Tim Nasional Norwegia Memanggil Pemain Berusia 15 Tahun

Berita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Tim Nasional Norwegia Memanggil Pemain Berusia 15 Tahun

Ingat namanya baik-baik: Martin Ødegaard. Ingat tanggal kelahirannya: 17 Desember 1998.

Masih berusia 15 tahun, Ødegaard mendapatkan jalan untuk menjadi pemain termuda yang bermain untuk tim nasional Norwegia yang akan menghadapi Uni Emirat Arab dalam pertandingan persahabatan di Stavanger pekan depan.

Gelandang serang berkaki kidal ini telah tampil mengesankan untuk klubnya, Strømsgodset, musim ini. Dari 14 penampilannya di Tippeligaen sejauh ini, ia sudah tampil sebanyak 14 kali dan berhasil mencetak 3 gol dan 3 buah assist. Sebagai hadiahnya, ia dipanggil oleh pelatih Norwegia, Per-Mathias Høgmo, untuk pertandingan yang akan dilangsungkan pada tanggal 27 Agustus nanti.

“Saya berkata sebelum musim begulir bahwa ia bisa menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk tim senior kami,” kata Høgmo. Selain UEA, timnya juga akan menghadapi Inggris pada 3 September 2014 dalam pertandingan persahabatan di Wembley.

Ødegaard, yang akan berusia 15 tahun dan 253 hari pada hari pertandingan, mengatakan ia terkejut menerima panggilan ini.

“Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” ujar Ødegaard. “Saya terkejut.”

Padahal sebelumnya, mengingat usianya yang masih sangat muda, ia baru dua kali membela tim nasional Norwegia U-17. Pemanggilannya ke tim senior memang wajar saja menjadi berita yang sangat mengejutkan.

FC Barcelona, Manchester United, Manchester City, Juventus, Paris Saint-Germain, Real Madrid, dan Ajax dikabarkan telah tertarik kepada Ødegaard sebelumnya. Para pemandu bakat dari tim-tim di atas pun pasti akan ditunjuk untuk memantau Ødegaard pada pertandingan melawan UEA dan Inggris nanti.

Sebelum Ødegaard , Tormod Kjellsen adalah debutan termuda Norwegia. Dia berusia 15 tahun dan 351 hari ketika ia bermain melawan Swedia pada tahun 1910.

Penasaran dengan aksi Ødegaard? Simak video di bawah ini.



(dex)

Komentar