Inikah Pelatih Timnas Indonesia Berikutnya?

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Inikah Pelatih Timnas Indonesia Berikutnya?

Tim nasional Indonesia gagal total pada Piala AFF 2014. Mengusung target juara pada turnamen dua tahunan ini, langkah timnas Garuda Jaya justru terhenti sejak fase grup. Hasil imbang melawan tuan rumah Vietnam dan kemenangan telak atas Laos dengan skor 5-1 tak cukup untuk meloloskan Indonesia ke babak semi-final.

Posisi Alfred Riedl sebagai pelatih timnas jelas berada di ujung tanduk. Pelatih asal Austria ini terbukti tak mampu memenuhi target yang sebelumnya telah disanggupinya. Dipecat atau mundur adalah dua opsi yang tampaknya mesti dipilih Riedl.

Hingga saat ini, lima hari setelah kepastian gagalnya Indonesia di Piala AFF 2014, PSSI masih belum menentukan sikap. Riedl pun belum mengeluarkan pernyataan resmi. Namun, di tengah belum jelasnya masa depan Riedl, laman Wikipedia mencoba menjawab pertanyaan ini. Dalam kolom timeline pelatih yang pernah menangani Indonesia, nama Peter Hoekstra muncul menggantikan Alfred Riedl.

hoekstra

Selain itu, terdapat dua kali pencantuman nama "Peter Hoekstra" di bagian profil tim dan staf kepelatihan.

Hoekstra

Hoekstra 2

Lantas, siapakah Peter Hoekstra? Masih menurut laman Wikipedia, Hoekstra adalah seorang pelatih Belanda yang pernah mencicipi seragam timnas Oranje ketika masih bermain. Pria berusia 41 tahun tersebut tercatat sebanyak lima kali membela timnas Belanda.

Ia adalah bagian skuat timnas Belanda yang berlaga untuk Piala Eropa 1996. Saat itu, ia tergabung bersama nama-nama tenar seperti Edwin van Der Sar, Jaap Stam, Edgar Davids, Philipp Cocu, Clarence Seedorf, Michael Reiziger, Patrick Kluivert, Dennis Bergkamp, dan beberapa nama lainnya yang dipanggil oleh pelatih Guus Hiddink.

Hoekstra adalah pemain yang pernah membela dua klub top Belanda, Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven. Berposisi sebagai pemain sayap kiri, ia mencetak 21 gol dari 90 penampilannya bersama PSV dan 14 gol dari 68 penampilannya bersama Ajax.

Sempat dipinjamkan Ajax ke SD Campostela dan FC Groningen, pemain kelahiran kota Assen ini kemudian merumput di Liga Inggris bersama Stoke City. Selama tiga musim di Stoke, Hoekstra bermain sebanyak 78 kali dan mencetak 11 gol.

Saat ini, beberapa sumber mengatakan bahwa Hoekstra merupakan pelatih akademi muda FC Groningen. Menurut situs stokesentinel, Hoekstra sudah menangani tim ini sejak 2004 atau tak lama setelah memutuskan untuk gantung sepatu.

Namun sampai saat ini, belum ada pernyataan resmi dari PSSI benar atau tidaknya Hoekstra akan menjadi pelatih timnas Indonesia pengganti Riedl. Pada laman Wikipedia Hoekstra pun belum ada keterangan yang menyebutkan bahwa Hoekstra telah menjadi pelatih Indonesia.

Atau mungkinkah ada orang iseng yang mencantumkan nama Hoekstra pada laman Wikipedia timnas Indonesia? Entahlah, biarkan waktu yang menjawabnya…

foto: stokecityfc.com

Komentar