10 Hal Baru Yang Muncul di Liga Inggris Musim Depan

Cerita

by redaksi

10 Hal Baru Yang Muncul di Liga Inggris Musim Depan

Ditilik dari sisi manapun, Liga Inggris adalah liga yang menarik. Atmosfer penonton, bentuk stadion, rivalitas tim, hingga kontroversi di dalam pertandingan, selalu menarik untuk disimak. Setiap musim, Liga Inggris menjadi sorotan. Meski terdapat sejumlah “liga besar” lain di Eropa, toh pamor English Premier League (EPL) tak kunjung pudar.

Terdapat sejumlah hal yang patut diketahui sebelum menyaksikan EPL pada musim ini. Selain cat semprot, bola dengan motif baru pun akan diperkenalkan. Wartawan Daily Mail, Charles Martland, merangkumnya dalam beberapa poin. Silakan disimak.

Cat Semprot

Vanishing Spray

Kami sempat menuliskan perihal penggunaan cat semprot yang akan resmi digunakan mulai musim ini. Penggunaan cat semprot tentu akan membantu wasit untuk lebih jelas menentukan di mana bola mesti ditempatkan, serta di mana pagar harus berdiri. Ini juga memberikan kepercayaan diri pada pemain karena tidak akan ada yang merasa dirugikan, karena pemain lawan berbuat curang dengan memajukan bola, atau memajukan pagar.

Kostum Kontroversial

Kostum Pinstripes West Bromwich Albion

Motif pinstripes pada kostum West Bromwich Albion menjadi perbincangan hangat, terutama di kalangan suporter The Baggies. Menurut mereka, ini di luar kebiasaan tradisi karena WBA biasanya menggunakan strip yang lebih tebal.

Kostum Liverpool 2015

Kostum yang menjadi perbincangan lain adalah kostum ketiga Liverpool yang berwarna hitam bergaris merah. Bagi anak arsitek dan desain, kostum ini mungkin seolah jadi mirip pengaplikasian dari mata kuliah nirmana dan teori gestalt. Tapi entah karena selera penulis yang buruk, tapi penulis menyukainya. Setidaknya kostum Liverpool musim ini sudah jauh lebih enak dipandang ketimbang musim lalu.

Kenaikan Harga Tiket
Tiket Stadion Emirates

Kecuali Manchester United yang berencana menurunkan harga tiket untuk gelaran Piala FA dan Piala Liga, sejumlah klub menaikkan harga tiket. Paling mahal tentu saja, tak lain dan tak bukan, Arsenal. Dengan harga tiket paling mahal se Liga Inggris, Arsenal tak pernah jor-joran membeli pemain. Kecuali musim lalu dan musim ini.

Arsenal menjadi tim pertama yang mematok harga dua ribu pounds untuk tiket musiman. Tiket paling mahal untuk satu pertandingan dibanderol seharga 2.013 pounds. Naik tiga persen dibandingkan musim lalu.

Penulis sempat menjadi pemegang tiket musiman tim Divisi Utama, Persikab, dengan membayar hanya 200 ribu rupiah saja, itu pun kelasnya VIP. Jika diperhatikan, karcis untuk menonton Arsenal di Emirates sudah dalam tahap yang “mahal sekali”.

Diisi Talenta Muda

Martland menyebut, terdapat muka-muka baru yang akan menyemarakan persaingan pemain muda di EPL. Mereka adalah Ander Herrera (Manchester United), Jordon Ibe (Liverpool), Sam Gallagher (Southampton), dan Jack Grealish (Aston Villa). Selain nama-nama ini pasti akan muncul talenta baru yang akan bersinar pada musim ini.

Manajer

Penunjukkan manajer baru menjadi sorotan. Siapalagi biangnya kalau bukan Manchester United. Penampilan apik Belanda bersama Louis van Gaal, membuat suporter rival ramai-ramai menolak kehadiran Van Gaal di United. Maklum, saat penunjukkan sang presedor, David Moyes, banyak yang berpesta hingga tujuh hari tujuh malam, saking senangnya. Kini, keadaan itu berbalik. Fan United jauh lebih percaya diri kala mengenakan seragam kebanggaan mereka untuk berkeliling kota.

Selain itu terdapat nama Ronald Koeman yang akan melatih Southampton. Ini akan menjadi tantangan berat bagi Koeman karena Liverpool sangat berhasrat untuk merekrut semua pemain Southampton.

Sementara itu, Nigel Pearson (Leicester), Sean Dyche (Burnley), dan Alan Irvine (West Brom) akan segera diospek. Mereka merupakan nama-nama baru yang melatih tim yang berlaga di EPL.

Bola

Nike Ordem

Setiap apparel selalu menjanjikan bahwa bola buatannya adalah “true round” atau “rounder than ever”. Ini juga yang digembar-gemborkan Nike pada produk mereka yang bernama Nike Ordem. Ia memiliki motif yang sama seperti bola kebanyakan. Namun, terdapat sejumlah improvisasi dan pemberian garis terang yang menurut mereka, agar bola lebih mudah dilihat.

Howard Webb tak Akan Lagi Untungkan MU

Ya, Webb telah pensiun. Tapi kini ia masih akan tampil di BBC, Sky dan BT, untuk mengomentari rekan-rekannya sesama korps baju hitam. Kehilangan Webb tentu berkah bagi penggemar klub-klub yang dikenal tak akur dengan Manchester United.

Dokter di Stadion

Kali ini, FA tak ingin main-main dalam berhadapan dengan cedera kepara. Mereka memerintahkan setiap klub menyiapkan dokter di stadion. Setiap cedera yang berkaitan dengan kepala pemain akan diputuskan oleh sang dokter apakah pemain yang bersangkutan masih boleh main, atau harus digantikan.

Tak Ada Lagi Ryan Giggs

Ryan Giggs adalah legenda. Siapapun, meskipun itu rival pastilah mengakuinya. Musim 2014/2015 menjadi musim pertama di EPL, di mana Giggs tak lagi bermain. Meskipun begitu, publik Old Trafford masih bisa melihatnya di samping Louis van Gaal sebagai asisten.

Warna Warni Sepatu

Jika dulu para pemain sepakbola hanya terlihat menggunakan sepatu berwarna hitam, ini adalah jaman yang berbeda. Setiap pemain berhak mengekspresikan dirinya lewat warna sepatu. Pada EPL 2014/2015 akan banyak ditemukan pemain yang mengenakan sepatu berwarna cerah seperti oranye, hijau, kuning, dan merah.

Bagaimana? Menarik bukan?

Sumber gambar: Dailymail.co.uk, premierleague.co.uk, tripadvisor.com, tsmplug.com,

[fva]

Komentar