Ke Mana Reus akan Pergi? Munich atau Manchester City?

Berita

by Redaksi 46

Redaksi 46

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ke Mana Reus akan Pergi? Munich atau Manchester City?

Borussia Dortmund pastilah tengah menyesal. Mereka terlalu terburu-buru menulis 25 juta euro sebagai klausul buy out Marco Reus. Sebagai perbandingan, game FIFA maupun Football Manager menjual Reus dengan nilai minimal 46 juta pounds atau 58 juta  euro!

Angka yang terbilang murah bagi striker sekelasnya, membuat Dortmund dan fansnya khawatir. Pasalnya, klub manapun, asal punya dana 25 juta euro bisa langsung membicarakan kontrak dengan Reus. Angka tersebut sedikit lebih mahal dari Balotelli yang berkisar 22 juta euro.

Hal yang lebih mengenaskan lagi, sang rival di liga, Bayern Munich, disebut-sebut tengah dekat-dekatnya dengan sang pemain. Masalahnya adalah sudah ada dua pemain potensial Dortmund yang hijrah ke Allianz Arena: Mario Goetze dan Robert Lewandowski. Nama terakhir berakhir tragis. Ia pindah dengan status bebas transfer!

Kemungkinan Munich mendatangkan Reus sebenarnya amat mudah diduga dengan tingkat presentase kemungkinan yang tinggi. Apalah arti 25 juta euro bagi Munich, jika mereka sanggup mengeluarkan 24 juta pounds untuk mendatangkan Mehdi Benatia, guna melapis lini belakang?

Dengan kemampuan finansial yang di atas rata-rata klub Eropa, tentu tak akan sulit bagi Munich untuk mewujudkan transfer ini.

Bayern kan sudah banyak gelandang?

Pertanyaan aneh yang sering dikemukakan para penggemar. Memangnya kalau banyak gelandang kenapa? Ada masalah apa? Bukankah itu memudahkan Pep Guardiola membuat alternatif skema permainan? Bukankah Pep adalah pelatih kreatif yang bisa sesuka dia mengubah filosofi permainan tiap musim?

Lain dari pada itu, siapa yang sangka kalau Toni Kroos dibeli Real Madrid. Dan siapa yang sangka juga, misalnya Thomas Mueller atau Xherdan Shaqiri akhirnya dibeli Arsene Wenger atau Brendan Rodgers? Siapa pula yang akan menyangka jika Bastian Schwensteiger dan Thiago Alcantara mesti absen begitu lama?

Penambahan pemain yang bisa bermain  sebagai penyerang, pemain sayap, ataupun gelandang serang, memang akan jadi bahan pertimbangan Pep. Dan sepertinya Reus mampu untuk memenuhi ekspektasi tersebut.

Jadi, Reus akan pindah ke Bayern Munich?

Jangan senang dulu, karena kini Manchester City dikabarkan serius menjalin pembicaraan dengan Dortmund. Sama seperti Munich, City pun tak segan mengeluarkan dana banyak guna membeli pemain, meski kini terganjal aturan FFP.

Sebagai perbandingan, City merekrut Eliaquim Mangala dari FC Porto senilai 32 juta pounds, sementara buy out clause Reus “cuma” 19,5 juta pounds.

Belum lagi, City akan diuntungkan dengan rivalitas Dortmund-Munich. Akan sangat sulit bagi klub merelakan pemainnya pindah ke tim rival—kecuali Arsene Wenger saat menjual banyak pemain ke tim rival di liga. Terlebih ada rasa sinisme soal Goetze dan Lewandowski yang masih begitu terasa.

City sendiri mengusahakan segala upaya karena pada akhirnya keputusan akhir ada di tangan Reus. City menyiapkan nilai kontrak dengan gaji 13 juta euro per musim atau 250 ribu euro tiap pekan. Angka yang besar ini tak lain untuk memikat Reus untuk pindah ke liga yang (katanya) paling bergengsi di dunia tersebut.

Reus sendiri seperti yang dilansir Bild sebenarnya ingin pindah ke Barcelona. Sayang, klub asuhan Luis Enrique tersebut menghadapi larangan transfer pemain untuk dua jendela transfer mendatang.

Sementara itu Reus pernah berujar kalau ia tak perlu-perlu amat uang besar. Ia pernah berkata, "I wish luck to Lewa and Goetze, but Bayern will never have me. Money is not everything,"

Ya, uang bukanlah segalanya, tapi tempat di Piala Eropa 2016 serta rentetan piala yang nantinya akan kau raih, akan lebih mudah didapat jika bergabung bersama tim dari selatan!

Jadi, ke mana Reus kan berlabuh?

Sumber gambarL Bundesliga.com

Komentar