga pemain baru, daftar cedera Arsenal kini berisi sembilan orang pemain. Di atas mereka hanya ada AFC Bournemouth yang daftar cederanya berisi sebelas pemain. Tomáš Rosický, Mikel Arteta, Danny Welbeck, dan Francis Coquelin sudah pasti tidak akan bermain di sisa tahun ini. Theo Walcott dan Jack Wilshere, sementara itu, masing-masing diprediksi sudah sembuh sepenuhnya pada 5 dan 13 Desember.

Daftar cedera yang bertambah panjang bukan kabar baik untuk Arsenal yang jadwalnya, sepanjang bulan Desember, sangat padat. Arsenal menjalani pertandingan pertamanya di bulan terakhir tahun ini pada tanggal 5, melawan Sunderland di Emirates Stadium. Empat hari berselang dimulailah rangkaian lima pertandingan dalam sembilan belas hari: Olympiakos vs Arsenal (Champions League, 9 Desember), Aston Villa vs Arsenal (Premier League, 13 Desember), Arsenal vs Manchester City (Premier League, 21 Desember), Southampton vs Arsenal (Premier League, 26 Desember), dan Arsenal v Bournemouth (Premier League, 28 Desember). Beratnya jadwal tidak berhenti di situ. Arsenal menjalani enam pertandingan di Januari, dengan pertandingan pertama digelar pada tanggal 2; kurang dari sepekan setelah pertandingan terakhir dalam rangkaian lima pertandingan dalam sembilan belas hari.

Arsenal harus menjalani jadwal padat tersebut dengan pemain seadanya. Tidak ada masalah di posisi penjaga gawang (Petr ?ech dan David Ospina) serta bek sayap kanan (Héctor Bellerín dan Mathieu Debuchy) dan kiri (Nacho Monreal dan Kieran Gibbs), namun Arsenal yang bermain dengan dua bek tengah sekarang hanya memiliki dua bek tengah: Per Mertesacker dan Gabriel Paulista.

Dua pemain untuk dua posisi bek tengah memang terdengar buruk, namun setidaknya masih ada Calum Chambers si pelapis serbabisa jika salah satu dari Mertesacker atau Gabriel terpaksa menepi. Untuk enam posisi gelandang dan penyerang, Wenger hanya memiliki enam pemain. Itu artinya satu pemain untuk satu posisi: Mathieu Flamini dan Aaron Ramsey sebagai duet gelandang, Mesut Özil di belakang penyerang, Alex Oxlade-Chamberlain dan Joel Campbell sebagai penyerang sayap, dan Olivier Giroud sebagai penyerang tengah.

Lantas apakah badai cedera ini akan membuat Arsenal membeli pemain baru pada Januari nanti? Wenger terkenal tidak begitu menyukai bursa transfer musim dingin, salah satunya karena berbisnis di paruh musim lebih sulit daripada berbisnis di jeda antara dua musim berbeda, sebagai akibat dari sedikitnya pemain yang tersedia.

Hal ini, bersama dengan badai cedera, dengan sendirinya menciptakan peluang bermain untuk pemain-pemain seperti gelandang bertahan muda, Krystian Bielik, dan penyerang sayap Alex Iwobi. Jangan lupakan pula Jeff Reine Adelaide yang mencuri banyak perhatian di Emirates Cup tahun ini. Tampaknya nama-nama tersebut akan mulai menghiasi skuat Arsenal setidaknya sebelum Wenger mengubah pendiriannya terhadap bursa transfer musim dingin.

Komentar