Prediksi Pertandingan Schalke 04 vs Borussia Dortmund

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Pertandingan Schalke 04 vs Borussia Dortmund

Ruh derby antara tuan rumah Schalke 04 yang menjamu Borussia Dortmund malam nanti (27/9) diprediksi akan berlangsung lebih seru dari biasanya. Pasalnya, kedua tim saat ini sama-sama sedang tercecer dari perburuan gelar juara Bundesliga. Schalke 04 kini berada di posisi 13, sedangkan Dortmund bertengger di posisi 8.

Kedua tim jelas perlu meraih tiga poin pada pertandingan ini untuk menjaga jarak dengan Bayern Munich sang pemuncak klasemen. Saat ini Schalke defisit enam poin dengan Munich, sedangkan Dortmund selisih empat poin.

Schalke memang melakukan start buruk pada musim ini. Dari lima laga, skuat asuhan Jens Keller ini hanya mampu mengemas lima poin, hasil dari satu kemenangan dan dua seri. Untungnya, menyambut laga derby ini, Schalke tengah berada dalam tren positif setelah berhasil menjungkalkan Werder Bremen dengan skor 3-0 (kemenangan pertama musim ini) dan menahan imbang Chelsea di Stamford Bridge.

Masalah utama yang dihadapi Schalke pada laga ini adalah badai cedera yang melanda beberapa pemain andalannya. Tujuh pemain dipastikan absen pada laga ini. Diantaranya, Leon Gortezka, Jefferson Farfan, Benedikt Hoewedes, dan Julian Draxler (suspensi kartu). Tapi setidaknya, Kevin Prince Boateng yang absen pada pertandingan sebelumnya karena suspensi kartu, bisa kembali berlaga yang tentunya bisa memperkuat lini tengah Schalke.

Rentetan pemain cedera pun dialami Dortmund pada laga ini. Nama-nama seperti Marco Reus, Ilkay Gundogan, Nuri Sahin, Henrikh Mkitharyan, dan Jakub Blaszczykowski dipastikan absen lantaran cedera.

Namun tak seperti Schalke, Dortmund memiliki kedalaman skuat yang cukup bagus. Meski tanpa pemain-pemain yang disebutkan tadi, skuat asuhan Jurgen Klopp masih memiliki Shinji Kagawa, Pierre Emerick Aubameyang, Adrian Ramos, Ciro Immobile, Sebastian Kehl, Sven Bender, dan Milos Jojic untuk mengisi kekosongan pemain yang absen.

Masalah yang dialami Dortmund saat ini justru performa mereka yang masih belum konsisten. Menang dua kali, dua hasil seri dan satu kekalahan di Bundesliga menjadi bukti bahwa performa Dortmund masih angin-angin. Penampilan impresif mereka hanya sekali terlihat yaitu kala melawan Arsenal di Liga Champions.

Laga ini sendiri diprediksi akan menghadirkan lebih dari dua gol. Pasalnya, kedua tim saat ini memiliki masalah di lini pertahanan. Namun jika Joel Matip di kubu Schalke dan Mats Hummels di kubu Dortmund sudah cukup bugar menjalani laga ini, kehadiran keduanya akan membuat laga ini menjadi lebih ketat.

Maka jika melihat situasi dan kondisi kedua tim saat ini, sepertinya laga ini akan berakhir imbang. Laga tandang terakhir Dortmund  yang harus takluk di tangan Mainz 05 perlu menjadi pertimbangan khusus. Karena itu artinya, bertandang ke stadion Veltins-Arena, kandang Schalke, malam nanti pun akan menjadi laga yang tak mudah bagi mereka meski memiliki komposisi pemain yang lebih siap pada laga ini.

foto: search.wikimedia.org

Komentar