Menghitung Peluang Lolos Grup A-D Liga Champions

Analisis

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Menghitung Peluang Lolos Grup A-D Liga Champions

Pada Rabu (10/12) dini hari nanti, seluruh tim dari Grup A sampai D UEFA Champions League (UCL) 2014/2015 akan bertanding. Pertemuan ke enam ini merupakan momen penting bagi beberapa tim terkait penentuan nasibnya di kancah Eropa.

Pasalnya pada laga kali ini merupakan penentuan 16 tim yang lolos ke fase knock-out. Kendati di antara beberapa grup sudah ada dua tim yang sudah dipastikan melangkah lebih dulu. Di sisi lain, ada satu grup yang mempertaruhkan gengsi sebagai tim besar. Yakni upaya memperebutkan puncak klasemen, sebagai pembuktian terbaik dari daftar tabel tersebut.

Atau mungkin ada indikasi lain, dimana pemuncak klasemen menghindari lawan yang lebih kuat di 16 besar nanti. Karena pengundian babak 16 besar tak akan mempertemukan tim yang sama-sama berada di klasemen pertama. Memang untuk menjadi seorang raja Eropa, diperlukan langkah yang mulus juga. Atau bisa juga menjadi pendobrak klub-klub papan atas yang sudah memiliki tradisi. Seperti UCL musim lalu dengan kejutan yang diberikan Atletico Madrid. Atau Borussia Dortmund yang mencapai final pada ajang klub antar eropa ini di tahun 2012/2013.

Sedangkan sisa laga grup lain yakni E sampai H, akan digelar pada Kamis (11/12) dini hari nanti. Kali ini sebagai pondasi awal, Pandit Football akan mengulas masing-masing peluang grup A sampai D lebih dahulu.

GRUP A

Tiket 16 besar terakhir grup ini akan diperebutkan oleh Juventus dengan Olympiacos. Masing-masing tim memiliki kans untuk lolos. Akan tetapi dengan satu catatan, wajib menang! Juventus sedikit dipersulit dengan tamunya di Juventus Stadium nanti. Alasannya karena calon lawan merupakan finalis UCL tahun lalu, Atletico Madrid.

Klub asal Spanyol itu kini menempati puncak klasemen Grup A. Atletico sudah dipastikan lolos ketika pertemuan keenam UCL 2014/2015. Pada laga sebelumnya, Atletico membantai Olympiakos empat gol tanpa balas.

Klub asal Yunani itu mesti bangkit akibat kekalahan memalukan tersebut. Apalagi rintangan Olympiacos relatif lebih mudah. pasalnya di Karauskakis Stadium nanti, tim juru kunci Malmo FF dijadikan sasaran amuknya.

Akan tetapi kemenangan bisa jadi tidak berarti apa-apa bagi Olympiakos. Jika Juventus berhasil menang atau imbang dengan Atletico Madrid, Olympiakos tetap harus rela berada di peringkat ketiga.

grup A

Grup B

Pertarungan sengit akan berlangsung pada grup ini untuk menentukan siapa yang lolos ke babak 16 besar. Wakil Swiss FC Basel akan bertarung habis-habisan untuk meraih poin di kandang wakil Inggris, Liverpool. Hasil imbang cukup bagi Basel untuk menyingkirkan Liverpool dari Liga Champions.

Liverpool tentu tidak mau membiarkan comeback ke Liga Champions harus berakhir di fase grup. Karena itu, 3 poin menjadi hasil yang wajib bagi pasukan Brendan Rodgers dini hari nanti.

Karena itulah kedua tim ini akan saling terkam pada laga dini hari nanti. Siapapun yang menang akan melenggang ke babak berikutnya. Pihak yang kalah harus rela mendapatkan hadiah hiburan ke Liga Eropa.

Sedangkan satu klub lainnya, Ludogorets hanya tinggal bisa berharap naik ke peringkat tiga untuk mendapat tiket ke Liga Eropa. Mereka masih berpeluang menuju Liga Eropa jika menang melawan Real Madrid dan Liverpool gagal meraih poin maksimal.

Grup B

Grup C

Tiga tim dari klub ini kecuali Benfica, merupakan peserta yang masih punya nafas di UCL 2014/2015. Disamping Bayer Leverkusen, AS Monaco dan Zenit Saint Petersburg memiliki kemungkinan lolos dari Grup C.

Pasalnya jarak poin antar peringkat sangat tipis. Leverkusen di posisi pertama memiliki sembilan poin, disusul Monaco delapan angka dan Zenit dengan tujuh poin.

Pada laga pamungkas nanti, partai penentuan dihadapi oleh AS Monaco dan Zenit. Kedua tim akan bermain habis-habisan untuk melangkah ke 16 besar.

Monaco sendiri mempunyai tradisi bagus di UCL karena mencapai final UCL 2004. Hasil imbang tanpa gol bisa meloloskan skuad besutan Leonardo Jardim ini.

Grup C

Grup D

Borussia Dortmund dan Arsenal akan beradu gengsi pada Grup D UCL musim ini. Kedua raksasa itu, sudah dipastikan melaju ke babak knock-out. Di peringkat pertama, Dortmund masih yang terbaik dengan 12 poin.

Di sisi lain, Arsenal yang kini berpredikat runner-up, enggan merelakan gelar puncak begitu saja. Maka dari itu di Turk Telekom Arena nanti, Mikel Arteta dkk wajib menaklukan Galatasaray. Dengan berharap performa Dortmund merosot seperti di Bundesliga.

Jika Dortmund kalah dan Arsenal menang, maka anak asuh Arsene Wenger ini akan menggeser Dortmund dari puncak klasemen.

Grup D

Komentar