Daftar Baru Klub-klub yang Diduga Melanggar Financial Fair Play

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Daftar Baru Klub-klub yang Diduga Melanggar Financial Fair Play

Ada kabar buruk bagi para pendukung Liverpool, Inter Milan, AS Roma, dan AS Monaco. Kemarin (26/9), UEFA baru saja merilis klub-klub  yang dicurigai telah melanggar peraturan Financial Fair Play (FFP), dan keempat tim tersebut termasuk di dalamnya.

Keuangan klub-klub tersebut akan diselidiki setelah terindikasi mengalami kerugian yang melewati batas sebagaimana yang ditetapkan peraturan FFP dalam dua tahun terakhir. Klub-klub tersebut mewajibkan memberikan laporan keuangan mereka selama dua bulan ke depan.

Seperti yang dikutip situs FourFourTwo mengenai pernyataan UEFA kemarin, “Badan Pengawas Finansial Klub (CFCB) UEFA telah membuka penyelidikan terhadap tujuh klub (empat klub di atas ditambah Krasnodar, Besiktas, dan Sporting Lisbon) terkait laporan keuangan mereka pada 2012 dan 2013.”

Menurut situs usatoday, klub yang sepertinya akan mendapatkan sanksi dari UEFA atas kasus ini adalah AS Roma, Liverpool, dan Monaco. Ketiga tim tersebut perlu mendapatkan keuntungan setidaknya 20 juta euro dari pendapatan tiket, bonus dari Liga Champions, dan hak siar televisi.

Selain itu, UEFA pun menahan uang hadiah atas partisipasi di kompetisi Eropa milik Bursaspor (Turki), CFR Cluj (Rumania), Astra Giurgiu (Rumania), Buducnost Podgorica (Montenegro), dan Erkanas (Lithuania). Lima klub ini terbukti melakukan salah satu pelanggaran dari tak membayar gaji pemain, tak membayar transfer pemain, atau tak membayar pajak.

Selain 12 klub tadi, UEFA mengatakan masih ada 103 klub yang tengah mendapat pengawasan UEFA pada musim ini. Jumlah tersebut termasuk sembilan tim yang sudah mendapatkan sanksi dari UEFA pada musim lalu.

Sebelumnya, Manchester City dan Paris Saint-Germain telah mendapatkan dampak dari pelanggaran regulasi Financial Fair Play. Keduanya mendapatkan dengan sebesar 20 juta euro dan pengurangan kuota pemain pada kompetisi Liga Champions menjadi 21 pemain. Namun mereka akan mendapatkan tambahan denda sebesar 40 juta euro jika mereka masih menderita kerugian yang melebihi batas aturan yang diterapkan UEFA.

Akankah Liverpool, Inter Milan, AS Roma, Monaco dan tiga tim lainnya bernasib sama seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain? Kita tunggu saja keputusan UEFA yang mungkin akan baru keluar akhir tahun nanti.

Baca juga tentang sejarah terbentuknya regulasi Financial Fair Play di sini.

Komentar