Ketika Game FIFA Diaplikasikan ke Dunia Nyata

Video Games

by redaksi

Ketika Game FIFA Diaplikasikan ke Dunia Nyata

Game FIFA dari EA Sports adalah sebuah permainan sepakbola yang sangat banyak diminati di seluruh dunia. Cara bermainnya yang simpel dan tampilannya yang mendekati realistis membuat para gamers kecanduan untuk memainkannya. Maka tak heran FIFA ini sering disebut sebagai game sepakbola terbaik di dunia.

Tampilan FIFA dengan detail-detailnya saat ini memang membuat kita baik yang menonton maupun yang memainkannya seolah sedang menyaksikan pertandingan sepakbola sungguhan di layar kaca. Dari tahun ke tahun penampilannya pun semakin mendekati sempurna. Bahkan tak menutup kemungkinan suatu saat FIFA bisa menyajikan game sepakbola yang tampilannya benar-benar real.

Bagaimana itu bisa terwujud? Itulah yang ada dalam benak salah satu animator di EA Sports, Marius Hjerpseth. Kemudian ia mencoba membuat video dirinya dan karyawan lain yang bermain sepak bola di kehidupan nyata di lapangan markas EA Sports, Vancouver. Mereka merekamnya yang nantinya akan diedit layaknya game FIFA  dengan Martin Tyler sebagai komentator, indikator pemain, indikator tembakan, perayaan gol dan lain-lain.

Hasilnya? Video di bawah adalah hasil editing Hjerpseth dan kawan-kawan:



Ketika diwawancarai oleh sebuah situs di Norwegia, Hjerpseth mengatakan bahwa video ini hanyalah pengaplikasian game FIFA di dunia nyata. Di mana ia hanya ingin membuat sebuah video yang menampilkan dirinya bersama karyawan lain dalam tampilan game FIFA.

“Aku mengirim e-mail internal dan bertanya pada semua orang, apakah ada yang tertarik untuk berpartisipasi dalam proyek saya ini. Kemudian sekitar 70 orang mendaftar, Tapi Aku hanya memilih beberapa pemain yang benar-benar bisa bermain sepakbola,” kata Hjerpseth yang sudah bergabung dengan FIFA sejak usia 17 tahun.

“Semua yang ditampilkan di video adalah sepakbola nyata di mana dalam prosesnya kami membiarkan 6 kamera merekam permainan kami selama kurang lebih satu jam. Setelah itu kami melihat ulang semua tayangannya lalu bersama-sama mengedit video tersebut.”

Hjerpseth merencanakan ini selama beberapa minggu, dan pengambilan video memakan waktu beberapa hari. Lalu pengeditan video sendiri menghabiskan waktu sekitar 4-5 bulan. Karena video tersebut berdasarkan kenyataan, Hjerpseth yang mengerjakan editing akhirnya cukup kesulitan walaupun pada akhirnya ia berhasil menyelesaikannya.

Ada yang bisa membuatnya?

foto: news.futhead.com

[ar]

Komentar