Ayoze Perez Bukan Pemain Sembarangan

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Ayoze Perez Bukan Pemain Sembarangan

Penyerang muda Newcastle United, Ayoze Perez, menjadi bintang The Magpies saat Newcastle sukses mengalahkan Liverpool akhir pekan lalu (1/11). Gol Ayoze pada menit ke-73 menjadi satu-satunya gol yang tercipta pada laga yang berlangsung di St. James Park tersebut.

Tapi Ayoze bukan pertama kalinya menjadi pahlawan Newcastle. Ia pun bermain apik saat skuat asuhan Alan Pardew ini mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1. Pada laga ini, Ayoze mencetak gol perdananya di Premier League, yang juga sekaligus gol kemenangan bagi Newcastle.

Beberapa hari sebelum menjadi pahlawan kemenangan Newcastle atas Liverpool pun Ayoze sempat menjadi perbincangan dunia maya. Sebuah video yang diunggah Newcastle TV menampilkan gol solo run Ayoze dari tengah lapangan melewati bek Carlisle pada laga uji coba mengingatkan banyak orang pada aksi Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Belum lama ini pun Ayoze sempat disandingkan dengan Cristiano Ronaldo di Spanyol. Ayoze mendapatkan penghargaan gelandang terbaik dan breaktrough terbaik Segunda Division, kompetisi kasta kedua di Liga Spanyol, saat bermain bersama Tenerife musim lalu. Sementara saat itu, Ronaldo menjadi pemain terbaik sekaligus pencetak gol terbanyak La Liga.

Performanya bersama Tenerife memang begitu mengesankan pada musim lalu. Ayoze menjadi pencetak gol terbanyak tim dengan 16 gol. Jumlah gol tersebut membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak kelima Segunda Division.

Dengan usianya yang masih 21 tahun, Real Madrid dan Barcelona tertarik untuk merekrutnya. Namun ia sadar, jika ia bermain untuk dua raksasa Spanyol itu, ia hanya akan menjadi pemain ‘kelas dua’ yang artinya tak akan menunjang performanya.

“Ada banyak tawaran yang mendatangiku, dari beberapa tim besar,” ujar Ayoze dikutip dari  harian Daily Mail. “Hingga akhirnya tawaran dari Newcastle datang, dan saya merasa Newcastle akan menjadi pilihan yang lebih tepat. Setelah beberapa pertandingan, itu terbukti. Saya tahu Newcastle adalah keputusan yang tepat dan saya sangat bahagia di sini.”

Didatangkan dengan biaya hanya 1,5 juta poundsterling, Newcastle memperlakukan Ayoze sebagai pemain yang akan bersinar di masa yang akan datang. Kesempatan bermain selalu diberikannya. Pada musim ini, ia telah bermain sebanyak sembilan kali, meski hanya satu kali menjadi starter dan total bermainnya hanya 213 menit.

“Ini sungguh luar biasa,” ungkap Ayoze selepas pertandingan melawan Liverpool. “Saya rasa saya cepat beradaptasi di sini dan saya tak sabar untuk bermain lebih banyak pertandingan lagi sekarang. Sepertinya ketika saya bermain, saya bisa mencetak gol lebih banyak.”

Setali tiga uang, sang bos, Alan Pardew, pun tak memungkiri kemampuan mencetak gol Ayoze. “Ia mampu mengambil keputusan tepat. Selain itu ia pun memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan apa yang ia dapat saat latihan pada pertandingan resmi. Tak banyak yang bisa melakukan itu. Ia pun memahami dengan cepat kultur sepakbola Inggris.”

Kita nantikan saja, apakah Ayoze bisa menjadi bintang baru Premier League? Mungkin saat ini terlalu dini untuk menilainya, namun dengan melihat apa yang telah ia tunjukkan hingga saat ini, kita sepertinya tinggal menunggu waktu untuk melihat namanya semakin menjadi buah bibir publik Inggris.

foto: skysports.com

Komentar