Isu 7 Target Penyerang Baru Chelsea Pengganti Diego Costa

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Isu 7 Target Penyerang Baru Chelsea Pengganti Diego Costa

Efek buruk performa Chelsea pada musim ini menghasilkan rumor tentang kehadiran para pemain baru yang diincar The Blues pada bursa transfer Januari mendatang. Apalagi jika kabar tentang kelompok pemain yang memecah belah skuat Chelsea benar adanya, pemain baru jelas wajib didatangkan agar Jose Mourinho, manajer Chelsea, memiliki lebih banyak pemain yang mendukungnya secara penuh.

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, lini depan Chelsea menjadi sorotan utama. Diego Costa yang musim lalu menjadi andalan, musim ini baru mencetak dua gol dari 12 pertandingan. Jumlah tersebut bahkan lebih sedikit dari tiga kartu kuning yang ia dapatkan.

Costa yang gemar melakukan provokasi terhadap lawan pun dikabarkan masuk dalam daftar jual Chelsea entah pada Januari nanti ataupun pada akhir musim 2015/2016. Hal tersebut dilengkapi dengan masih melempemnya performa Radamel Falcao (yang kemungkinan peminjamannya akan diputus) dan tidak konsistennya performa Loic Remy.

Setidaknya terdapat tujuh pemain yang dikabarkan masuk dalam daftar buruan kesebelasan milik miliuner asal Rusia, Roman Abramovich ini. Bahkan Chelsea telah mengirimkan pemandu bakat untuk memantau perkembangan pada sebagian pemain incarannya tersebut.

Laporan Daily Mail menyebutkan bahwa pemandu bakat Chelsea telah terbang ke Italia untuk menyaksikan secara langsung permainan penyerang Argentina milik Napoli, Gonzalo Higuain. Eks penyerang River Plate dan Real Madrid ini memang tengah on fire dengan menjadi pencetak gol terbanyak Serie A sementara bersama penyerang Sampdoria, Eder.

Namun dengan ambisi Napoli yang ingin meraih scudetto musim ini dan Higuain pun masih betah bermain untuk Napoli, transfer ini tampaknya akan sulit terealisasi. Kecuali jika Abramovich berani menebus buy-out clause-nya yang mencapai 66 juta poundsterling.

“Untuk saat ini, kami yakin Gonzalo akan tetap berada di Napoli,” ujar Nicola Higuain, agen Higuain pada Express, “Kami 100% fokus dan yakin Napoli bisa meraih sesuatu (gelar) musim ini. Tidak ada kesebelasan yang mengontak saya. Saya pun tak ada pembicaraan apapun dengan siapapun.”

Nama selanjutnya yang menjadi incaran Chelsea adalah eks penyerang Manchester United, Javier ‘Chicharito’ Hernandez. Pemain asal Meksiko yang tengah membela Bayer Leverkusen ini menemukan ketajamannya bersama kesebelasan asal Jerman tersebut dengan mencetak 12 gol dari 19 penampilan di segala ajang.

Menurut kolumnis ESPNFC, Peter O’Rourke, Chicharito merupakan incaran utama Chelsea pada Januari nanti. Permainanannya dianggap sesuai dengan skema permainan Chelsea saat ini. Hanya saja Leverkusen tampaknya enggan melepasnya karena penyerang berusia 27 tahun ini telah menjadi aset berharga Leverkusen.

“Ia adalah legenda Meksiko dan telah melakukan hal yang luar biasa dengan membuat media terus membicarakannya,” ujar General Manager Leverkusen, Michael Schade. “Ia telah melebihi ekspektasi kami, bahkan untuk perusahaan Bayer secara umum.”

Masih menurut O’Rourke, jika pun Chicharito gagal didapatkan, Paco Alcacer menjadi alternatif lainnya bagi Chelsea. Meski penyerang berusia 22 tahun ini menjadi penyerang andalan Valencia musim ini, kabar ketertarikan Valencia untuk merekrut penyerang muda asal Belgia, Michy Batshuayi, membuat kans Alcacer untuk dijual menjadi tak mustahil. Valencia sendiri kabarnya telah memasang banderol Alcacer dengan nilai transfer 30 juta poundsterling.

Batshuayi pun menurut Medios Deportivos masuk dalam perburuan Chelsea. Pemain asal Belgia yang musim ini mencetak delapan gol dari 11 penampilannya itu pun siap dilepas oleh pihak Marseille jika terdapat tawaran yang menarik.

“Kesebelasan manapun yang tertarik mendatangkan Batshuayi harus menyiapkan 35 juta euro (24,5 juta pounds),”ujar Labrune Vincent, presiden klub Marseille, “Saat ini, ia adalah pemain yang begitu diminati pasar pemain dan saya harus mengatakan banyak tawaran sejak musim panas 2015. Namun ia tidak akan pergi. Tapi jika Batshuayi bisa meningkatkan levelnya, mungkin ia bisa pergi dengan harga mencapai 50 juta euro.”

