Laris Manisnya Barisan Belakang Timnas Belanda di Bursa Transfer

Berita

by redaksi

Laris Manisnya Barisan Belakang Timnas Belanda di Bursa Transfer

Penampilan Belanda di Piala Dunia 2014 memang menarik perhatian. Selain tidak pernah kalah di waktu normal, Belanda mendapat sorotan karena tangguhnya lini belakang mereka.

Pelatih Belanda, Louis van Gaal kerap menggunakan formasi yang tidak populer: 3-5-2. Tidak jarang, ia menempatkan bek tengah sebagai fullback. Ini yang membuat jumlah bek di daftar pemain Belanda terasa lebih banyak karena peran mereka yang memang penting dalam menunjang permainan.

Salah satunya adalah Bruno Martins Indi. Ia menjadi populer karena tersebarnya meme mengenai pemain kelahiran 1992 ini kala bermain di Piala Dunia. Penampilan apiknya berkiprah bersama Feyenord sejak 2010, membuat sejumlah pelatih kepincut untuk mendatangkan pria kelahiran Portugal ini.

Louis van Gaal yang kini menjadi arsitek Manchester United, turut memasukkan namanya ke dalam daftar belanjaan. Sang pemain sendiri menjatuhkan pilihannya pada Porto. Klub asal Portugal tersebut memang menaruh hati pada sang pemain sejak beberapa waktu ke belakang. Porto mesti meraih kocek sebesar enam juta poundsterling. Di sana, ia akan menjalani peran sebagai pelapis Eliaquim Manggala, dan diproyeksikan untuk menjadi pemain masa depan Porto.

Kehadiran Van Gaal di United, membuatnya ingin segera merekrut sejumlah anak asuhnya di timnas Belanda. Selain Indi, Van Gaal juga ingin merekrut Daley Blind sebagai reaksi atas kepergian Patrick Evra ke Juventus. Selain itu, nama Ron Vlaar dan Stefan de Frij pun disebut-sebut akan memperkuat lini belakang United musim depan.

Hubungan Van Gaal dengan Blind memang cukup erat. Sang ayah, Dirk Franciscus “Danny” Blind merupakan anak asuh Van Gaal ketika berkostum Ajax. Kini, ia pun menjadi asisten Van Gaal di timnas. Bersama Ajax, Daley Blind menikmati masa-masa indah dengan memenangi empat gelar Eredivisie secara berturut-turut. Namanya pun tertera sebagai Pemain Terbaik Belanda 2014.

Sementara itu, bek Aston Villa yang juga menjadi palang pintu Belanda, Ron Peter Vlaar, diisukan akan bergabung dengan AS Roma. Penampilan apik Vlaar di backthree Belanda membuat Aston Villa mempertimbangkan untuk memperpanjang kontraknya. Ini karena kontrak Vlaar akan habis di akhir musim ini. Artinya, ia boleh untuk berbincang dengan tim manapun tanpa mesti berhubungan dengan Villa.

Bek belanda lainnya, Stefan de Frij, dikabarkan telah diminati sejumlah klub. Selain United, klub Italia, Lazio pun dikabarkan tengah serius untuk mendekati pemain kelahiran 1992 ini. Sementara itu, De Frij memberi kode dengan mengatakan ia ingin mengembangkan permainan dan karirnya

Hal serupa dilakukan oleh bek Belanda lainnya, Daryl Janmaat. Pemain 24 tahun ini akan menghiasi skuat Newcastle United pada musim 2014/2015. Ia diproyeksikan untuk menggantikan Mathieu Debuchy yang telah pindah ke Arsenal.

Tingginya minat klub Eropa untuk bek Belanda ini ternyata memiliki kesamaan. Baik Janmaat, Vlaar, Frij dan Indi merupakan pemain yang pernah atau masih bermain untuk Feyenord Rotterdam.

Kesamaan latar belakang tim membuat empat pemain ini tampil begitu kompak menggalang lini pertahanan Belanda. Wajar jika Van Gaal kepincut untuk mendatangkan anak asuhnya tersebut untuk segera memperkuat United. Komunikasi akan menjadi hal yang penting dalam efektivitas permainan tim.

Sumber gambar: gettyimages

[fva]

Komentar