Harga Tiket Naik, Suporter di Inggris Kompak Berdemo

Berita

by redaksi

Harga Tiket Naik, Suporter di Inggris Kompak Berdemo

Fans di Inggris saat ini sedang dibuat naik pitam. Mereka marah karena harga tiket pertandingan sepakbola liga Inggris untuk musim ini dinilai terlalu mahal. Mereka menyuarakan keluhannya terhadap Richard Scudamore di kantor Premier League.

Para pendukung Inggris yang tergabung dalam Federasi Suporter Sepakbola (FSF) ini mempertanyakan mengapa harga tiket mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Padahal, Premier League mendapatkan peningkatan pendapatan dari siaran pertandingan sebesar 2,1 miliar poundsterling.

Kepala Eksekutif dari FSF, Kevin Miles, mengatakan: "Sembilan dari 10 dari kami berpikir bahwa harga tiket terlalu mahal. Sepertinya ada kesepakatan aneh antara klub dan badan liga yang membuat harga tiket menjadi tinggi. Karena ini tak hanya terjadi pada para pendukung tim-tim top.”

Apa yang dikatakan Miles tersebut memang cukup beralasan. Harga tiket pertandingan Premier League pada musim ini mengalami peningkatan pada harga tiket termurah. West Ham yang mematok £55 sebagai tiket termurah pada musim ini, sebelumnya hanya £36. Newcastle yang pada musim lalu memiliki tiket termurah seharga £15, pada musim ini meningkat drastis menjadi £36.

Meski memiliki kenaikan drastis pada harga tiket termurah, beberapa tim menurunkan harga tiket termahalnya. Sepertinya ini menjadi akal-akalan agar para suporter yang datang lebih memilih untuk menonton dengan membeli tiket termahal karena selisihnya kini tak jauh berbeda.

“Sepakbola kini bisa berenang dengan uang. Banyak klub yang mulai meraup banyak keuntungan dari kontrak siaran yang membuat harga tiket semakin mahal. Pada akhirnya kami yang hanya sebagai pendukung sepakbola menjadi korban. Oleh karena itu kami harus berbicara tentang hal ini,” lanjut Miles.

Namun pihak Premier League berdalih, untuk urusan harga tiket, masing-masing tim lah yang lebih berwenang mengatur hal tersebut. Karena pada musim lalu, Premier League justru meminta para klub meningkatkan jumlah penonton yang datang dengan menyarankan harga tiket yang lebih rendah untuk pendukung tim tamu.

“Harga tiket adalah masalah bagi klub masing-masing. Banyak yang perlu bekerja keras untuk mengisi stadion mereka dengan menawarkan harga-harga berbeda pada setiap pertandingannya agar stadion bisa terisi penuh,” ujar Scudamore.

“Kami sejatinya selalu mendorong penyesuaian harga untuk membantu aksesibilitas para penggemar yang akan hadir ke stadion. Namun kami hanya mengatur standar stadion agar para penggemar bisa menonton dengan nyaman,” lanjut pimpinan Premier League tersebut.

“Kualitas dan keamanan stadion adalah hasil dari investasi yang luas sebuah klub. Fans harus menikmati lingkungan di mana mereka menonton sebuah pertandingan sepakbola yang ditawarkan Premier League. Rata-rata kehadiran penonton di stadion pada musim lalu mampu mencapai 95,9 persen, 36.695. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dalam sejarah sepakbola Inggris sejak 1949-1950.”

Namun meskipun begitu, para pendukung di Inggris ini masih akan terus berdemo sampai harga tiket pertandingan benar-benar mengalami penurunan. Unjuk rasa besar dikabarkan akan digalang pada Kamis besok.

[ar]

Komentar