Data dan Fakta Menarik Tentang El Clasico

Berita

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Data dan Fakta Menarik Tentang El Clasico

Menurut laporan BBC ada sekitar 400 hingga 500 juta pasang mata yang akan menyaksikan laga antara Real Madrid melawan Barcelona di televisi malam nanti (23.00 WIB). Data yang mampu menggambarkan betapa menariknya pertandingan El Clasico kali ini bagi seluruh dunia.

Meski sebenarnya ada cara pandang lain yang menyebut pertandingan ini menjadi "biasa-biasa saja". Tetapi tetap saja, pertandingan yang paling banyak diikuti setelah final Liga Champions ini sangat layak dan wajib anda tonton. Silahkan simak beberapa data dan fakta berikut untuk alasannya:

    • Barcelona adalah tim dengan pertahanan terbaik di La Liga musim ini, selain belum terkalahkan. Gawang Barcelona juga belum kebobolan sama sekali.

    • Kebalikannya, Real Madrid adalah tim paling produktif di La Liga dengan total 30 gol. Sebanyak 50% diantaranya dicetak oleh sang top skor La Liga sementara Ronaldo.

    • Kedua tim telah 260 kali bertemu di semua ajang termasuk laga non resmi, dengan Barcelona paling banyak memenangi pertandingan (107), Real Madrid (95), sisanya (58) berakhir imbang.

    • Dari semua pertemuan bertajuk El Clasico tersebut, Lionel Messi menjadi pencetak gol terbanyak dengan 21 gol, disusul oleh Alfredo Di Stefano 18 gol.

    • Pertandingan kali ini hanya akan dihadiri oleh 500 pendukung resmi Barcelona yang ditempatkan di tribun khusus. Sebagai perbandingan, kapasitas Santiago Bernabeu adalah 81.044 tempat duduk (kurang dari 1%).

    • Kick off akan dilangsungkan pukul 6 sore waktu Madrid, agar ramah dan menjadi jalan tengah terhadap seluruh pemirsa televisi dunia.

    • Khusus untuk pemirsa di Inggris akan melewatkan 15 menit awal pertandingan karena terbentur aturan siaran langsung pertandingan. Aturan tersebut melarang adanya siaran pertandingan antara pukul 14.15 hingga 17.15, sedangkan kick off terjadi pukul 17.00 waktu Inggris.

    • Rekor kemenangan terbesar terjadi pada 13 Juni 1943, dimana Real Madrid unggul 11-1 atas Barcelona di Copa del Rey. Kemenangan dengan margin besar (5 gol atau lebih) terakhir terjadi pada tahun 2010, dimana Barcelona menang lima gol tanpa balas.

    • Pertandingan kali ini adalah ajang kembalinya Luis Suarez pasca menjalani hukuman akibat menggigit Chiellini pada Piala Dunia 2014 lalu.

    • BBC menyebut nilai skuat Real Madrid yang terdiri dari 11 starter dan 7 orang cadangan nanti adalah 361 juta pounds atau sekitar 7 triliun rupiah. Sedangkan Barcelona "hanya" 278 juta pounds atau senilai 5,4 triliun rupiah.


Baca juga

Prediksi Pertandingan Real Madrid - Barcelona

Membandingkan Akademi La Masia vs La Fabrica

Mempersoalkan Anggapan Banyak Orang tentang El Clasico




*diolah dari berbagai sumber

foto: commons.wikimedia.org

Komentar