Prediksi Bundesliga Bayern Munich vs VFL Wolfsburg

Analisis

by Redaksi 46

Redaksi 46

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Bundesliga Bayern Munich vs VFL Wolfsburg

Pertandingan Bayern Munich menghadapi Wolfsburg akan menjadi pembuka Bundesliga musim 2014/2015. Pertandingan yang digelar di Allianz Arena ini akan disiarkan langsung Kompas TV pada Sabtu (23/8) pukul 01.30 WIB dini hari.

Pelatih Bayern, Pep Guardiola, dipusingkan dengan cederanya sejumlah pemain inti. Javi Martinez, Jerome Boateng, Bastian Schwensteiger, Thiago Alcantara, dan Rafinha akan membuat penerapan taktik menjadi tidak maksimal.

Ini terlihat saat pertandingan Piala Super Jerman kala Munich kalah 0-2 dari Borussia Dortmund. Formasi 3-4-3 yang sukses besar kala menghadapi lawan yang sama di final DFB Pokal, malam itu melempem. Dua gelandang yang dihuni Sebastian Rode dan Gianluca Gaudino tidak mampu melakukan kerjanya dengan baik.

Rode dan Gaudino menjadi titik lemah Die Roten pada malam itu. Mereka sering terlambat untuk membantu pertahanan. Bahkan, area permainan mereka pun kerap diacak-acak oleh lini serang Dortmund.

Di pertandingan menghadapi Wolfsburg, Pep tampaknya akan menurunkan Phillip Lahm sedari awal. Sangat rentan bagi Bayern jika kembali menurunkan Rode dan Gaudino. Meski memiliki posisi asli seabagai bek kiri, tapi Lahm bermain padu sebagai gelandang. Di timnas, ia pun menempati posisi sebagai gelandang.

Kondisi Franck Ribery yang belum fit tampaknya akan membuat Pep memilih menggunakan dua gelandang serang. Thomas Mueller dan Mario Goetze akan dipasangkan di belakang Robert Lewandowski.

Pep sadar dengan terlalu banyak mengekspos sisi lapangan, malah membuat lini tengah mereka rapuh. Menempatkan Mueller dan Goetze berarti menambah kekuatan di area tengah permainan Bayern.

Di kedua sisi, penampilan Juan Bernat yang baru ditransfer dari Valencia, terbilang mengesankan. Dibandingkan dengan Pierre-Emile Hojbjerg, Bernat jauh lebih sering membantu penyerangan. Hanya saja, ia masih sering terlambat dan salah penempatan posisi kala bertahan.

Menempatkan David Alaba di lini pertahanan, akan membantu Bernat secara tidak langsung. Alaba yang memiliki posisi natural sebagai fullback ini bisa mengomandoi kemana Bernat harus bergerak saat bertahan.

Di kubu Wolfsburg, mereka pun mesti kehilangan sejumlah pemain karena didera cedera. Dalam pertandingan nanti malam, pelatih Dieter Hecking akan menempatkan Ivica Olic sebagai juru gedor Die Wolfe. Meski berhasil mendatangkan bekas pemain Arsenal, Nicklas Bendtner, tapi tampaknya kondisi “Lord Bendtner” masih belum siap untuk mengarungi liga.

Sejumlah pemain baru pun tampaknya akan segera merasakan debutnya pada malam nanti. Josuha Guilavogui yang ditransfer dari Atletico Madrid akan berduet dengan Luis Gustavo sebagai poros ganda. Fullback kanan akan diisi Sebastian Jung yang ditransfer dari Eintracht Frankfurt.

Heckin akan mengandalkan bekas pemain Chelsea, Kevin De Bruyne, untuk mengeksploitasi sisi kanan pertahanan Bayern. Kecepatan yang dimiliki Bruyne diharapkan mampu memberikan asa bagi Wolfsburg untuk dapat mencatatkan kemenangan pertama mereka atas Bayern dalam enam pertemuan terakhir.

Di atas kertas, Wolfsburg bukanlah lawan yang terlalu sulit bagi FC Hollywood. Hanya saja, minus sejumlah pemain inti akan membuat rencana berjalan tidak sempurna. Meski peluangnya kecil, bukan tidak mungkin Wolfsburg menginterupsi formasi baru 3-4-3 Guardiola, dengan kemenangan.

Formasi

Sumber gambar: rp-online.de

Komentar