Menjaga Kondisi Fisik a la Juara Dunia

Sains

by redaksi

Menjaga Kondisi Fisik a la Juara Dunia

Sebagai juara Piala Dunia 2014, Jerman memang telah mempersiapkan semuanya dengan matang. Dari mulai merombak sistem pembinaan yang dimulai sejak 14 tahun lalu. Hingga persiapan kondisi fisik tim menuju Piala Dunia 2014 Brasil. Salah satu persiapan yang dilakukan tim nasional Brasil adalah mempersiapkan kondisi fisik para pemainnya.

Untuk mempersiapkan kondisi fisik para pemainnya, tim nasional Jerman merekrut salah satu pelatih fisik berpengalaman asal Amerika Serikat, Mark verstegen. Mark Verstegen adalah seorang pendiri EXOS, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelatihan fisik atlet. Mark Verstegen juga pernah menjabat Director of Performance di NFL Player Asociation.

Verstegen sebenarnya bukan pertama kali ikut mendampingi tim nasional Jerman di Piala Dunia. Verstegen sudah mulai menangani latihan fisik para pemain Jerman sejak tahun 2006. Ketika itu, Jurgen Klinsmann merekrutnya ke dalam staf kepelatihan Jerman. Setelah Joachim Low menggantinkan Klinsmann untuk menangani tim nasional Jerman, Low tetap memasukan nama Verstegen sebagai pelatih fisik Jerman.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh The New York Times, Verstegen menceritakan bagaimana dia mempersiapkan kondisi fisik para pemain Jerman. Dia menjelaskan bahwa Jerman memiliki fasilitas latihan mobile, sehingga mereka dapat melakukan latihan dimanapun mereka berada.

Verstegen juga menjelaskan, dulu para pemain Jerman melakukan latihan fisik yang terlalu umum. Mereka hanya terpaku pada latihan lari dalam jarak jauh untuk meningkatkan kondisi fisik mereka. Pada tahun 2006 ketika dia mulai menangani masalah fisik para pemain Jerman, Verstegen merubah sistem pelatihan fisik yang dilakukan.

Verstegen membuat latihan fisik para pemain Jerman dengan memfokuskan pada kebutuhan masing-masing individu. Dia akan mengamati terlebih dahulu bagian mana dari pemain tersebut yang harus ditingkatkan dengan mengaitkan dengan apa yang dibutuhkan pemain tersebut di lapangan. Dengan begitu latihan akan langsung menuju sasaran dan pemain akan dapat merasakan manfaatnya di lapangan.

Verstegen menjelaskan bahwa para pemain Jerman dapat berlari hingga 113,8 km per pertandingannya pada Piala Dunia 2014 lalu. Hanya tim nasional Amerika Serikat yang berlari lebih jauh dalam satu pertandingan dari Jerman. Hal ini menunjukan bagaimana siapnya kondisi fisik para pemain Jerman di Piala Dunia 2014 lalu.

Berlatih Ala Tim Nasional Jerman Di Rumah

Di penghujung wawancara, Verstegen memberikan beberapa tips agar kita juga bisa menjaga kebugaran seperti yang dilakukan para pemain tim nasional Jerman di rumah. Verstegen menyarankan untuk memperhatikan pola tidur kita terlebih dahulu, “Untuk bisa mendapatkan tubuh yang bugar, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah pola tidur. Lakukan tidur yang cukup, hal ini sering dilupakan oleh banyak orang. Keluarkan barang-barang elektronik dari kamar anda.”

Setelah itu, mulai lakukan latihan sejak setelah bangun tidur, “lalu setelah melakukan pola tidur yang baik, lakukan beberapa kali push-up atau pose yoga setelah bangun tidur, atau apapun gerakan yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran anda setelah bangun tidur. Dengan begitu anda akan dapat lebih cepat tanggap pada kegiatan anda di hari itu. Lakukan latihan ini dengan sedikit meningkatkan porsinya setiap hari. Tidak perlu sampai melakukan gerakan yang menyulitkan, tapi setidaknya dorong diri anda untuk melakukan lebih baik dari hari sebelumnya. Intinya, tubuh dan otak anda akan merespon positif untuk memulai hari,” kata pelatih fisik tim nasional Jerman tersebut.

Verstegen juga memberikan beberapa gerakan latihan sederhana yang bisa anda lakukan. Setidaknya meski anda bukan juara dunia, anda bisa melakukan latihan yang sama dengan seorang juara dunia.

Inverted Hamstring Stretch [Video]



Inverted Hamstring from EXOS on Vimeo.

Keuntungan: Meningkatkan keseimbangan tubuh dan mencegah cedera hamstring

Lateral Lunge to Drop Lunge [Video]

Keuntungan: Melenturkan otot pinggul dan paha

Reverse Lunge, Elbow to Instep — With Rotation [Video]

Keuntungan: Meregangkan otot pangkal paha, pinggul, bokong, dan hamstring

Pillar Skip [Video]

Keuntungan: Meningkatkan kelenturan pangkal paha dan meningkatkan kecepatan

3 Hurdle Drill to Sprint [Video]

Keuntungan: Meningkatkan kelincahan dan akselerasi

Sumber: nytimes.com

(abi)

Komentar