On This Day 1995, Debut Dennis Bergkamp di Arsenal

Backpass

by redaksi

On This Day 1995, Debut Dennis Bergkamp di Arsenal

Tepat hari ini 19 Agustus 1996, Dennis Bergkamp menjalani pertandingan perdananya bersama Arsenal.  Debutnya tersebut terjadi saat The Gunners bertemu dengan Middlesbrough dan berakhir dengan skor imbang 1-1.

Butuh waktu yang cukup lama bagi Bergkamp untuk beradaptasi dengan gaya main sepakbola Inggris. Pindah dari Inter Milan, pemain yang mendapat julukan The Dutch Master adalah pembelian pertama manajer Bruce Rioch musim itu. Gol pertamanya baru terjadi 23 September atau butuh waktu hingga tujuh pertandingan.

Prestasinya sendiri sudah bersinar saat masih berseragam Ajax dengan torehan tiga kali topskor berturut-turut dari tahun 1990 hingga 1993. Berkat raihannya tersebut Inter kemudian meminangnya dengan bandrol 12 juta pounds, membuatnya menjadi pesepakbola termahal kedua saat itu. Dua musim di Italia prestasinya justru menurun, beruntung bagi Arsenal karena hanya butuh mengeluarkan dana 7,5 juta pounds untuk memindahkannya ke Highbury.

bergkamp

Meski terlambat panas, Bergkamp kemudian justru menjadi legenda bagi Arsenal. Total 120 gol diciptakannya dalam 411 penampilan sebelum akhirnya gantung sepatu pada 2006. Selain itu tujuh trofi berhasil dia persembahkan, termasuk diantaranya saat tak terkalahkan pada musim 2003-2004. Patungnya sedang mengontrol bola berdiri kokoh di stadion Emirates.

Selain terkenal dengan kemampuannya di lapangan, pemain yang lahir tanggal 10 Mei 1969 ini juga terkenal dengan kutipan-kutipannya yang menarik.

[youtube]

[/youtube]

(amp)

Komentar