Tak Kunjung Berprestasi, Timnas Inggris Akan Dibubarkan?

Cerita

by redaksi

Tak Kunjung Berprestasi, Timnas Inggris Akan Dibubarkan?

Timnas Inggris tak pernah mendapatkan hasil positif di Piala Dunia maupun Piala Eropa sejak 1966. Hal ini membuat banyak pihak menuding, skuat yang ada belum cukup berkualitas untuk dibandingkan dengan pemain dari negara lain. Buruknya sistem proteksi terhadap pemain lokal di liga, membuat bergulirnya wacana untuk membubarkan timnas Inggris.

Pembubaran ini akan menghasilkan sebuah timnas baru yang berasal dari United Kingdom.

Sebelumnya, kami akan menjelaskan perbedaan apa itu Inggris (England), Britania Raya (Great Britain), dan United Kingdom.

Inggris adalah negara di dalam United Kingdom. Sementara itu, Britania Raya merupakan kumpulan negara Inggris, Skotlandia dan Wales. Sedangkan United Kingdom (UK) adalah kumpulan tiga negara tersebut ditambah dengan Irlandia Utara.

Kecuali Inggris, setiap negara di UK memiliki parlemen sendiri. Sistem pemerintahan UK dipimpin oleh seorang perdana menteri dan parlemen. Untuk Inggris, segala hal yang berhubungan dengan negara tersebut diurus oleh parlemen UK karena Inggris tak memiliki parlemen sendiri.

Anggota parlemen dari Partai Tory, Laurence Robertson menyarankan pengiriman skuat tim yang berasal dari UK untuk berlaga di Piala Dunia. Diharapkan, para pemain dari kompetisi Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, dapat turut serta memperkuat integritas negeri Ratu Elisabeth tersebut.

Data dari Liga Inggris mengungkapkan, sekitar 10% pemain yang berlaga di liga tersebut berasal dari Wales. Selain itu, penampilan klub dari Liga Skotlandia seperti Celtic maupun Rangers kerap mengejutkan ketika bermain di Eropa.

Wales terakhir kali berkompetisi di Piala Dunia pada 1958, sementara itu Irlandia Utara pada 1986, dan Skotlandia pada 1998. Inggris memang lebih beruntung karena mereka selalu dapat lolos kualifikasi Piala Dunia, namun hasil baik tak kunjung menepi ke London.

Di Olimpiade, Pemerintah Inggris mengirimkan tim dari Great Britain. Pun dengan tim sepakbolanya meski hanya berisi pemain Inggris dan Wales saja. Namun asosiasi sepakbola di tiga negara tersebut menentang, meski FIFA telah menjamin bahwa penggabungan tersebut tidak akan memengaruhi independensi mereka sebagai negara sepakbola.

Laurence menambahkan dengan berjalan sendiri-sendiri mereka tidak akan menghasilkan apapun. Kecuali mereka bergabung dalam satu kesatuan bernama United Kingdom. Ia pun memanggil rasa nasionalisme otoritas sepakbola tersebut untuk berjuang bersama dan membentuk satu kesatuan tim sepakbola yang mewakili UK.

Ada beberapa hal yang akan berpengaruh positif jika wacana ini terealisasi. Pertama, pengembangan kompetisi di Liga Wales, Liga Irlandia Utara, dan Liga Skotlandia akan mengalami peningkatan karena para pemain lokal akan berlomba-lomba untuk menunjukkan hasil terbaik.

Kedua, jika wacana ini benar terealisasi,kita dapat menyaksikan pemain yang kadung lahir di tiga negara tersebut seperti Gareth Bale dan Aaron Ramsey, bermain di Piala Dunia.

Sumber gambar: Dailymail.co.uk

[fva]

Komentar