Sementara itu, nama Edinson Cavani pun ikut meramaikan isu transfer penyerang incaran Chelsea. Media asal Prancis, Le10 Sport, menyebutkan kemungkinan Cavani pindah dan Chelsea menjadi kesebelasan tujuannya.

Chelsea dikabarkan harus menebus Cavani dengan nilai transfer 35 juta euro, senilai dengan Batshuayi. Paris Saint Germain sebagai kesebelasan yang memiliki Cavani pun sudah menargetkan penyerang milik Everton, Romelu Lukaku, agar kualitas lini depan PSG tetap terjaga.

Antoine Griezmann pun merupakan nama lain yang menjadi incaran Chelsea untuk meningkatkan barisan penyerangan. Bahkan menurut Daily Mail, Abramovich sudah menginstruksikan Mourinho untuk menyetujui rencana kepindahan pemuda berusia 23 tahun ini dari Atletico Madrid ke Chelsea. Kedekatan Chelsea dan Atletico Madrid (dengan transfer-transfernya di masa lalu) memungkinkan transfer ini terjadi.

Namun khusus Griezmann, ia didatangkan tampaknya bukan untuk menggantikan Diego Costa, melainkan menjadi tandem baru Costa karena Griezmann lebih ideal ditempatkan sebagai second striker, bukan penyerang utama. Jika duet Costa-Griezmann di Chelsea terealisasi, sepertinya hengkangnya Eden Hazard tinggal menunggu waktu karena perannya akan berbentrokan dengan Griezmann.

Nama terakhir yang menjadi incaran Chelsea di lini depan adalah penyerang milik West Bromwich Albion, Saido Berahino. Penyerang asal Inggris yang musim lalu mencetak 20 gol di segala ajang ini tampaknya menjadi target yang paling mudah didapatkan. Alasannya, Berahino sudah tak kerasan bermain untuk WBA karena kegagalan transfernya ke Tottenham Hotspur pada musim panas lalu. Kontrak penyerang berusia 22 tahun ini bersama WBA menyisakan 18 bulan di mana ini artinya, musim dingin nanti menjadi saat yang tepat bagi pemilik WBA, Jeremy Peace, untuk melepas Berahino dengan harga setinggi-tingginya.

Untuk mendapatkan Berahino, Peace pada musim panas lalu membanderolnya dengan harga 25 juta poundsterling. Sementara manajer WBA, Tony Pulis, hendak meningkatkan kualitas skuatnya agar aman dari zona degradasi. Saat ini WBA tertahan di peringkat ke-13 dengan Swansea City, Chelsea, dan Newcastle United siap menyalipnya. Tak menutup kemungkinan Peace akan menurunkan banderol Berahino untuk mengakomodasi keinginan Pulis.

Namun menurut saya pribadi, meski kedatangan Berahino akan membuat stok pemain home grown Chelsea bertambah, kualitasnya tak akan terlalu meningkatkan lini depan Chelsea secara signifikan. Belum lagi Chelsea membutuhkan penyerang berpengalaman untuk berlaga di ajang Liga Champions.

Dari daftar di atas, rasanya Higuain menjadi penyerang yang paling layak untuk didapatkan Chelsea. Selain kualitas dan gaya permainannya cocok dengan skema Mourinho, Higuain bisa dimainkan di Liga Champions, tak seperti Chicharito, Cavani, Alcacer, dan Griezmann yang telah didaftarkan untuk skuat Liga Champions masing-masing kesebelasan yang mereka bela.

Higuain pun pernah bekerja sama dengan Mourinho ketika masih membela Real Madrid. Bahkan penyerang timnas Argentina ini merupakan penyerang utama Real Madrid sebelum Karim Benzema menemukan performa terbaiknya bersama Los Galacticos. Higuain sendiri dilepas ke Napoli oleh Carlo Ancelotti, bukan oleh Mourinho.

Untuk mengetahui cerita Higuain lebih jauh, silakan baca artikel berjudul "Diet Higuan yang Bisa Mengantarkan Scudetto bagi Napoli".

Tapi jika Napoli enggan melepas Higuain dan Chelsea tak mau menebus buy-out clause-nya, Batshuayi bisa menjadi alternatif yang ideal. Selain memiliki prospek cerah, ia pun bisa dimainkan di Liga Champions karena Marseille sama seperti Napoli, berlaga di Europa League. Hanya saja pengalamannya bermain di kompetisi Eropa masih minim yang tampaknya jika pun harus mendatangkan Batshuayi, Diego Costa harus tetap dipertahankan setidaknya hingga akhir musim nanti.

Itu pendapat saya. Menurut kalian, siapa penyerang yang cocok didatangkan Chelsea Januari nanti? Atau Chelsea tak perlu mendatangkan penyerang baru dan tetap mengharapkan ketajaman Diego Costa, Falcao dan Remy?

Komentar