Mungkinkah Messi Pindah dari Barcelona?

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mungkinkah Messi Pindah dari Barcelona?

Reaksi Lionel Messi setelah namanya tidak terdaftar di starting line-up ketika Barcelona dikalahkan oleh Real Sociedad (4/1) cukup menarik perhatian. Ia absen latihan dengan alasan sakit perut. Tak hanya itu, Messi mengikuti akun Instagram milik Chelsea dan dua pemainnya: Thibaut Courtois dan Filipe Luís. Mungkinkah ini pertanda bahwa Messi akan meninggalkan Barcelona?

Mengamati aktivitas para pemain sepakbola di dunia maya belakangan menjadi cara yang banyak dilakukan untuk memprediksi langkah-langkah yang akan mereka ambil. Aktivitas Messi ini bukan tidak mungkin merupakan sebuah indikasi. Benar adanya bahwa Messi juga mengikuti akun Instagram Manchester City. Namun dalam kasus itu, tidak ada aktivitas pendukung yang memperkuat dugaan kedekatan Messi dengan City.

Sedangkan saat ini, keputusan Messi untuk menekan tombol follow di akun Instagram Chelsea dikawani oleh mangkir latihan. Ia tidak dapat berlatih karena menderita gastroenteritis. Flu perut. Bisa jadi benar ia memang menderita flu perut yang cukup mengganggu sehingga ia tidak dapat berlatih. Namun belum lama ini Xavi pernah berkata bahwa di Spanyol, gastroenteritis adalah alasan yang dipakai untuk menutupi alasan asli yang tidak dapat disebutkan; sejenis knock dalam istilah cedera Inggris.

Kedua hal tersebut sedikit banyak mengangkat kembali isu ketidakbahagiaan Messi ke permukaan. Masih segar dalam ingatan bagaimana Messi memicu rasa khawatir di kalangan para pecinta Barcelona selepas Piala Dunia. “Barcelona adalah rumah saya, namun jika mereka tidak menginginkan saya atau meragukan saya, saya tidak masalah jika harus pergi,” ujar Messi kala itu.

Messi sendiri memang nampak sudah tidak nyaman di Barcelona. Apalagi pihak klub, menurutnya, tidak memberi cukup dukungan kepadanya saat Messi menjalani serangkaian pemeriksaan perihal kasus penggelapan pajak.

Buy-out clause Messi yang mencapai angka 250 juta euro juga bukan penghalang. Manchester City, Paris Saint-Germain, dan Chelsea kabarnya siap bertarung demi Messi. Peluang terbesar, bagaimanapun, dimiliki oleh Chelsea karena mereka disponsori oleh adidas dan Messi adalah brand ambassador terbesar adidas di dunia sepakbola.

Walaupun belum ada konfirmasi resmi, bantuan dari adidas bukan tidak mungkin ada. Karena itu adalah praktek yang tidak asing. Kabarnya, kepindahan Thierry Henry dari Arsenal ke Barcelona pada tahun 2007 lalu dimuluskan oleh Nike yang tidak ingin melihat Henry menjadi media promosi gratis adidas bersama Real Madrid. Sebagai penguat silakan tengok foto Messi di atas dan ribuan foto lainnya yang beredar

Semua alasan yang mendukung kepindahan Messi dari Barcelona tersebut, bagaimanapun, tidak lebih kuat dari kemungkinan Messi bertahan di Barcelona. Larangan mendatangkan pemain hingga 2016 akan membuat Barcelona kewalahan jika Messi benar-benar pergi.

Pertengkaran Messi dengan Luis Enrique juga tidak memperkuat kemungkinan perginya Messi. Sejarah menunjukkan bahwa jika ada sosok yang bermasalah dengan Messi, Messi akan dikedepankan. Zlatan Ibrahimovi? dibeli dengan harga mahal hanya untuk kemudian dilepas kembali karena dirinya dan Messi tidak dapat dimainkan secara bersamaan.

Besar kemungkinan Messi tidak pergi. Malah, pertanyaan akan berubah menjadi seperti ini: mungkinkah Enrique didepak karena ia bertengkar dengan Messi?

Komentar