Prediksi Pertandingan Barcelona vs Elche

Analisis

by Aqwam Fiazmi Hanifan

Aqwam Fiazmi Hanifan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Pertandingan Barcelona vs Elche

Musim baru La Liga kembali bergulir. Salah satu tim kandidat juara FC Barcelona dini hari nanti akan melawan Elche CF di Camp Nou dalam laga perdana mereka. Sebuah catatan menarik bahwa, tim berjuluk The Blaugrana ini tak pernah terkalahkan dalam lima tahun terakhir, Barca bahkan selalu menang telak dengan rataan menang lebih dari 4 gol. Data mencatat selama lima tahun terakhir mereka mencetak total 23 gol dari pertandingan pembuka.

Sebuah perdebatan di posisi kiper muncul, siapakah yang terbaik diantara Bravo dan Ter Stegen. Pada laga perdana ini, Enrique tampaknya akan lebih mempercayakan pada Ter Stegen. Di posisi lini belakang kehilangan Gerard Pique akibat skorsing mungkin akan digantikan oleh Marc Bartra yang berduet bersama Mascherano.

Namun andaikan Enrique memakai formasi 3-4-3 maka Bartra akan dimainkan di posisi bek, diapit oleh Vermaelen dan Jeremy Mathieu. Barcelona beruntung mendatangkan dua pemain ini, mengingat Vermaelen dan Mathieu bisa pula dimainkan sebagai fullback. Jadi dengan menaik turunkan Mascherano saja, Barcelona dapat berganti formasi dari 3-4-3 ke 4-3-3 dengan cukup mudah tanpa harus mengganti pemain.

Tapi Vermaelen dikabarkan tak bisa diturunkan karena mengalami cedera. Karena itu, kemungkinan besar Barca memakai 4-3-3 dengan memasang Jordi Alba dan Daniel Alves sebagai fullback.

Capture

Pada posisi tengah, duet Sergio Busquets dan Iniesta akan diplot sejak menit-menit awal. Kehadiran Ivan Rakitic dipastikan akan menggeser peran Xavi di Barcelona.

Lini depan adalah salah satu kekuatan utama Barca musim ini. Berderetnya bintang-bintang top tak akan membuat Pelatih Luis Enrique kebingungan. Hanya saja dengan belum bisa diturunkannya Luis Suarez, Enrique ditengarai akan memakai trisula seperti musim lalu yakni Pedro, Neymar dan Messi. Kabar terbaru, menyatakan Neymar akan abse karena cedera. Sebagai sosok pelatih yang gemar memakai tenaga muda, kemungkinan Enrique akan memilih sosok Munir El Hadadi yang tampil apik di turnamen Joan Gamper.

Pemain ini memiliki kecepatan dan posisi yang baik seperti Alexis Sanchez. Sifatnta yang bermain melebar seperti Neymar membuat Munir akan lebih dipakai ketimbang Rafinha. Posisi Messi, kemungkinan besar akan dijadikan false nine oleh Enrique.

Dengan kekuatan maksimal ini, tampaknya Barcelona akan menang mudah dari Elche, prediksi kami kemenangan yang mereka dapat akan lebih dari 3 gol.

Komentar