Manchester United Siap Bangun Los Galacticos Tandingan

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Manchester United Siap Bangun Los Galacticos Tandingan

Tidak terasa bursa transfer kedua akan dibuka dalam jangka waktu kurang dari 23 hari lagi. Tentunya momentum ini sangat dinantikan oleh sejumlah klub untuk meningkatkan kualitas komposisi skuatnya. Hal ini berlaku bagi kebanyakan klub,tak terkecuali Manchester United.

Badai cedera pemain selama delapan bulan kebelakang membuat United dirasa perlu menambahkan beberapa wajah baru. Nama-nama seperti Angel Di Maria, Wayne Rooney, Daley Blind, Luke Shaw, Rafael, Phil Jones, Jonny Evans dan Jesse Linggard, saat ini masih dalam perawatan. Bahkan beberapa nama belum dapat tampil dalam waktu dekat.

Untuk menyikapi hal ini, tak tanggung-tanggung, keluarga Glazer telah menggelontorkan dana sebesar 150 juta poundsterling (28 triliun). Sejumlah nama sudah dilingkari Luis Van Gaal untuk menopang kekuatan yang dinilai perlua mendapatkan peningkatan kualitas. Bahkan dengan uang sebesar itu United disebut-sebut dapat membentuk Los Galacticos tandingan.

Walau demikian, Los Galacticos tandingan rasanya bukan istilah yang tepat. Pada prakteknya, rencana transfer MU ini mengulang kebijakan tim saat awal musim, dimana kisaran dana yang sama dilimpahkan. Musim panas lalu Van Gaal memboyong beberapa pemain seperti Angel di Maria, Radamel Falcao, Ander Herrera, dan Marcos Rojo.

Lantas, siapa saja pemain yang dibidik? Pada dasarnya Van Gaal akan memperkuat sektor pertahanan terlebih dahulu. Berikut daftar buruan pria asal Belanda itu untuk trasfer Januari nanti.

Mats Hummels (Borussia Dortmund)

Robin+Van+Persie+Mats+Hummels+Netherlands+vkxTcMXAJ-ol

Permintaan MU untuk bek tengah Borussia Dortmund ini sempat diajukan pada musim panas lalu. Akan tetapi peran Hummels masih sangat vital bagi Jurgen Klopp, pelatih Dortmund. Maka proposal The Red Devils itu pun ditolak mentah-mentah.

Bukan tanpa alasan jika The Red Devils kekeuh ingin merebut Hummels. Argumen pertama tentu saja melihat ruang perawatan pemain. Lihat saja, Jones dan Evans yang masih terbaring karena cedera. Penampilan Tyler Blackett dan Paddy McNair pun dirasa belum siap dimainkan secara reguler terus-terusan.

Akan tetapi jika menilik performa Die Borussen, julukan Dortmund, sepanjang musim ini membuat peluang United untuk mendaratkan Hummels semakin besar.

Untuk memboyong pemain Tim Nasional Jerman tersebut, MU diperkirakan mesti mengeluarkan harga minimal 32 juta poundsterling. The Red Devils pun mesti bersaing dengan Arsenal dan Barcelona dalam perebutan pemain 25 tahun ini.

Diego Godin (Atletico Madrid)

_71900006_387c4ed7-2959-4c60-80d8-2267b3873ca1

Performa impersif Godin membawa Atletico Madrid juara La Liga menjadi daya tarik bagi klub-klub lain. Ditambah lagi penampilannya selama Piala Dunia 2014 lalu di Brasil cukup memukau.

Berkat aksinya, Uruguay mampu menghentikan peluang Italia untuk lolos ke 16 besar. Pada laga penentuan itu, pemain bernomor punggung dua itu menyulitkan para penyerang Italia.

Apalagi dirinya merupakan spesialisas bola udara. Saat itu gol semata wayang Godin melalui sundulan, menaklukan Gianluigi Buffon dkk sejak pertengahan babak dua.

Memboyong mantan pemain Villareal ini memang sangat sulit. Tidak hanya harga yang mencapa 28 juta poundsterling. Pelatih Atletico Diego Simoene secara terang-terangan tidak akan menjual Godin. Jika keputusan Atletico sudah bulat, maka siap-siap saja MU dan Bayern Munich gigit jari.

Nathaniel Clyne (Southampton)

Swansea City v Southampton - Premier League

Cedera yang menimpa Rafael, membuat posisi bek kanan paling rawan menjadi bulan-bulanan lawan. Antonio Valencia yang didapuk menggantikan bek Brazil itu, rupanya tidak mampu menjalani dengan maksimal.

