Bastian Schweinsteiger Menjadi Seorang NAZI!

Berita

by Redaksi 38

Redaksi 38

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Bastian Schweinsteiger Menjadi Seorang NAZI!

Tak mengherankan memang jika negara Jerman selalu disangkutpautkan dengan salah satu sejarah kelam mereka yaitu NAZI dengan pemimpin diktator Adolf Hitler. Namun seiring waktu, Jerman mulai membersihkan diri mereka dari apapun yang terlilit dengan urusan masa lalu.Tak terkecuali Bastian Schweinsteiger.

Gelandang anyar Manchester United yang baru didatangkan dari Bayern Munchen ini berang karena dirinya disangkut-pautkan dengan NAZI. Pangkal masalahnya muncul ketika perusahaan boneka asal Hong Kong yang bernaman Dragon in Dream (DiD) merilis boneka mainan beberapa waktu lalu.

Penampilan boneka dengan balutan seragam khas tentara Eropa dilengkapi dengan mantel tebal serta logo swastika khas NAZI ini dihargai 958 Dollar Hong Kong atau setara dengan 78 euro. Boneka tentara ini memiliki perawakan tinggi sebesar 30 cm dan mulai dijual di Eropa lewat partner DiD di Belanda.

Lalu dimana masalah Schweinsteiger dengan NAZI-nya?

Masalah ini muncul karena ternyata muka sang boneka tersebut sangat amat mirip dengan si pemain Manchester United tersebut. Potongan rambut yang hampir sama dengan berwarna agak putih keabu-abuan menambah kesan bahwa pencipta boneka ini terinspirasi dari wajah Schweinsteiger.

Malah, yang lebih mengejutkan lagi, nama dari boneka ini adalah Bastian. Yap, nama depan dari Schweinsteiger itu sendiri.

Hal ini dimulai saat harian Jerman, yaitu Bild memasang headline yaitu “Pahlawan sepakbola Jerman, Bastian Schweinsteiger menjadi seorang tentara NAZI!”. Sontak ini menjadi pemberitaaan yang menghebohkan di seantero Eropa, terutama di Jerman.

Bild yang murka terhadap tindakan perusahaan DiD tenyata tidak tinggal diam. Mereka mencoba menghubungi perwakilan dari perusahaan boneka yang juga memproduksi replika dari Joseph Stalin, Wiston Churchill dan James Bond tersebut.

Baca juga:


Salah satu perwakilan dari perusahaan tersebut yang diketahui bernama Patrick Chan berpendapat bahwa hal-hal tersebut adalah murni ketidaksengajaan. Ia pun kemudian mengatakan, “figur dari boneka tersebut memang terinsiprasi dari kebanyakan penampilan orang Jerman secara keseluruhan, bukan dari sepakbola. Kami juga melihat bahwa banyak orang Jerman mengguankan nama Bastian”

Hal ini tentu membuat media-media Jerman berang. Selain figur boneka yang sangat mirip dengan Schweinsteiger, boneka tersebut jelas-jelas menggunakan nama depan dari Schweinsteiger.

Ulrich Amelung, seorang pengacara, mengutarakan pendapatnya bahwa Schweinsteiger pasti akan mengambil langkah hukum terhadap apa yang dilakukan oleh perusahaan boneka DiD tersebut.

“Sangat jelas sekali ini adalah bentuk dari perusakan citra pribadi dari Schweinsteiger. Setiap orang memiliki hak untuk membela citranya, termasuk Schweinsteiger,” ungkap Ulrich kepada harian Bild.

“Penggambaran figur pribadi dalam boneka yang merepresentasikan seorang prajurit  "Wehrmachtsadler" dengan logo swastika merupakan fitnah yang keji dan kotor untuk Schweinsteiger,” sambung Ulrich.

Sejauh ini, pihak Schweinsteiger belum mau berkomentar banyak tentang pencemaran nama baiknya, namun beberapa media Jerman percaya bahwa sang gelandang akan mengambil langkah hukum untuk menuntut perusahaan DiD dan menarik semua boneka tersebut dari peredaran.

Masalah pesepakbola dan politik peperangan masa lalu memang bukan sekali terjadi ini saja. Beberapa waktu yang lalu, Nuno Silva memakai kaos bergambar diktator Spanyol. Simak kisahnya di: "Salah Kostum, Gambar Diktator Franco dan Kemarahan Publik"

Sumber gambar: Telegraph

Komentar