Karena Lagu CEO Federasi Sepakbola Irlandia Buat Marah Fans Inggris

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Karena Lagu CEO Federasi Sepakbola Irlandia Buat Marah Fans Inggris

Fans Irlandia menyambut kemenangan tim sepakbolanya, setelah mengalahkan Amerika Serikat di Stadion Aviva, Dublin, Selasa (18/11) pekan lalu. Sayangnya, timbul sebuah kontroversi kala mereka berpesta pora atas kemenangan dengan skor 4-1 tersebut.

Sebuah video pun beredar di situs Youtube seusai laga. Video tersebut memperlihatkan seseorang tengah bernyanyi. Tidak ada yang salah memang jika orang ingin mengeluarkan bakatnya dalam bernyanyi, tidak terkecuali CEO Federasi Sepakbola Irlandia, John Delaney, saat itu. Akan tetapi Delaney membuat ulah. Pria yang memang dikenal kontroversial di Irlandia tersebut menyanyikan lagu pro-IRA. Dari rekaman yang diambil di pub yang terletak di sudut stadion tersebut, Delaney menyanyikan lagu pemberontakan. Federasi Sepakbola Irlandia pun malu besar.

Pendukung Inggris pun mengecam aksi Delaney tersebut.Fans The Three Lions pun bernyanyi anti-IRA sepanjang pertandingan persahabatan melawan Skotlandia di Glasgow. Saking kerasnya protes dari fans Inggris membuat pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson,meminta maaf, atas kelakuan suporternya tersebut.

Juni tahun depan The Three Lions berencana berkunjung ke Dublin. Ini merupakan kunjungan pertama kali bagi timnas Inggris sejak bermain di Dublin pada 1995. Kala itu Inggris melakukan partai persahabatan melawan Irlandia. Kedua pendukung dikabarkan terlibat bentrokan terkait nyanyian lagu pemberontakan tersebut.

Di sisi lain DeBello yang ditunjuk menjadi pengacara Delaney, menegaskan jika kliennya bukanlah pria dalam video tersebut. Akan tetapi delapan jam kemudian, Delaney mengakui atas perbuatannya tersebut secara terbuka. Atas tindakan yang membuat malu FAI itu, dirinya melayangkan perminta maaf lewat siaran RTE 2fm, salah satu stasion radio di Irlandia.

Delaney mengaku jika tidak terlalu mempercayai lirik lagu IRA kontroversial yang dinyanyikannya. Dirinya juga berdalih jika menyanyikan lagu itu tidak ada maksud apa-apa. Melainkan sebuah tawaran dukungan untuk pacarnya yang datang dari luar negeri, untuk menangani isu-isu terbaru dari cyber bullying.

Dirinya juga merasa dicurangi karena video direkam tanpa sepengetahuannya. Memang dalam tayangan video tersebut, Delaney direkam oleh kamera yang tersembunyi. Terlihat dari pengambilan gambar dari sela-sela bawah sebuah benda.

Lagu "Joe McDonnel" ditulis oleh Nada Wolfe untuk menghormati memori dari Joe McDonnell, seorang anggota IRA yang meninggal karena 61 hari mogok makan pada 1981. Joe bergabung gerakan H-Block menggantikan Bobby Sands teman dekatnya dan menjadi anggota kelima yang meninggal. Dia dijatuhi hukuman penjara pada tahun 1977 setelah pelanggaran senajata dari serangan bom di sebuah toko furnitur tahun sebelumnya.

Komentar