Prediksi Ringkas Seluruh Pertandingan di Giornata 2 Serie A Italia

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Prediksi Ringkas Seluruh Pertandingan di Giornata 2 Serie A Italia

Setelah jeda laga internasional, liga-liga Eropa kembali bergulir. Tak terkecuali Serie A Italia yang pada pekan ini memasuki giornata keduanya.

Pada pekan ini, AS Roma akan bertandang ke kandang Empoli. Meski starting line up kala melawan Fiorentina masih bisa kembali diturunkan, Serigala Ibukota patut waspada akan catatan buruk Roma tandang ke Stadio Carlo Castellini. Dari tiga pertemuan di kota Tuscany tersebut, Roma tak sekali pun menang, dua kalah dan satu seri.

Namun Empoli pun tak bisa menurunkan skuat terbaiknya pada laga ini. Striker veteran Massimo Maccarone diprediksi tak bisa tampil karena mengalami cedera. Itu artinya, mantan penyerang Valencia, Francesco Tavano akan menjadi tumpuan tunggal di lini depan. Tampaknya Roma akan bisa menang dari Empoli.

Sementara di Turin, Juventus akan menjalani laga kandang pertamanya musim ini. Masih tanpa beberapa pemain utamanya, Bianconeri akan mendapat perlawanan sengit dari Udinese.

Setelah Andrea Pirlo, Giorgio Chiellini, dan Andrea Barzagli absen pada laga pembuka, Arturo Vidal dan Carlos Tevez menambah daftar panjang rentetan cedera Si Nyonya Tua. Untungnya, Fernando Llorente dan Sebastian Giovinco yang sempat kurang fit sudah siap diturunkan.

Udinese pun sebenarnya akan tampil minus beberapa pemain utama. Wonderkid Simone Scuffet, Gabriel Silva, dan Giovanni Pasquale masih berkutat dengan cedera. Skuat asuhan Andrea Stramaccioni ini pun nantinya akan kembali mengharapkan magis dari Antonio Di Natale yang mengemas dua gol ke gawang Empoli beberapa waktu lalu.

Yang menarik pada laga ini adalah centrocampista Juve, Roberto Pereyra, yang akan bertemu dengan mantan timnya, Udinese. Cederanya Pirlo dan Vidal memungkinnya dimainkan sejak menit pertama pada laga ini. Juve akan mampu menang, tapi skor yang ada tak lebih dari berselisih satu gol.

Di tempat lain, Lazio akan menjamu tim promosi Cesena di stadion Olimpico. Kekalahan atas Milan sebelum jeda internasional pekan lalu membuat skuat asuhan Stefano Pioli harus segera bangkit dari keterpurukan.

Namun Cesena bukanlah lawan yang enteng mengingat pada giornata pertama, mereka berhasil menumbangkan Parma dengan skor tipis 1-0. Namun cedera empat pemain utamanya bisa menjadi masalah serius bagi Guido Marilungo dkk. Dari head to head kedua tim, Lazio  belum pernah kalah sekalipun selama berlaga di Olimpico sepanjang tahun 2014. Lazio kemungkinan akan menang mudah dari Cesena.

Seperti Lazio, misi serupa di emban skuat Inter Milan kala menjamu Sassuolo di stadion Giuseppe Meazza. Skuat asuhan Walter Mazzari ini bertekad meraih poin penuh setelah pada laga sebelumnya hanya mampu bermain imbang melawan Torino.

Di atas kertas, Inter jelas berada di atas angin. Namun absennya Nemanja Vidic yang diusir wasit saat melawan Torino lalu akan memberikan celah yang tentunya bisa dimanfaatkan para penyerang Sassuolo. Apalagi salah satu penyerang Sassuolo, Simone Zaza, tengah dalam kondisi on fire setelah mencetak gol pertamanya untuk tim nasional Italia. Sassuolo bukan lawan yang mudah, mereka bisa saja menahan imbang atau mengalahkan inter di Meazza. Skor kedua tim tak akan berselisih jauh.

Sementara itu, laga dua tim pesakitan akan tersaji di Artemio Franchi, Florence. Fiorentina yang ditekuk Roma 0-2, akan menghadapi Genoa dengan modal kalah 1-2 dari Napoli pada laga pertama.

Mario Gomez kembali diharapkan mampu menjadi senjata pamungkas La Viola kala Giuseppe Rossi masih berkutat dengan cedera. Gomez nantinya akan diapit oleh para pelari cepat Juan Cuadrado dan Josip Illicic.

Pada musim lalu, Genoa berhasil menahan imbang skuat asuhan Vincenzo Montella dengan skor 3-3. Maka hasil imbang kemungkinan akan kembali terulang apalagi Fiorentina belum menemukan performa terbaiknya, kontras dengan Genoa yang bermain gemilang meski pada akhirnya harus kalah oleh Napoli.

Jika berbicara tentang Napoli, pekan ini mereka akan menghadapi Chievo Verona. Il Partenopei tentunya tak mau mengulang hasil yang sama dengan pertemuan pada Januari lalu di mana Chievo mampu menahan imbang Napoli dengan skor 1-1. Dengan kekuatan yang ada sekarang, Napoli tampaknya bisa menang.

Terakhir, laga yang mungkin paling dinanti pada pekan ini adalah laga antara Parma melawan AC Milan yang akan berlangsung di Ennio Tardini. Bukan tanpa alasan, selain laga ini akan menjadi pembuktian konsistensi performa Milan di bawah tangan dingin Filippo Inzaghi, laga ini pun kemungkinan akan menjadi laga debut bagi Fernando Torres yang baru dipinjam dari Chelsea.

Meski produktivitasnya terus menurun dalam beberapa tahun terakhir, nama besar Torres yang pernah menjadi lumbung gol bagi Liverpool dan Atletico Madrid kemudian bermain untuk tim sekelas AC Milan, jelas patut kita nantikan. Belum lagi kedatangan El Nino ini berbarengan dengan momen kepergian Mario Balotelli, bomber andalan Milan dalam dua musim terakhir. Milanisti tentunya cukup penasaran dengan kontribusi apa yang bisa diberikan Torres pada Milan. Kans Milan untuk menang sangat besar, namun mungkinkah Torres mencetak gol?

Itulah sedikit ulasan mengenai laga-laga Serie A pada akhir pekan ini. Selain laga-laga di atas, laga Sampdoria-Torino, Cagliari-Atalanta, dan Verona-Palermo pun akan melengkapi keseruan giornata 2 Serie A ini.

Komentar