Preview Liga Inggris Pekan ke-30

Analisis

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Preview Liga Inggris Pekan ke-30

Liga Inggris memasuki pertandingan pekan ke-30 yang akan menyuguhkan beberapa laga sengit dan menarik salah satunya Liverpool melawan Manchester United.

Masih ada pertandingan-pertandingan lain yang tidak kalah menarik dari pertemuan Liverpool dengan United. Salah satunya Manchester City yang akan menjamu West Bromwich Albion di Stadion Etihad, Sabtu (21/3).

West Brom diperkirakan akan menjadi korban amukan City setelah tersingkir dari Liga Champions 2014/2015. Apalagi pada laga kali ini The Citizen lebih percaya diri karena para pemain dalam keadaan fit dan tanpa sanksi. Sebaliknya, West Brom justru harus kehilangan beberapa pemain setelah Claudio Yacob dan Chris Brunt dilarang tampil. Sedangkan Brown Ideye, Victor Anichebe dan Callum McManaman mengalami cedera.

Satu tim lain yang juga baru tersingkir dari kompetisi Liga Champions Eropa, Arsenal, harus berhadapan dengan Newcastle di Saint James Park. Yang menarik dari laga ini adalah Newcastle hanya memiliki 13 pemain yang berada dalam kondisi prima. Sedangkan pemain-pemain lainnya dalam keadaan cedera dan mengalami hukuman bermain. Hal ini dikatakan langsung oleh sang pelatih, John Carver.

Sementara keadaan Arsenal sedikit lega karena Jack Wilshere dikabarkan cederanya sudah membaik. Diperkirakan gelandang Inggris tersebut bisa saja diturunkan pada Sabtu (21/3) malam nanti.

Aston Villa melawan Swansea memberikan tontonan yang menarik tersendiri akibat kehadiran sosok Manajer Tim Sherwood. Seperti yang diketahui, sejak ditangani mantan caretaker Tottenham Hotspurs tersebut, permainan Villa menjadi lebih baik.

Pada laga sebelumnya Sunderland berhasil dilumat oleh Ron Vlaar dkk dengan skor 4-0. Sedikit demi sedikit peringkat kesebelasan yang bermarkas di Stadion Villa Park ini pun menjauhi zona degradasi. Di sisi lain, Swansea justru dalam kondisi terpuruk setelah mengalami dua kekalahan beruntun melawan Livepool dan Tottenham.

Prestasi Tim Sherwood pasca pemecatan Paul Lambert tentu diharapkan bisa tertular kepada Sunderland. Pasalnya kesebelasan berjuluk The Black Cats ini juga baru saja memecat mantan manajer mereka, Gustavo Poyet, dan digantikan oleh Dick Advocat. Manajer asal Belanda ini menjalani laga debut bersama Sunderland pada pertandingan tandang melawan West Ham United di Upton Park.

Ajang coba-coba Advocaat bisa dimanfaatkan Sam Allardyce, Manajer West Ham, untuk mencoba beberapa opsi pemain belakang yang menggantikan duet Winston Reid dan James Tomkins yang cedera.

Namun, dari seluruh laga tersebut tentu saja pertemuan Liverpool dengan United pada esok hari merupakan yang paling dinanti. Duel antar rival itu menjadi ajang kembalinya kapten Liverpool Steven Gerrard setelah cedera dan absen tujuh pertandingan.

United masih harus memarkir Robin Van Persie, Marcos Rojo dan James Wilson karena cedera. Termasuk bek tengah Jonny Evans yang disanksi akibat perselisihan dengan Papis Cisse pada dua laga sebelumnya. Kendati demikian United bisa diperkuat kembali Angel Di Maria setelah urusan sanksi kartu merah.

Selain itu Hull City melawan Chelsea juga akan menjadi laga yang cukup menarik, mengingat The Blues juga baru tersingkir dari Liga Champions.

Gelandang sayap kanan Willian yang sedang cedera membuat menarik pilihan Jose Mourinho kepada Juan Cuadrado. Pemain Kolombia yang didatangkan dari Fiorentina pada bursa Januari 2015 itu baru dimainkan 150 menit dari empat laga Premier League 2014/2015.

Laga-laga berikut merupakan pertandingan pilihan Liga Inggris pekan ke-30 ini. Disamping itu masih ada beberapa pertandingan lain seperti Southampton VS Burnley, Stoke City VS Crystal Palace, Tottenham VS Leicester dan Queens Park Rangers (QPR) VS Everton.

Komentar