Meski Menang Lawan Persipura, Persela Masih Bisa Disalip PSM

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Meski Menang Lawan Persipura, Persela Masih Bisa Disalip PSM

Secara mengejutkan Persela Lamongan mampu mengalahkan sang juara bertahan Persipura Jayapura kemarin (2/9). Bermain di hadapan belasan ribu LA Mania, Laskar Joko Tingkir menekuk Mutiara Hitam dengan dua gol tanpa balas.

Raihan tiga poin ini memperbesar peluang Persela untuk berlaga di babak delapan besar Liga Super Indonesia. Bahkan dengan kemenangan yang diraih kemarin, skuat asuhan Eduard Tjong berada di atas angin untuk menjadi tim keempat dari wilayah timur yang melaju ke babak selanjutnya.

Saat ini, Persela telah mengumpulkan 28 poin. Mereka unggul tiga poin dari pesaing terdekatnya Persiba Balikpapan dan PSM Makassar. Hasil seri pada pertandingan terakhir sudah cukup bagi Arif Ariyanto cs untuk menantang peringkat dua wilayah timur, dan satu-tiga wilayah barat.

isl4

Lalu bagaimana jika Persela kalah oleh Perseru Serui di laga terakhirnya (5/9) dan dua tim lainnya meraih kemenangan, di mana ketiga tim ini akan memiliki poin sama?

Sejatinya peluang Persiba Balikpapan untuk melaju ke babak berikutnya telah tertutup rapat. Perhitungan klasemen akhir yang mengedepankan head-to-head­ kedua tim ketika memiliki nilai sama menjadi faktor Beruang Madu tak memiliki kans ke babak 8 besar.

isl


sumber: ligaindonesia.co.id


Persiba Balikpapan kalah head-to-head melawan Persela. Dua kali bertemu, Persiba Balikpapan tak mampu mengalahkan Persela Lamongan. Pada putaran pertama bermain di kandang, Persiba takluk dengan skor 0-2. Sedangkan kala bertandang ke stadion Surajaya, Lamongan. Persiba hanya mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1.

Namun hasil pertandingan terakhir Persiba Balikpapan akan menentukan siapa diantara Persela dan PSM yang akan meraih posisi empat klasemen. Karena rekor head-to-head Persiba Balikpapan melawan Juku Eja dimenangi oleh skuat asuhan Liestiadi. Dalam dua pertemuannya, Persiba sukses menekuk PSM dengan skor 2-0 dan 1-0.

Maka dari itu, melaju ke babak delapan besar bagi PSM Makassar pun cukup berat. Selain mengharapkan kekalahan Persela, Syamsul Chaeruddin dkk. pun berharap Persiba Balikpapan tak meraih poin penuh kala meladeni tuan rumah Persiba Bantul.

Tak hanya itu, lawan yang akan dihadapi PSM Makassar pada laga terakhirnya pun bukan tim sembarangan. Mitra Kukar yang kini menempati peringkat tiga klasemen siap menghadang laju skuat asuhan Asgaf Razak ke babak delapan besar di stadion Aji Imbut, Tenggarong.

Tapi jika PSM Makassar bisa mengalahkan Mitra Kukar dan disaat yang bersamaan Persela kalah serta Persiba Balikpapan tak memenangi pertandingan, PSM Makassar-lah yang menjadi tim terakhir yang meraih tiket babak 8 besar. Karena dengan head-to-head  yang seimbang (Persela-PSM saling mengalahkan dengan skor sama 3-1), PSM Makassar akan unggul selisih gol.

isl4-xs

foto: ligaindonesia.co.id

Komentar