Prediksi Pertandingan West Ham United vs Liverpool

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Pertandingan West Ham United vs Liverpool

Pada matchday ke-5 akhir pekan ini, Liverpool akan bertandang ke Upton Park, markas West Ham United. Skuat asuhan Brendan Rodgers ini tentunya tak ingin kembali meraih hasil negatif seperti  kala ditaklukkan Aston Villa dan Manchester City di dua laga terakhirnya di Premier League.

Namun Rodgers menemui beberapa persoalan menjelang laga ini. Emre Can, Glen Johnson, dan Jon Flanagan dipastikan absen pada laga ini karena cedera. Sedangkan Joe Allen, Martin Skrtel dan Daniel Sturridge masih diragukan tampil terkait kondisi fisiknya yang belum 100% fit.

Karena itulah, Rodgers perlu kembali meracik taktik dan komposisi pemainnya. Apalagi saat menghadapi tim debutan liga Champions, Ludogarets tengah pekan lalu, permainan The Reds masih jauh dari kata memuaskan.

Pada laga itu, Liverpool kembali menggunakan formasi 4-3-3, dengan Adam Lallana dan Raheem Sterling mengapit Mario Balotelli di lini depan. Namun pola yang juga digunakan saat melawan Aston Villa ini tampaknya masih belum padu.

Mungkin Rodgers perlu variasi taktik lain, misalnya mengubah formasinya menjadi 4-3-1-2 dengan Sterling lebih ditempatkan sebagai gelandang serang, berada di belakang dua striker. Pasalnya, Fabio Borini yang masuk sebagai pengganti kala melawan Ludogarets, cukup berkombinasi dengan baik bersama Balotelli. Jika Borini masih juga belum dipercaya mengisi starting line-up, tak ada salahnya mencoba duet Balotelli dan Rickie Lambert sebagai penggedor lini pertahanan lawan.

Pola ini pun tampaknya tak terlalu asing bagi Liverpool. Beberapa pertandingan terakhir, Liverpool sempat terlihat menggunakan pola ini. Lagipula, Sterling yang sebenarnya lebih ideal ditempatkan sebagai penyerang sayap pun tak terlalu canggung bermain sebagai no. 10.

Pada laga melawan West Ham nanti, Liverpool tampaknya perlu mewaspadai skuat asuhan Sam Allardyce yang bermain baik kala ditahan menahan imbang Hull City 2-2 meski sempat dua kali tertinggal.

Duet Diafra Sakho dan Enner Valencia bermain impresif pada laga tersebut. Gol perdana Valencia bisa menjadi momentum baginya untuk kembali bisa memberikan gol bagi The Hammers kala menjamu Liverpool.

Selain Sakho dan Valencia, dukungan dari second line seperti Mauro Zarate dan Stewart Downing pun akan memberikan dimensi berbeda. Keduanya bisa menjadi momok bagi lini sayap pertahanan Liverpool. Downing akan dangat diandalkan dengan umpan silangnya, sementara Zarate memiliki kemampuan dribbling yang dibarengi dengan kecepatan.

West Ham pun tampaknya berharap gelandang mereka, Matt Jarvis, yang sudah kembali berlatih setelah menderita cedera paha, dapat diturunkan pada laga ini untuk diduetkan bersama Alex Song. Karena di saat bersamaan, Carl Jenkinson menderita cedera hamstring saat berlaga melawan Hull City. Sementar Joey O’Brien yang kabarnya sudah dinyatakan fit pun bisa memperkokoh lini pertahanan.

Para pemain tersebut diharapkan mampu menutupi kelemahan West Ham yang pada laga ini dapat dipastikan bemain tanpa kapten mereka, Kevin Nolan dan mantan penyerang Liverpool, Andy Carrol. Keduanya masih berkutat dengan cedera dan belum akan kembali berlaga dalam waktu dekat.

Mengenai prediksi pada laga ini, tampaknya Liverpool masih layak untuk dijagokan untuk keluar sebagai pemenang. Kemenangan atas Ludogarets bisa menjadi momentum bagi mereka untuk kembali ke jalur kemenangan.

Belum lagi hasil laga keduanya di Upton Park dalam dua musim terakhir selalu dimenangkan Steven Gerrard dkk. Namun dengan West Ham yang menunjukkan performa tak terlalu mengecawakan saat melawan Hull, tampaknya mereka masih bisa merepotkan lini pertahanan Liverpool. Hanya saja itu masih belum cukup untuk bisa mengalahkan skuat asuhan Brendan Rodgers. Keunggulan satu gol untuk Liverpool.

foto: wikipedia.org

Komentar