[Preview] Everton vs Manchester City

Berita

by redaksi

[Preview] Everton vs Manchester City

Manchester City harus kembali menghadapi tantangan dalam perjalanannya meraih gelar juara Liga Inggris musim 2013-2014. Kali ini giliran Everton yang mencoba menghentikan laju City. Everton sendiri juga sedang membutuhkan kemenangan demi satu tiket menuju Liga Champions musim depan.

Meski begitu, muncul lelucon yang mengatakan bahwa Everton bersedia mengalah untuk memuluskan jalan City menuju tangga juara. Pasalnya, jika City kehilangan poin pada sisa 3 pertandingan yang ada, maka Liverpool yang berpeluang besar menjadi kampiun Liga Inggris musim ini. Tentu kita semua tahu bagaimana perseturuan Everton dan Liverpool. Maka dari itu, munculah lelucon yang mengatakan Everton rela gagal masuk Liga Champions asal Liverpool juga gagal menjadi juara.

Terlepas dari lelucon-lelucon tersebut, Everton sendiri akan menjamu City dengan kondisi yang kurang maksimal. Beberapa pemain andalan mereka harus absen dan beberapa lainnya dalam kondisi tidak fit. Kevin Mirallas menjadi pemain yang tidak dapat diturunkan Roberto Martinez nanti. Mirallas mengalami cedera dan masih harus menjalani perawatan.

Selain Mirallas, nama-nama lain seperti Bryan Oviedo, Darron Gibson, Stevan Pienaar, dan Arouna Kone juga masih mengalami cedera dan tidak dapat tampil melawan City. Ditambah Gareth Barry yang dalam kesepakatan transfer tidak boleh bermain melawan City, melengkapi jumlah pemain Everton yang tidak bisa tampil pada pertandingan ini.

Beruntung, fullbak kiri andalan Everton, Leighton Baines, serta 2 bek tengah, Sylvain Distin dan Phil Jagielka, diperkirakan dapat tampil kembali meski sempat mengalami cedera. Baines yang mengalami gangguan lutut saat pertandingan melawan Southampton minggu dikabarkan tidak mengalami cedera serius dan siap tampil melawan City.

Sementara itu di kubu City dalam kondisi siap tempur. Meski 2 pemain andalan mereka, David Silva dan Jesus Navas masih belum sembuh 100% dari cederanya, namun sepertinya hal ini tidak menjadi perkara bagi City. Mengingat mereka masih memiliki segudang pemain berkualitas lainnya. Yaya Toure akan siap menutup lubang yang ditutup Silva dan James Milner sudah cukup mumpuni untuk menggantikan peran Navas.

Meski diunggulkan di atas kertas, Manchester City tidak bisa lengah menghadapi pada pertandingan kali ini. Everton tentu bukan tim sembarangan, posisinya di peringkat 5 klasemen sementara menunjukan bahwa mereka tidak bisa dianggap remeh. Tim sekota City, Manchester United bahkan harus merasakan kekalahan di kandang maupun tandang musim ini.

Pada pertandingan sebelumnya di Ettihad Stadium City berhasil mengalahkan Everton 3-1. Namun ketika itu City sempat dikagetkan dengan gol Lukaku di awal saat pertandingan memasuki menit ke 16. Hal inilah yang harus diwaspadai City pada pertandingan kali ini.

Kelengahan di awal dapat berakibat fatal mengingat kali ini Everton akan bermain di depan para pendukungnya. Kecolongan gol di awal akan menyebabkan City kesulitan untuk membalikan keadaan. Everton memiliki striker haus gol, Romelu Lukaku, yang akan selalu memberikan ancaman bagi barisan pertahanan City.

Ancaman dari kedua fullback Everton pun harus diwaspadai City. Everton memiliki 2 fullback yang sering ikut aktif menyerang dan mengirimkan bola-bola matang bagi para penyerang. Hal inilah yang sering menjadi sumber gol Everton pada musim ini.

Pertandingan yang sangat menentukan ini akan menjadi semakin menarik mengingat kedua tim sama-sama suka bermain terbuka. Roberto Martinez merupakan pelatih yang senang bermain menyerang dan Pellegrini juga tidak akan bermain bertahan dengan kualitas pemain yang mereka punya. Ditambah lagi kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan. Maka bukan hal yang tidak mungkin jika akan terjadi banyak gol pada pertandingan ini.

Dan tentu saja, bukan hanya suporter kedua tim saja yang dalam kondisi tegang menantikan pertandingan ini. Suporter Liverpool juga berharap-harap cemas menantikan kabar baik dari musuh bebuyutannya.

Komentar