Preview Persipura vs Maziya: Mencoba Zulham Sebagai Penyerang Tengah

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Preview Persipura vs Maziya: Mencoba Zulham Sebagai Penyerang Tengah

Nama Zulham Zamrun yang sempat bersinar bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2014, perlahan meredup pasca kerap dibangku cadangkan pelatih Persipura Jayapura, Osvaldo Lessa. Bahkan meski sempat bermain sejak menit pertama pada laga melawan Persiram Raja Ampat, Zulham kembali masuk dalam daftar pemain pengganti pada laga kedua QNB League 2015 saat  Persipura mengalahkan Bali United Pusam 5-2.

Namun laga melawan Bali United seolah menjadi laga pembuktian bagi eks pemain Mitra Kukar ini. Baru masuk pada menit ke-63 menggantikan Ferinando Pahabol, Zulham sukses menyumbang dua gol dan satu asist. Tendangan penaltinya pada menit ke-67 menjadi momentum bagi Persipura untuk menyamakan kedudukan dan membalikkan keadaan setelah sempat tertinggal 0-2.

Penampilan cemerlang Zulham saat menghadapi Bali United tersebut tampaknya akan membuatnya diandalkan saat Persipura menjamu kesebelasan asal Maladewa, Maziya SC, pada pertandingan keempat AFC Cup. Persipura sendiri sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk memastikan lolos ke babak berikutnya.

Selain karena performa Zulham layak diganjar bermain sejak menit pertama, Persipura pun kehilangan dua pemain andalan di lini depan: Lancine Kone dan Ian Louis Kabes. Kone absen lantaran harus kembali ke negaranya, Pantai Gading, untuk mengurus visa, sementara Kabes absen karena mendapatkan kartu merah saat Persipura menyambangi kandang Maziya SC.

Zulham nantinya akan ditempatkan sebagai trisula di lini depan bersama sang kapten, Boaz Salossa, dan Ferinando Pahabol,yang dalam dua laga terakhir bermain sejak menit pertama. Ini artinya, Zulham akan menempati pos penyerang kiri.

Saat menghadapi Bali United, sebenarnya Zulham ditempatkan sebagai penyerang tengah yang diapit oleh Ian Kabes dan Boaz. Dan menempati area ini, Zulham diharuskan bergerak secara dinamis untuk menciptakan ruang bagi pemain Persipura lainnya.

Zulham pun berhasil melakukannya. Ia berada di sisi sebelah kiri untuk kemudian memberikan umpan silang pada Boaz yang berdiri bebas untuk mencetak gol ketiga Persipura. Sementara pada gol keempat berada di depan kotak penalti untuk membiarkan Robertino masuk ke kotak penalti dan menyambut umpan silang Ian Kabes. Dan ketika Persipura mencetak gol kelima, ia berada di tengah kotak penalti untuk melakukan tembakan yang mengecoh kiper Bali United, Yoo Jae Hoon.

Posisi Zulham pada saat gol keempat (kiri) dan kelima (kanan) Persipura ke gawang Bali United
Posisi Zulham pada saat gol keempat (kiri) dan kelima (kanan) Persipura ke gawang Bali United

Penyerang tengah mungkin bukan posisi yang sering Zulham tempati. Namun bersama Persipura, ia berhasil melakukannya dengan baik. Apalagi saat itu Persipura tengah tertinggal dengan skor 1-2 dari Bali United. Pergerakan dan penyelesaian akhirnya menjadi pembeda permainan Persipura dan berhasil membuat kesebelasan berjuluk Mutiara Hitam ini meraih tiga poin.

Melawan Maziya, Zulham mungkin akan kembali ditempatkan sebagai penyerang kiri untuk menemani Pahabol dan Boaz. Namun jika skema penyerangan Persipura masih buntu dan kesulitan mencetak gol, mencoba Zulham sebagai penyerang tengah seperti kala menghadapi Bali United bisa kembali menjadi alternatif strategi bagi Persipura.

foto: ligaindonesia.co.id

Komentar