Apalah Arti Sebuah Nama Bagi Kesebelasan

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Apalah Arti Sebuah Nama Bagi Kesebelasan

Beberapa waktu lalu kami sempat menuliskan “Lima Nama Kesebelasan Unik Versi Sokka”. Selain lima nama tersebut, ternyata masih banyak lagi kesebelasan yang memiliki nama unik dan tak lazim. Telegraph dan Bleacher Report pun memiliki daftar kesebelasan unik masing-masing.

Di samping namanya unik, tentu saja terdapat sejarah dan arti dari penamaan kesebelasan tersebut. Dan dari kedua hal ini, berikut telah kami rangkumkan untuk anda lima nama kesebelasan terunik lainnya yang tak kalah menarik, berikut di antaranya:

The Strongest

Dalam bahasa Inggris, ‘The Strongest’ memiliki arti kata ‘yang terkuat’. Tapi jika menyebut kata The Strongest di Bolivia, maka kata tersebut bisa merujuk pada salah satu kesebelasan yang bermarkas di Estadio Rafael Mendoza, The Strongest.

Penamaan The Strongest pun memang merupakan harapan dari pendiri sekaligus presiden pertama kesebelasan ini, Jose Leon Lopez Villamil, pada 1911. Sebelumnya, pada 1908, nama kesebelasan ini merupakan ‘The Strong Football Club’.

Meskipun namanya berarti yang terkuat, The Strongest bukanlah kesebelasan terkuat di Bolivia. Kesebelasan berjuluk Tigre ini baru menjuarai kompetisi teratas Bolivia sebanyak 13 kali, berada di urutan kedua. Sebagai yang terkuat, masih ada Bolivar yang telah merengkuh 24 titel juara. Artinya masih butuh banyak waktu bagi The Strongest untuk benar-benar menjadi kesebelasan terkuat di Bolivia.

Club Always Ready

Club Always Ready beridiri tahun 1933. Dari namanya, kesebelasan yang (juga) berasal dari Bolivia ini diharapkan selalu siap menghadapi lawan-lawannya. Di Bolivia, kesebelasan ini cukup dikenal karena seragam mereka serupa dengan seragam raksasa Argentina, River Plate.

Club Always Ready lantas menjadi kesebelasan pertama yang melakukan tur ke Eropa. Pada 1 Agustus hingga 30 November 1961, kesebelasan yang dalam bahasa Inggris memiliki arti ‘Kesebelasan (yang) Selalu Siap’ ini bermain di Paris dan Berlin setelah melanglangbuana ke Buenos Aires, Sao Paulo, dan Rio de Janeiro.

Namun sayangnya Club Always Ready tak terlalu siap untuk berlaga di divisi teratas Bolivia. Terakhir kali kesebelasan berjuluk Banda Roja ini berlaga di divisi teratas Bolivia terjadi pada tahun 1991.

sumber: laprensa.com
sumber: laprensa.com

Bangkok Football Club

Ada yang aneh dengan nama Bangkok FC? Tentu tidak. Bangkok adalah nama kota di Thailand. Kesebelasan berjuluk The Iron Bull ini pun pernah ditukangi oleh pemain legendaris Thailand yang saat ini sedang berkarier sebagai pelatih, Kiatisuk Sinamuang.

Sebelum bernama Bangkok FC, kesebelasan yang berkutat di divisi dua Liga Thailand ini memiliki nama Bangkok Bravo FC sejak berdiri tahun 1999. Namun menurut Bleacher Report, Bangkok Bravo FC memiliki nama asli Amon Rattanakosin Krung Thep Mahanakhon Mahinthara Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Ayuthaya Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit Bravo Association Football Club. (Ya, saya copy-paste nama dengan 25 kata ini. Hehe)

Nama sepanjang itulah  yang membuat presiden baru mereka pada 2010, Natthapol Teepsuwan, mengubahnya menjadi Bangkok FC (saja). Hal itu tentunya akan meringankan tugas media-media Thailand saat hendak menyebutkan nama kesebelasan yang berseragam oranye-hitam ini.

sumber: clubwebsite.co.uk
sumber: clubwebsite.co.uk

Taumata FC

Taumata FC merupakan nama yang mudah diingat dan tampak tidak ada hal yang aneh atau unik. Namun sama seperti Bangkok FC, nama asli dari kesebelasan asal New Zealand inilah yang sebenarnya memiliki keunikan tersendiri.

Taumata hanyalah nama pendek saja dari kesebelasan ini. Karena nama kesebelasan mereka sebenarnya adalah Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu FC. Kesebelasan ini berasal dari daerah Maori atau lebih tepatnya daerah bukit Taumatawhakatangihangakoauauotamateaturipukakapikimaungahoronukupokaiwhenuakitanatahu.

Kabarnya, kota Taumatawhakatangihangakoauauotamateapokaiwhenuakitanatahu merupakan nama kota dengan huruf terbanyak di dunia, 85 huruf. Bahkan menurut sumber lain, nama asli kota ini adalah Tetaumatawhakatangihangakoauaotamateaurehaeaturipukapihimaungahoronukupokaiwhenuaakitanarahu, 95 huruf, yang kemudian tercatat sebagai kota dengan huruf terbanyak dalam Guiness Book of Records.

sumber: pinterest
sumber: pinterest

Llanfairpwll FC

Llanfairpwll FC. Dari nama ini, penyebutannya pun mungkin akan membuat kita perlahan-lahan dalam menyebutkan atau menuliskannya. Kesebelasan asal Wales ini sudah ada sejak 1899 dengan nama Llainfair Rovers.

Namun sebenarnya, Llainfairpwll FC hanyalah nama pendek saja. Karena nama asli dari kesebelasan ini adalah Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch FC. Selain dua nama kesebelasan di atas, nama ini pun tentunya akan membuat siapapun berterima kasih pada fitur copy-paste pada komputer atau laptop.

Kesebelasan ini merepresentasikan kota Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Dengan 58 huruf yang dimiliki nama kota ini, kota yang sering disingkat menjadi Llanfair PG ini menjadi kota dengan nama terpanjang di Eropa.

sumber: wikipedia
sumber: wikipedia

Di Indonesia sendiri nama-nama kesebelasan, terutama yang berasal dari era perserikatan, banyak menggunakan awalan Per- dan PS-. Apakah hal ini termasuk unik? Kami membahasnya di Sepakbola Indonesia di Antara “Per” dan “PS”

Komentar