Preview Perancis vs Nigeria

Piala Dunia

by redaksi

Preview Perancis vs Nigeria

Kedua tim berhasil lolos ke babak 16 besar dengan performa kurang meyakinkan pada pertandingan terakhirnya. Perancis meski menempati peringkat teratas grup E, tetapi harus bersusah payah dan akhirnya gagal menang melawan Ekuador yang bermain dengan 10 orang. Sedangkan lawannya, Nigeria kalah oleh Argentina meski mampu selamat karena Iran juga kalah dari Bosnia.

Pertemuan kali ini diprediksi akan berlangsung mengejutkan, sebagaimana dua tim yang tidak stabil bertemu. Secara kualitas permainan dan materi pemain, Perancis jelas diunggulkan kali ini. Tetapi mereka punya masalah lain yang harus dihadapi yakni faktor cuaca.

Suhu udara di Brasilia diprediksi dapat mencapai lebih dari 30 derajat celcius, sebagai gambaran batas cooling break yang ditetapkan FIFA adalah jika mencapai 32 derajat. Pelatih Perancis, Didier Deschamps juga mengkhawatirkan hal tersebut. Karena kali ini timnya akan bermain saat siang hari waktu setempat, berbeda dengan pertandingan sebelumnya ketika sore menjelang malam.

Perpaduan cuaca panas dan kecepatan pemain Nigeria akan membuat masalah Perancis menjadi lebih berat. "Mereka tim yang bagus, mereka menyebabkan masalah bagi Argentina. Mereka kuat, cepat di depan dan pekerja keras di lini tengah, mereka juga bermain dengan banyak energi . " kata Cabaye, mengomentari hasil calon lawannya tersebut saat kalah 3-2 dari Argentina.

Tetapi tim Perancis juga melakukan sedikit rotasi terkait timnya guna mempersiapkan laga kali ini. Susunan berbeda tersaji di lini depan, dengan mengembalikan formasi awal Benzema sebagai striker tunggal. Seperti yang diketahui, pada pertandingan sebelumnya ujung tombak lebih dipercayakan pada Giroud dengan menggeser Benzema ke kiri.

Kejutan hanya terjadi pada bek kiri dengan memilih pemain muda Lucas Digne yang baru menjalani dua pertandingan bersama tim nasional. Sedangkan pergantian Cabaye dengan Scneiderlin murni akibat hukuman akumulasi kartu kuning.

Nigeria sendiri juga punya masalah untuk soal faktor non-teknis. Minggu lalu, tim ini melakukan ancaman mogok karena terkait bonus pertandingan. Urusan yang serius dalam pengaruhnya ke mental bermain Joseph Yobo dkk.

Belum lagi tentang absennya pilar Nigeria, Michel Babatunde dipastikan tak dapat bermain karena cedera retak lengan.  Sementara Victor Moses dan Godfrey Oboabona baru sembuh dari cedera dan hanya bisa memulai latihan ringan kemarin.

squad-FRA---NIG

Hujan Gol Pada Akhir Pertandingan

Mulai dari uji coba hingga tiga pertandingan awal Piala Dunia 2014, Perancis selalu terlihat keteteran saat menit-menit akhir. Kordinasi lini belakang buruk dan memudahkan lawan untuk melakukan tembakan ke gawang.

Padahal jika melihat agresifitas kedua fullback sebenarnya tak terlalu menyerang, paling banter hanya sampai menjelang sepertiga akhir. Hal ini karena urusan menyerang dari sayap, kedua winger dibantu oleh lini kedua dan bukan fullback.

Kondisi ini juga dapat dihubungkan dengan kondisi cuaca yang dikeluhkan Deschamps, maka menit-menit akhir menjadi rentang waktu krusial yang dapat menentukan hasil pertandingan nanti.

(amp)

Komentar