Alhasil, memboyong Nathaniel Clyne dirasa akan membuat lini pertahanan MU menjadi lebih sempurna. Pasalnya performa pilar Southampton ini tengah naik daun, ditambah usianya yang masih 23 tahun. Ditambah dengan pemanggilan namanya membela Tim Nasional Inggris, kala bertanding dengan Slovenia.

Meski tergolong murah, untuk mencuri pemain berharga 6 juta poundsterling ini tidak mudah. Mengingat Southampton sedang naik daun berada di papan atas Premiere League. Akan tetapi jika melihat The Saints, julukan Southampton, yang mampu berjuang tanpa pemain bintang, kenapa tidak?

Jika proses transfer terjadi, maka Clyne akan melakukan reuni dengan Luke Shaw yang mendarat pada awal musim.

Dani Alves (Barcelona)

dani-alves-3

Pemain bek sayap kanan ini paling besar berkemungkinan bergabung di Thater of Dreams pada Januari mendatang. Pasalnya kontrak Alves bersama Barcelona bakal berakhir pada musim depan.

Sebagai nilai plus, jika bersabar, pria asal Brazil itu bisa didapatkan dengan gratis. Asal The Red Devils mau menunggunya hingga bursa musim panas kedepan. Maka MU mesti buru-buru mendapatkan tandatangan pemain 31 tahun ini. Pasalnya klub kaya baru AS Monaco pun dikabarkan turut memantau Alves. Akan tetapi kendalanya adalah, kekosongan di bek kanan sangat perlu ditutupi secepatnya.

Jika Van Gaal tetap kekeuh menggunakan kekuatannya pada transfer windows, harga 10 juta poundsterling adalah jumlah uang yang mesti dibayar. Di sisi lain nampaknya jumlah tersebut, tidak masalah bagi limpahan dana 150 juta pounds Glazer.

Kevin Strootman (AS Roma)

400x488-strootman

Gelandang bertenaga kuda inilah yang paling sering dikaitkan dengan Van Gaal. Nama Strootman sudah diisukan mendarat ke MU, sejak Sang Meneer ditunjuk melatih The Red Devils.

Bahkan rencana transfer pertamanya ketika memimpin di Old Trafford adalah membawa Strootman ke tim bentukannya. Wajar, kedua nama itu sangat erat. Mengingat jika Van Gaal adalah pelatih yang mengangkat nama pemain bernomor punggung 6 itu di Timnas Belanda.

AS Roma pun tidak tinggal diam. Harga pemain bernomor 6 itu dinaikkan. Bahkan sempat naik hingga 40 juta euro. Akan tetapi kubu MU kekeuh ingin menawar Strootman hingga 30 juta saja.

Akan tetapi jika melihat gelontoran dana baru, bukan mustahil MU berani menambah harga hingga selangit. Bagaimana Van Gaal? apakah The Red Devils siap menaikan harga?

Arjen Robben (Bayern Munich)

article-1263977-08DBB240000005DC-564_306x460

Romantisme antara winger Bayern Munich ini dengan Van Gaal sudah tidak perlu ditanya lagi. Keduanya sudah menjalin hubungan sejak sama-sama membesarkan Bayern Munich di musim 2009-2011.

Kendati sudah berumur, Robben dipastikan masih tetap sanggup berbagi peran dengan Di Maria. Ditambah isu tidak sedap ketika Di Maria santer dikabarkan akan hengkang ke Paris Saint-Germain. Kendati sudah menginjak usia 30 Tahun, harga winger asal Belanda ini masih cukup tinggi dengan 26 juta poundsterling.

Walau Van Gaal kemudian pergi melatih Belanda, nama Robben tetaplah menjadi pilihan utama dirinya. Ajang piala dunia 2014 disebut-sebut moment indah bagi keduanya. Kendati gagal mengulang prestasi PD 2010, pencapaian Belanda di Brazil saat itu layak diapresiasi. Bahkan Robben berbicara jika Van Gaal merupakan pelatih terhebat yang pernah dikenalnya.

Tentunya kedatangan para bintang-bintang lapangan itu mengancam sedikitnya tiga pemain. Nama-nama seperti Anders Lindegaard, Chris Smalling dan Anderson. Juga beberapa nama yang habis kontraknya musim depan, seperti Robin Van Persie, Ashley Young, Phil Jones dan Rafael.

Maka dalam sisa waktu musim 2014/2015 ini para pemain-pamain tadi mesti berjuang keras memberikan penampilan terbaik. Bukan tidak mungkin jika tidak mampu memikat hati Van Gaal, maka siap-siaplah terdepak dari Theater of Dream musim depan.

Komentar