Dua Versi Kick-off ISL 2015

Berita

by redaksi

Dua Versi Kick-off ISL 2015

Semalam, publik disodori kabar mengenai kesepakatan antara PT Liga Indonesia (PT LI) dengan Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengenai kick-off Indonesian Super League 2015. Disebutkan bahwa PT LI dan Kemenpora/BOPI sama-sama sepakat kick-off ISL akan dilakukan pada 4 April 2015.

Rilis yang ditayangkan di situs resmi PT LI, judul rilisnya berbunyi "Kick Off ISL 4 April 2015", dibuka dengan paragraf berbunyi:

LIGA Indonesia, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), dan Kemenpora akhirnya menemukan kesepakatan yang manis dalam kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015. Ya, ISL 2015 tetap dipastikan bergulir dan memulai kick off tanggal 4 April 2015 mendatang.

Joko Driyono sendiri dikutip pernyataannya. Dalam rilis itu ia menyatakan: "Kami menetapkan dan telah sepakat kick-off ISL 4 April 2015."

Bak gayung bersambut, serentak media-media di Indonesia pun langsung menurunkan kabar itu. Semua portal berita nyaris menggunakan judul berita yang sama yaitu ISL 2015 akan dimulai 4 April 2015 sebagai hasil kesepakatan antara PT LI dan BOPI.

Kesan yang muncul adalah kick off ISL sudah bisa dipastikan akan terjadi pada 4 April 2015. Kesan itu yang paling menonjol dan soal syarat-syarat yang sebelumnya diminta BOPI untuk dipenuhi peserta liga, seperti bukti legalitas badan hukum, surat mengenai pajak, NPWP dan bebas tunggakan gaji, tak menjadi isu pokok lagi.

Benarkah BOPI dan Menpora mengabaikan syarat-syarat yang sebelumnya membuat mereka tak bisa memberi rekomendasi bergulirnya ISL pada 20 Februari lalu?

Menjelang tengah malam, pada jam 23.20 WIB lebih (23 Februari), Kemenpora kemudian merilis pernyataan berbeda. Inti dari pernyataan itu adalah ISL baru bisa bergulir hanya jika syarat-syarat yang diminta itu bisa dipenuhi peserta ISL. Jika memang bisa dipenuhi, ISL bisa mulai pada 4 April 2015, bahkan bisa lebih cepat.

Beberapa poin yang ditegaskan dalam rilis Menpora itu di antaranya:

1. Rencana PT Liga Indonesia untuk mengadakan kick off kompetisi ISL 2015 pada tanggal 5 April 2015 dapat diterima dengan SYARAT SELURUH DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN TETAP HARUS DIPENUHI SEBELUM KICK OFF TERSEBUT. Kalimat ini sangat jelas disampaikan oleh Kemenpora, dengan kata lain SAMA SEKALI TIDAK ADA PEMUTIHAN ATAS SELURUH DOKUMEN YANG DIPERSYARATKAN.

2. Bahwasanya rencana mundurnya kompetisi ISL 2015 mulai 4 April 2015 adalah menurut PSSI dan PT Liga Indonesia karena untuk persiapan PSSI untuk berbagai event internasional dan juga secara bersamaan untuk memenuhi persyaratan yang dituntut BOPI (karena mengaku tidak bisa dipenuhi dalam waktu dekat) itu adalah urusan dan sepenuhnya tanggung-jawab PSSI dan PT Liga Indonesia.


Jadi, jika PT LI menegaskan sudah ada kesepakatan antara PT LI dan BOPI kalau ISL akan dimulai pada April 2015, Kemenpora menegaskan bahwa itu hanya bisa dilakukan selama syarat-syarat yang diminta memang sudah terpenuhi.

Manakah yang benar? Dan bisakah, akhirnya, ISL benar-benar dimulai pada awal April 2015?

Komentar