[Laporan Pertandingan] Taklukan Sriwijaya FC, Persib Bandung Raih Juara Piala Presiden 2015

Berita

by redaksi

[Laporan Pertandingan] Taklukan Sriwijaya FC, Persib Bandung Raih Juara Piala Presiden 2015

Persib Bandung merengkuh gelar juara Piala Presiden 2015 setelah mengandaskan Sriwijaya FC 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (18/10) malam WIB. Dua gol Persib dicetak Ahmad Jufriyanto pada menit ke-7 dan Makan Konate pada menit ke-45.

Pertandingan berlangsung dalam tempo sedang. Sriwijaya FC mengancam terlebih dahulu gawang Persib. Akselerasi Titus Bonai dari sisi kanan pertahanan Persib dilanjutkan dengan umpan silang yang mengarah kepada T. A. Musafry. Tendangan keras Musafry melenceng di sisi kiri gawang Persib yang dijaga I Made Wirawan.

Usai peluang tersebut, giliran Persib yang ambil kendali serangan. Umpan terobosan cepat dari lini tengah berhasil diterima Ilja Spasojevic. Pergerakan Spaso dihentikan bek Sriwijaya FC, Abdoulaye Maiga, beberapa meter di depan kotak penalti.

Jufriyanto yang menjadi eksekutor tendangan bebas, sukses menyelesaikan tugasnya. Tendangan keras Jufriyanto membentur tubuh Patrich Wanggai yang mengecoh pergerakkan kiper Sriwijaya FC, Dian Agus Prasetyo, yang sudah salah langkah. Persib pun unggul 1-0.

Usai gol tersebut, Persib menurunkan ritme permainan. Sriwijaya FC lebih banyak mengambil alih penguasaan bola. Salah satu skema serangan Laskar Wong Kito adalah dengan mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Persib yang dihuni Supardi. Setidaknya sebanyak empat umpan silang dikirimkan Titus Bonai dari sisi tersebut.

Pada menit ke-20, Zulham Zamrun hampir saja mencetak gol. Zulham yang lepas dari jeratan offside berhasil memanfaatkan umpan panjang dari Vladimir Vujovic. Sayang tendangan Zulham masih bisa ditepis Dian Agus.

Sriwijaya FC kembali berpeluang mencetak gol penyeimbang setelah Asri Akbar dilanggar di depan kotak penalti pada menit ke-27. Namun tendangan bebas Hyu Yun Koo masih melambung tinggi di atas mistar.

Kartu kuning pertama dalam pertandingan tersebut diberikan wasit Djumadi Effendi pada Atep. Kapten Persib tersebut menendang bola ke arah gawang padahal wasit telah membunyikan peluit offside.

Pada menit ke-45 Persib Bandung kembali mencetak gol. Umpan melengkung Atep dari sisi kiri pertahanan Sriwijaya FC berhasil diterima Konate. Dengan membalikkan badan Konate menembak bola. Bola sempat membentur mistar, lalu kembali masuk ke dalam gawang setelah membentur badan Dian Agus. Persib unggul 2-0.

Pada babak kedua, Sriwijaya FC lebih banyak mengambil inisiatif serangan. Di sisi lain Firman Utina dan kolega memilih menunggu sembari sesekali melakukan serangan balik.

Pada menit ke-49 serangan Sriwijaya hampir membuahkan hasil. Sayang tendangan Wanggai melambung tinggi di atas gawang Persib. Meski menguasai bola, Sriwijaya FC beberapa kali salah memberikan umpan yang membuat serangan menjadi tidak efektif. Sejumlah pemain Sriwijaya FC seperti Wildansyah dan Syakir Sulaiman sempat mengancam gawang I Made Wirawan. Sayang tendangan kedua pemain tersebut masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-63, Sriwijaya FC mengganti pemain mereka; Syakir digantikan Rizsky Dwi Ramadhana sedangkan Asri Akbar oleh Fathul Rahman. Tiga menit kemudian giliran Atep yang cedera digantikan oleh Taufiq.

Persib kian menguatkan lini pertahanan dengan mengganti Dedi Kusnandar dengan M. Agung Pribadi dan Firman Utina dengan Dias Angga. Keunggulan Persib pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain:

Persib Bandung: I Made Wirawan, Supardi Nasir, Vladimir Vujovic, Ahmad Jupriyanto, Toni Sucipto, Dedi Kusnandar, Firman Utina, Makan Konate, Atep (Kapten), Zulham Zamrun, Ilija Spasojevic. Pelatih: Djadjang Nurdjaman.

Sriwijaya FC: Dian Agus Prasetyo, Saiful Infra, Abdoulaye Maiga, Wildansyah, Asri Akbar, Yoo Hyun-Koo, T. A. Musafry, Fachrudin, Patrich Wanggai, Syakir Sulaiman, Titus Bonai (Kapten). pelatih: Benny Dollo.

[fva]

Komentar