Freddy Adu Dapatkan Kesempatan Trial di AZ Alkmar

Cerita

by redaksi

Freddy Adu Dapatkan Kesempatan Trial di AZ Alkmar

Masih ingatkah anda dengan nama Freddy Adu. Sekitar 10 tahun yang lalu, pemain asal Amerika ini sempat menghebohkan dunia sepakbola. Pasalnya, Adu yang ketika itu masih berusia 14 tahun, berhasil menarik perhatian Manchester United untuk mengkontraknya. Adu sempat mengikuti trial di Manchester, namun sayang dia gagal mendapatkan izin kerja sehingga MU tidak jadi mengkontraknya.

Setelah itu Adu di klaim akan menjadi pemain besar dunia. Dengan prestasinya yang sangat gemilang di usia yang masih sangat belia, banyak kalangan yakin, bahwa dirinya akan menjadi pemain besar suatu saat nanti. Namun ternyata, 10 tahun kemudian ketika kini Adu  sudah berusia 25 tahun, tidak banyak orang yang mengingatnya.

Tim nasional Amerika baru saja membuat heboh dunia dengan menampilkan permainan yang menarik pada perhelatan Piala Dunia. Amerika Serikat yang masuk ke salah satu grup maut, secara tidak terduga berhasil lolos sebagai runner-up, mengalahkan Portugal dan Ghana. Namun sayang Amerika kemudian harus pulang setelah kalah dari Belgia 2-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Jika perkiraan banyak orang terjadi, seharusnya kita melihat nama Freddy Adu pada susunan skuat Amerika, namun faktanya, Jurgen Klinsmann tidak membawa Adu ke Brasil. Padahal Adu sudah masuk ke skuat tim Amerika saat turnamen FIFA World Youth Championship U-17 2003 di Uni Emirat Arab. Meski belum masuk ke skuat pemain inti, Adu yang ketika itu masih berusia 14 tahun sudah mengikuti kompetisi untuk umur di bawah 17 tahun. Punggawa Amerika di Piala Dunia 2014 ini, Clint Dempsey pun masuk ke tim tersebut bersama Freddy Adu.

Hingga tahun 2010, Adu selalu aktif bermain di tim usia muda Amerika untuk mengikuti beberapa kejuaraan Dunia. Klub asal Portugal, Benfica pun tertarik untuk mengkontraknya pada tahun 2007. Selama 1 musim adu bermain di Portugal, dia hanya mendapatkan 11 kali kesempatan  tampil dan mencetak 2 gol. Setelah tahun 2010 Benfica memutuskan untuk meminjamkan ke beberapa tim.

Selama beberapa musim adu dipinjamkan ke beberapa tim, akhirnya Benfica melepasnya ke klub MLS, Philadelphia Union. Masih juga gagal bersinar selama 2 tahun di MLS, Adu kembali merantau, kali ini ke Brasil. EC Bahia mengkontraknya pada tahun 2013. Namun lagi, Adu hanya mendapatkan 2 kali kesempatan bermain dalam satu musim tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat Klinsmann tidak tertarik membawanya ke Piala Dunia.

Kini, Adu mendapatkan harapan baru, di Eropa. Salah satu klub papan atas Belanda, AZ Alkmar, memberikan kesempatannya untuk trial selama satu musim di Eredivisie. Aku twitter resmi AZ Alkmar telah mengumumkan kedatangan striker Amerika Serikat ini untuk bermain disana.

Adu dapat berharap bisa mengikuti jejak sukses striker Amerika Serikat lainnya, Jozy Altidore, yang sempat sukses di AZ Alkmar. Altidore membela AZ Alkmar pada tahun 2011-2013 dengan mengkoleksi 67 kali penampilan dan 39 gol. Altidore kini telah berseragam salah satu klub Liga Inggris, Sunderland.

Adu berharap bisa kembali menunjukan performa cemerlang dan mendapatkan perhatian dari Jurgen Klinsmann untuk memasukannya ke skuat tim nasional Amerika. Adu terakhir berseragam tim nasional saat turnamen Gold Cup tahun 2011, tepat sebelum Klinsmann resmi menangani tim Amerika.

adu

sumber foto: Soccerly.com/lasportsanostra

(abi)

Komentar