Belajar dari Game FM, James Phillips Jadi Pelatih Termuda di Inggris

Berita

by redaksi

Belajar dari Game FM, James Phillips Jadi Pelatih Termuda di Inggris

Sebuah rekor pelatih termuda dalam ajang Piala FA telah pecah. Pelatih klub Romsey Town, James Phillips didapuk sebagai manajer termuda sepanjang sejarah piala FA, saat memimpin Romsey Town, sabtu besok (16/8) dia baru menginjak usia 22 tahun. Dalam laga itu dia akan memimpin timnya melawan Fareham Town. "Saya sangat bangga, itu merupakan prestasi besar," kata Phillips kepada BBC Sport

James ditunjuk sebagai manajer pada bulan April lalu, karirnya melatih tim sepakbola bermula saat dia memimpin di Lyndhurst Football Club pada usia 16 tahun. James berhak melatih karena dia sudah memperoleh lisensi FA Level One badge setelah melakukan kursus di klub Southampton FC.

Di klub Romsey Town,  dengan sertifikat yang dia punya pada awalnya dia ditawari posisi sebagai asisten manajer tim cadangan musim lalu . James pada waktu itu sedang melakukan magang. Namun siapa sangka secara mengejutkan dia  ditunjuk sebagai pelatih tim pertama untuk mengambil alih kursi kepelatihan dari Carl Bennett dan John McFarlane.

Ketertarikannya ke dunia pelatihan bermula saat dia bermain game Football Manager, siapa sangka kini apa yang dilakukannya di dunia game itu bisa diaplikasikan ke dalam dunia nyata.

"Sejak kecil saya memang berminat menjadi seorang manajer. Sekarang sayang  melakukannya dalam kehidupan nyata. Namun menjadi manajer di game dan dunia nyata amatlah berbeda. Di dunia nyata kita akan lebih banyak mendapat tekanan," tegasnya.

Apa yang dilakukan James amatlah mengesankan, namun untuk terus semakin mantap berkiprah di dunia kepelatihan, nampaknya dia harus segera menyelesaikan kursus dua tingkat FA  dan memulai kursus di tingkat eropa demi mendapatkan sertifika UEFA lisensi B, selamat berjuang James!

(sumber foto: bbc.co.uk)

(wam)

Komentar