Tidak Ada Masalah Besar Walau Jerman Dijahati Warsawa

Berita

by redaksi

Tidak Ada Masalah Besar Walau Jerman Dijahati Warsawa

Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Polandia berhasil mengalahkan Jerman. Gagal di 18 usaha pertama mereka, Polandia akhirnya sukses pada hari Sabtu (11/10) lalu. Dua gol yang dicetak oleh Arkadiusz Milik dan Sebastian Mila memastikan Jerman pulang dari negara tetangga dengan tangan hampa.

Kemenangan bersejarah untuk Polandia ini juga menandai catatan buruk lainnya untuk Jerman. Sejak kalah di tangan Spanyol pada ajang Piala Dunia Afrika Selatan tahun 2010 lalu, Jerman selalu berhasil mencetak gol ke gawang lawan di setiap pertandingan kompetitif yang mereka jalani. Rangkaian manis yang telah dijalin selama lebih dari tiga tahun tersebut akhirnya harus berakhir di Stadion Nasional Warsawa.

Polandia juga mengakhiri rangkaian hasil manis yang berhasil diraih oleh Jerman di 18 pertandingan kompetitif terakhir mereka. Sejak dikalahkan oleh Italia di semifinal Piala Eropa 2012, Jerman telah meraih 16 kemenangan dan hanya bermain imbang sebanyak dua kali.

Dalam sebuah sesi konferensi pers pascapertandingan, Low mengakui bahwa timnya pantas kalah. Ia juga tak lupa melayangkan pujian kepada Polandia. Menurut Low, pasukan Adam Nawalka memang bermain baik.

“Polandia pantas mendapatkan pujian. Orang-orang dapat melihat bahwa mereka bermain melawan juara dunia dengan motivasi dan dedikasi yang sangat tinggi,” ujarnya.

“Saya rasa saya hanya dapat melihat satu kelemahan dari tim saya: kami berkali-kali tidak mampu mengubah peluang yang bagus menjadi gol. Sistem permainan telah djalankan dengan baik walaupun banyak orang baru di dalam tim ini.”

Low sendiri tampaknya tidak memiliki hubungan yang baik dengan Warsawa. Kekalahan dari Italia di semifinal Piala Eropa 2012 juga terjadi di kota ini. Namun saat para jurnalis memaparkan catatan unik ini kepadanya, Low menampik hal tersebut.

Low tidak ingin terlalu mendramatisir fakta yang ada. Menurutnya, Warsawa tidak memberi pengaruh buruk. Di laga melawan Polandia, konsentrasi para pemainnya sama baiknya dengan pertandingan-pertandingan lain.

Low juga menambahkan bahwa dirinya tidak melihat sebuah masalah besar yang siap menghadang perjalanan Jerman ke Perancis. Laga lanjutan terdekat di ajang Kualifikasi Piala Eropa 2016 adalah pertandingan melawan Republik Irlandia.

Low memprediksi laga melawan Irlandia akan sama sulitnya dengan lawatan ke Polandia. Hal tersebut ia yakini karena Irlandia dan Polandia memiliki gaya bermain yang sama.

“Irlandia akan memainkan taktik yang sama. Kami mengetahuinya dari beberapa pertandingan tahun lalu,” ujar Low.

“Mereka adalah tim yang mengandalkan pertahanan dan serangan balik. Karenanya kami harus dapat melindungi gawang kami dan mampu memanfaatkan peluang.”

Jerman akan menjamu Irlandia pada hari Selasa (14/10) di Stadion Gelsenkirchen yang terletak di kota Gelsenkirchen. Walaupun Low menampik hubungan buruk antara dirinya dengan Warsawa, Low tentunya mengharapkan kebaikan Gelsenkirchen, kebaikan negara bagian Nordrhein-Westfalen.

Satu dari dua pertandingan Kualifikasi Piala Eropa 2016 dijalani oleh Jerman di negara bagian yang sama. Kala itu, mereka meraih kemenangan 2-1 atas Skotlandia di kota Dortmund.

Komentar