Museum Ronaldo di Seragam Sebuah Kesebelasan

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Museum Ronaldo di Seragam Sebuah Kesebelasan

Ekonomi adalah motif di balik segala sesuatu di dunia ini. Ini juga yang terjadi di sepakbola. Perbedaan antara klub kecil dengan klub besar mungkin bisa kita selidiki secara cepat sekarang ini, sementara kesenjangan di antaranya justru semakin ketara saja.

Kesebelasan sepakbola sudah menjadi “Tuhan” bagi beberapa produk. Begitupun produk tertentu yang menjadi “dewa penyelamat” bagi kesebelasan sepakbola. Hal di atas adalah hukum utama dari sponsor.

Wajar jika kita menemukan, misalnya, Manchester City yang mendapatkan keuntungan berlipat setelah mereka menyepakati sponsor bersama Etihad Airways. Begitupun sebaliknya, sekarang ini Garuda Indonesia sudah banyak mengeksploitasi Liverpool (tim yang mereka sponsori) untuk mempromosikan maskapai penerbangan mereka.

Namun, bisakah Anda membayangkan jika saat ini pemain sepakbola sudah begitu memiliki pengaruhnya pada urusan sponsor di atas?

Untuk melihat hal di atas mungkin sudah biasa, tapi untuk melihat pemain sepakbola menjadi sponsor kaos kesebelasan, itu adalah hal yang aneh.

Ini terjadi lantaran klub menggaji pemain, bukan sebaliknya. Namun, bagi Cristiano Ronaldo, itu semua berbeda. Ia sudah memperkenalkan era baru dalam ekonomi di sepakbola.

Bintang Real Madrid yang baru memperoleh gelar Ballon d’Or ini sebelumnya memiliki museum dengan nama dirinya sendiri. Museum tersebut terletak di Madeira, kota kelahiran Ronaldo.

Sekarang ini, logo museumnya terpampang di dada pada seragam kesebelasan CF União, klub kampung halamannya di Madeira, Portugal. Logo putih pada seragam biru-kuning, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar paling atas, tercetak jelas di seragam tim divisi ke dua tersebut.

Mereka bermain dengan mengiklankan “CR7 Museu”. Mengiklankan sebuah museum? Mengiklankan Cristiano Ronaldo? Atau keduanya?

Tidak jelas memang berapa banyak uang yang terlibat di sini, tapi bagaimana hal ini akan mempengaruhi merek Ronaldo? Merek Ronaldo sendiri, patut diakui antara ada dan tiada. Dengan semakin terkenalnya CR7, maka ia dengan sendirinya akan menjadi merek.

Mengingat sifat dari sponsor, Museum Ronaldo memiliki haknya sendiri. Namun mengapa Cristiano tidak mencoba untuk beriklan di seragam tim yang lebih besar, tim yang lebih dikenali secara global? Apakah karena dia mungkin memiliki hubungan untuk kesebelasan kota kelahirannya?

Berikut juga adalah patung Cristiano Ronaldo yang terletak di museumnya. Meskipun menurut kami proporsi patung ini tidak akurat, apalagi pada bagian tertentu di tubuhnya (ehem)... tapi ini bukan bidang keahlian kami untuk menilai estetika sebuah patung. Jadi dengan senang hati kami mempersilakan Anda semua untuk memutuskan.

Cristiano-Ronaldo-statue

Baiklah, kami tidak ingin terlalu berlarut-larut. Yang jelas sekarang ini Ronaldo sudah memiliki sebuah museum yang didedikasikan untuk dirinya sendiri, kemudian dia beriklan pada seragam kesebelasan lain.

Jika kita bertanya “Kenapa?”, maka jawabannya mudah: karena ia adalah pemain terbaik dunia. Sementara menjadi pemain terbaik dunia itu tidaklah mudah...

Sumber gambar: Getty Images

Komentar