Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Sepakbola

Berita

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Merayakan Tahun Baru Imlek dengan Sepakbola

Ada banyak cara orang merayakan sesuatu, begitu juga dengan hari raya Imlek yang tahun ini jatuh pada 19 Februari 2015. Mulai dari melakukan sembahyang, berkunjung ke kerabat, hingga menyalakan kembang api. Tetapi cara berbeda dilakukan asosiasi sepakbola Hongkong (HKFA), mereka membuat turnamen sepakbola!

Turnamen yang dinamai Lunar New Year Cup ini bahkan sudah menjadi tradisi sendiri di Hongkong, diselenggarakan sejak 1948. Turnamen ini sempat diberi nama Carlsberg Cup sesuai dengan sponsor utamanya pada periode 1983-2006. Tetapi sejak 2007 Carlsberg tidak lagi menjadi sponsor utama dan membuat nama turnamen diubah seperti sekarang.

Pada awalnnya hanya kesebelasan Hongkong dan daratan Cina lainnya yang berpartisipasi. Baru ketika sponsor utama masuk HKFA mulai mengundang beberapa kesebelasan internasional. Undangan beragam setiap tahunnya membuat juara turnamen juga terus berganti. Klub sampai tim nasional besar pernah menjuarainya, dari Seongnam Ilhwa Chunma, Swedia, Uruguay, hingga Brasil.

Biasanya pertandingan diselenggarakan pada hari pertama dan keempat di tahun baru Imlek, dengan format gugur. Tetapi untuk tahun 2015 ini hanya ada dua kesebelesan yang berpartisipasi, tuan rumah South China (Hongkong) dan New York Cosmos (Amerika).

South China adalah kesebelasan besar di Hongkong bahkan tersukses jika kita menengok koleksi trofinya. Sedangkan prestasi terbaiknya di kancah internasional adalah runner up Asian Winners Cup pada 1994. Sementara itu sang lawan New York Cosmos adalah kesebelasan yang berlaga di North American Soccer League (NASL) dihuni oleh bintang Spanyol, Marcos Senna dan Raul Gonzales.

Lunar


Jika anda rindu aksi Raul Gonzales bisa melihat tayangan streamingnya secara live di sini. Kick off sekitar pukul 14.30 WIB

Komentar