Surat Henry untuk Kesebelasan Profesional Pertamanya

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Surat Henry untuk Kesebelasan Profesional Pertamanya

West Ham United resmi mendapatkan Doneil Henry dari Toronto FC, klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat. Pemain belakang itu didatangkan klub berjuluk The Hammers dengan nilai transfer 1,5 juta poundsterling, seperti yang ditulis HITC Sport.

Maka Henry merupakan pemain pertama yang didatangkan klub asal London itu di bursa Januari 2015. Sam Allardyce selaku manajer West Ham, mengatakan perekrutan Henry, sesuai dengan rekomendasi teman dekatnya. Yaitu Ryan Nelsen, mantan pelatih Toronto FC yang menjadi kapten saat bermain satu tim di Blackburn.

Disinyalir jika kedatangan Henry, untuk mengantisipasi kepergian Winston Reid. Bek andalan The Hammers itu diterpa isu bakal berpaling ke Arsenal, pada bursa transfer musim dingini kali ini.

Allardyce menegaskan jika pendatang baru tersebut, merupakan pemain yang berpotensial. Terlebih pemain 21 tahun itu, memiliki fisik bagus dengan postur berbadan besar. Juga kecepatan dan tekel yang kuat, ditambah mampu merangkapi posisi bek sayap kanan.

Kendati begitu, Henry memiliki kelemahan dari segi mental bertanding. Pasalnya ia memiliki emosi cukup tinggi. Setengah musim lalu, sudah delapan kartu kuning ia koleksi bersama Toronto FC. Mentalnya hingga mempengaruhi konsentrasi saat berlaga karena dua kesalahan operannya menyebabkan gawang kesebelasannya kebobolan.Atas faktor-faktor demikianlah, membuat pelatih baru Toronto, Greg Vanney melepasnya.

Walau begitu Allardyce tetap percaya kepada Henry, jika petualangan barunya di Liga Inggris bakal cemerlang. Terlebih pelatih 60 tahun itu yakin seperti ketika menempa Phil Jones dan James Tomkins, "Dengan sedikit pembinaan dari kami dan bekerja bagaimana bertahan di Premier League. Ryan (Nelsen) mengatakan ia (Henry) memiliki semua atribut untuk menjadi pemain yang baik," tuturnya.

24701C1500000578-0-image-a-34_1420499996313

Kepercayaan kepadanya bukan perjudian, tapi ekspetasi bagi The Hammers. Apalagi pemain asal Kanada itu merupakan salah satu idola fans Toronto FC. Bukan tanpa alasan, dirinya merupakan pemain pertama yang lulus dari akademi klub berjuluk The Reds tersebut.

Pada Tahun 2012, Henry pernah meraih penghargaan pemain terbaik kanada U-20. Setelah bersama Toronto meraih Canadian Championship tiga kali berturut-turut sejak tahun 2010. Atas catatan tersebut, membuat pria 183 cm ini berat meninggalkan tim profesional pertamanya itu.

Sebagai tanda perpisahan dengan para fans. Sebuah surat terbuka ditulis Henry, untuk melepas kepergiannya dari BMO Field Toronto, Ontario

"Toronto adalah klub profesional pertama saya serta kota dimana saya dibesarkan. Di saat aku memulai tantangan baru di West Ham United, TFC akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya," begitu sebagian penggalan surat yang ditulis Henry.

"Toronto FC akan selalu menjadi rumah saya!. Terima kasih untuk semua kenangan yang besar," sambung tulisan tersebut.

Semua yang ada di Toronto, dijadikan kenangan oleh Henry. Kini waktu bagi dirinya untuk mencoba peruntungan di Liga Inggris. Maka sejauh mana Henry perlu mencari jati diri. Jika tidak siap menjawab harapan para fans West Ham, maka persiapkan koper anda kembali dalam kenangan.

Komentar