Jeremy Menez dan Genoa Merupakan Pembelian Terbaik Serie A

Editorial

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Jeremy Menez dan Genoa Merupakan Pembelian Terbaik Serie A

Semua orang boleh saja menertawakan AC Milan yang saat ini gemar meminjam dan merekrut pemain tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun (gratis). Tapi jika melihat performa yang ditunjukkan Jeremy Menez, salah satu pemain yang didapatkan secara gratis, Milan rasanya telah melakukan pembelian terbaik Serie A musim ini.

Akhir pekan lalu, Menez memborong gol saat Milan menumbangkan Udinese dengan skor 2-0. Seminggu sebelumnya, gelandang asal Prancis ini pun menjadi pencetak gol rossoneri ketika bermain imbang pada derby della madonnina melawan Inter Milan yang berkesudahan dengan skor 1-1.

Tambahan tiga gol dalam dua pekan tersebut membuat torehan golnya telah mencapai tujuh dalam 12 penampilan. Kini, ia menjadi pencetak gol terbanyak AC Milan musim ini dan bertengger pada peringkat ketiga daftar pencetak gol terbanyak Serie A, di bawah Carlos Tevez (9 gol) dan Jose Callejon (8 gol).

Sebagai perbandingan, Inter Milan mendapatkan Nemanja Vidic secara gratis dan Pablo Osvaldo dengan status pinjaman. Namun kontribusi keduanya masih kalah mengkilap dibanding apa yang ditorehkan Menez. Vidic dalam beberapa kesempatan kerap melakukan blunder, sementara Osvaldo yang telah mencetak lima gol untuk nerazzurri, baru bermain selama 527 menit karena sempat menderita cedera selama 28 hari sehingga kalah saing oleh penyerang muda Argentina, Mauro Icardi.

Dari daftar pemain anyar sang pemuncak klasemen Juventus pun tak ada yang bisa menyaingi performa oke Menez. Gelandang serang berusia 18 tahun, Kingsley Coman, hanya berstatus sebagai pemain cadangan. Patrice Evra kalah saing oleh Kwadwo Asamoah (bahkan baru-baru ini mengalami cedera). Alvaro Morata yang didatangkan dengan nilai transfer 20 juta euro pun masih menjadi bayang-bayang Fernando Llorente.

Napoli yang saat ini berada pada posisi tiga klasemen pun masih mengandalkan pemain-pemain lamanya seperti Marek Hamsik, Raul Albiol, Jose Callejon, Lorenzo Insigne, bahkan Christian Maggio. Pemain baru skuat asuhan Rafael Benitez yang cukup menyita perhatian mungkin datang dari bek asal Prancis yang dibeli dari RC Genk dengan harga 7 juta euro, Kalidou Koulibaly, dan gelandang yang direkrut dari Espanyol dengan biaya 5 juta euro, David Lopez. Jonathan de Guzman dan Michu tampil flop sehingga lebih sering menghuni bangku cadangan.

Bagaimana dengan kualitas pemain anyar 'Serigala Ibu Kota', AS Roma? Roma cukup aktif saat bursa transfer musim panas musim ini. Tercatat 11 pemain didatangkan sang pelatih Rudi Garcia. Kualitas terbaik datang dari duo bek asal Yunani yang direkrut dari Olymipacos, Kostas Manolas dan Jose Holebas.

Manolas didatangkan dengan nilai transfer 13 juta euro, sedangkan Holebas hanya dihargai 1 juta euro. Namun pada akhir pekan lalu, Holebas mencetak gol spektakuler ke gawang Inter Milan. Jika ia mampu tampil konsisten sehingga bisa membangku cadangkan Ashley Cole, bek kiri timnas Yunani ini akan menjadi pesaing Menez dalam hal perekrutan terbaik.

Nama lain yang menjadi salah satu kandidat perekrutan terbaik Serie A musim ini adalah Filip Djordjevic yang direkrut Lazio dari Nantes secara gratis. Djordjevic telah mencetak enam gol dari sembilan penampilan dan menggeser Miroslav Klose sebagai penyerang utama Lazio.

Namun jika dibandingkan dengan Menez yang bisa ditempatkan di manapun (sebagai sayap kanan, penyerang atau pun gelandang serang), kami merasa Milan beruntung memiliki seorang pemain yang bisa fleksibel secara taktikal. Belum lagi peringkat Milan saat ini pun lebih baik dari Lazio. Karena itulah kami menilai Menez lebih baik dibanding Djordjevic.

Meskipun begitu, pembelian Milan terbaik musim ini hanya layak untuk pembelian Jeremy Menez seorang. Para pemain anyar lain seperti Giacomo Bonaventura, Diego Lopez, Marco van Ginkel, Fernando Torres, dan Pablo Armero, masih berusaha menemukan bentuk performa terbaiknya untuk mendapatkan tempat utama.

Tim dengan perekrutan terbaik musim ini tampaknya lebih layak diberikan pada Genoa. Allenatore Gian Pero Gasperini hanya mengeluarkan 7,4 juta euro untuk mendatangkan 10 pemain baru. Dan dari 10 pemain anyar tersebut, lima diantaranya menjadi pemain utama.

Lima pemain anyar Genoa yang menjadi pemain utama adalah Alessandro Matri (pinjam), Diego Perrotti (350 ribu euro), Edenilson (pinjam), Facundo Roncaglia (pinjam), dan Mauricio Pinilla (2 juta euro). Matri telah mencetak 6 gol dari 11 kali penampilan. Sementara Pinilla telah menyumbang tiga gol dari 588 menit bermain. Tapi yang lebih penting dari itu semua adalah lima pemain inilah yang berhasil mengantarkan Genoa bisa berada di peringkat empat klasemen.

Maka dari itu, kami menyebut Milan telah melakukan pembelian terbaik Serie A musim ini dengan pembelian Menez, didapatkan cuma-cuma tapi memberikan kontribusi maksimal. Sementara untuk pembelian tim secara menyeluruh, Genoa berada di urutan terdepan.

foto: acmilan.ws

Komentar