Hat-Trick Tercepat Robbie Fowler

Backpass

by Ammar Mildandaru Pratama

Ammar Mildandaru Pratama

mildandaru@panditfootball.com

Hat-Trick Tercepat Robbie Fowler

Tanggal 28 Agustus 1994 merupakan hari spesial bagi Robbie Fowler, tak hanya menjadi pahlawan kemenangan 3-0 Liverpool atas Arsenal. Penyerang yang saat itu baru berusia 19 tahun tersebut mencatatkan namanya sebagai pencetak hattrick (tiga gol) tercepat dalam sejarah Liga Primer Inggris.

Berkarir dari tim junior Liverpool sejak 1984, Fowler baru bergabung dengan tim senior pada tahun 1993. Berkat kemampuannya, ia mampu beradaptasi dengan cepat di tim utama. Musim perdananya diraih dengan torehan 18 gol dari total 34 penampilan. Jasanya semakin sering dipakai saat menginjak musim berikutnya, termasuk musim kedua dimana ia mencatatkan sejarah.

Bermain di hadapan 30,000 lebih pendukungnya di stadion Anfield, Fowler membuka keran golnya pada menit 26. Bek Arsenal, Martin Keown gagal menyapu bola hasil umpan silang, bola liar tersebut kemudian berhasil diselesaikan oleh Fowler dengan kaki kiri. Tiga menit kemudian pemain yang pernah selebrasi kontroversial ini menggandakan kedudukan dengan kaki yang sama setelah menerima umpan terobosan. Tendangannya menembus kolong bek Arsenal sebelum tepat menggelinding di pojok gawang.

Tak sampai lima menit dari gol pertama, Fowler membuat seisi Anfield bergemuruh. Gol cantik berhasil ia ciptakan pada menit 31, akselerasi cepatnya membuat Keown dan David Seaman bertabrakan. Untungnya bola masih bisa dikuasai oleh Fowler, lewat sudut sempit dia tinggal menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Proses ketiga gol di atas secara resmi tercatat dalam waktu 4 menit 33 detik. Sebenarnya masih ada hattrick yang lebih cepat, yakni oleh Tommy Ross dalam tempo 90 detik pada tahun 1964. Namun dalam era Liga Primer Inggris, nama Fowler masih tercatat sebagai sejarah.



Komentar