Kapan Pemimpin Negeri Ini Bisa Selfie di Piala Dunia?

Piala Dunia

by redaksi

Kapan Pemimpin Negeri Ini Bisa Selfie di Piala Dunia?

Sepakbola memang milik siapa saja. Dari rakyat cilik, hingga para penguasa, semua mencintai sepakbola.  Dan, dalam gelaran sebesar Piala Dunia, semua orang semua berbondong-bondong untuk memberikan dukungan untuk timnasny, berdandan segala rupa.

Begitu juga dengan para petinggi negara. Meski tak berdandan nyleneh seperti rakyatnya, mereka mencoba meluangkan sedikit waktu di tengah kesibukan, dan memberi dukungan untuk 11 diplomat mereka yang bercala pendek. Mereka paham, bahwa Piala Dunia, bukan semata pertandingan sepakbola. Tapi, lebih dari itu, dalam pentas Piala Dunia, negara-negara peserta sedang melaksanakan sebuah diplomasi publik.

Jadi tak heran, jika belakngan ini banyak beredar foto-foto petinggi negara yang memberikan dukungan untuk timnasnya. Ada yang datang langsung ke Brasil, ada pula yang menonton lewat siaran televisi.

 1. Barack Obama

obama

Meski sepakbola bukanlah olahraga populer di Brasil, tapi presiden Barack Obama tetap menyempatkan diri untuk menonton pertandingan timnas AS. Saat AS bertemu Belgia di fase 16 besar, Obama menyempatkan diri menonton anak asuh Jurgen Klinsman dari Eisenhower Executive Office Building yang ada di  Washington. Bahkan, meski AS kalah dari Belgia, 2-1, sang presiden menyempatkan diri dan mengucapkan terimakasih atas perjuangan Clint Dempsey dkk. 

2. Angela Merkel

merkel

Kanselir Jerman, Angela Merkel, menyempatkan diri datang ke Brasil untuk menyaksikan pertandingan antara Jerman vs Portugal. Bahkan, Kanselir yang sudah 24 tahun memimpin Jerman itu, sempat tertangkap kamera ikut merayakan gol yang dicetak Thomas Mueller ke gawang Portugal.

merkel pemain

Di akhir pertandingan, Merkel, juga menyempatkan diri datang ke ruang ganti pemain untuk memberi selamat kepada selurung penggawa Der Panzer dan berfoto bersama.

3. Enrique Pena Nieto meksiko 2

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto (kanan), bersama Menteri Pertahanan, Salvador Zepeda (kiri), merayakan keberhasilan Meksiko lolos ke fase 16 besar.

4. Luis Guillermo Soliskostarika

Presiden Kosta Rika, Luis Guillermo Solis (yang mengenakan topi merah) ikut merayakan keberhasilan Bryan Ruiz cs. lolos ke fase perdelapan final. Sang presiden dan rakytanya semuanya tumpah ruah dijalan-jalan ibukota Kosta Rika, San Jose.

5. Michelle Bachelet

chile

Mungkin, Gary Medel dan Mauricio Pinilla, adala penggawa Chile yang paling beruntung. Meski tersingkir dari babak 16 besar, tapi mereka berkesempatan untuk berfoto selfie dengan presiden Chili, Michele Bachelet.

6. Raja Phillipe

belgia selfie

Setelah berhasil mengalahkan Rusia (22/6), dan memastikan diri lolos dari babak grup, para pemain Belgia berkesempatan untuk bertemu dan berfoto bersama dengan Raja Phillipe.

7. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima

belanda

Pantas, meski mendapat sedikit kesulitan, Belanda bisa mengatasi perlawanan Australia pda pertandingan kedua babak grup. Pasalnya, pada pertandingan itu, Der Oranje didukung langsung oleh raja dan ratunya. Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima memang sengaja datang ke Brasil untuk memberi dukungan timnas Belanda. Bahkan, di akhir pertandingan, pasangan pemimpin negeri Bendungan ini meyempatkan diri untuk datang ke ruang ganti pemain dan berfoto bersama dengan skuat Belanda.

belanda pemain

Jika sudah demikian, lalu kita patut bertanya-tanya: kapan kiranya, petinggi kita akan berfoto selfie bersama  para pemain seusai melakoni pertandingan Piala Dunia? hal yang sebenarnya sangat mungkin terjadi. Ketika sepakbola di negeri ini tak terlalu dipolitisir. Tak terlalu diseret-seret dan dijadikan isu politik ataupun dijadikan alat kampanye belaka, tanpa adanya realisasi perbaikan ditubuh federasi dan juga sistem pembinaan. Ya, secerca harapan itu masih ada. Entah kapan. Mungkin masa itu akan tiba, saat kita semua siap untuk tak mencampuradukkan politik dengan sepakbola. Siapkah kita?

[foto: telegraph]

(mul)

Komentar