[Preview] Belanda vs Kosta Rika: Duel Dua Tim yang Punya Kesamaan Skema

Piala Dunia

by redaksi

[Preview] Belanda vs Kosta Rika: Duel Dua Tim yang Punya Kesamaan Skema

Meski diperkirakan akan turun dengan pola berbeda, Belanda dengan pola 5-3-2 dan Kosta Rika dengan pola 5-4-1, tapi, pada dasarnya, kedua kesebelasan ini punya kemiripan gaya. Saat menyerang, pola mereka akan berubah menjadi 3-5-2. Keduanya juga akan memfokuskan diri untuk bertahan dengan sesekali menyerang dengan mengandalkan kecepatan sayap.

Di kubu Belanda, jelas, ketika menyerang, Louis van Gaal akan menginstruksikan duo wingback-nya untuk sedikit naik, membantu lini tengah. Pun demikian dengan Kosta Rika, saat menguasai bola, Pinto juga akan menginstruksikan hal serupa pada anak didiknya.

Yang kemudian sedikit berbeda adalah pergerakan lini depan keduanya. Di kubu Belanda, seperti biasanya, Arjen Robben dan Robin van Persie akan sering bertukar posisi. Selain untuk mengelabuhi bek-bek lawan, pergerakan ini juga dimaksudkan agar keduanya bisa bergantian mengeluarkan kelebihan mereka, yaitu melakukan cutting inside.

Sementara di kubu Kosta Rika, saat meguasai bola, Bryan Ruiz akan diinstruksikan untuk bergerak ke dalam. Pergerakan Ruiz inilah yang nantinya diharapkan dapat meringankan tugas Joel Campbell, sekaligus membantu membuka ruang untuk sang striker. Sedangkan pos yang ditinggal Ruiz, seperti biasa, akan diisi oleh wingback kanan Kosta Rika, Christian Gamboa.

Namun, malam nanti, Belanda punya sedikit kendala. Van Gaal harus sedikit memutar otak, siapakah  penggangi De Jong di lini tengah? mengingat pemain AC Milan itu mengalami cedera pangkal paha saat Belanda bertemu Meksiko di fase 16 besar.

Ada banyak pilihan, memang. Bruno Martins Indi bisa saja sedikit didorong ke depan untuk mengisi kekosongan tersebut. Namun, hal itu jelas akan mengganggu keharmonisan trio center back Belanda. Atau bisa juga menggeser Daley Blind sedikit ke tengah. Tapi hal itu juga jelas beresiko, mengingat Blind tidak terlalu baik saat menjaga kedalaman.

Karenanya, pilihan calon pelatih MU itu, tampaknya, akan jatuh kepada Georginio Wijnaldum. Meski masih minim jam terbang, namun pemain 23 tahun ini adalah tipe pekerja keras. Ia juga punya kemampuan melepaskan umpan panjang. Hal yang paling dibutuhkan saat Belanda mengalami kebuntuan di lini tengah.

bel

Jadi, akankah target Belanda akan tercapai malam ini? Ataukah Kosta Rika yang akan terus memberikan kejutan? Simak ulasan lengkapnya di sini.  

(mul)

Komentar