Match Preview Yunani vs Pantai Gading

Piala Dunia

by redaksi

Match Preview Yunani vs Pantai Gading

Meski sempat kalah di laga pertama kala menghadapi Kolombia, Yunani masih tetap menjaga asa untuk lolos ke babak 16 besar. Hasil seri menghadapi Jepang, membuat mereka harus menang atas Pantai Gading. Hasil seri saja akan membuat mereka terlempar dari Piala Dunia.

Sementara bagi Pantai Gading, hasil seri sudah cukup bagi mereka untuk lolos ke babak 16 besar, asalkan, Kolombia mampu menundukkan Jepang di waktu yang sama.

Yunani harus kehilangan gelandang senior mereka, Konstantinos Katsouranis, yang dihukum karena mendapat kartu merah di laga menghadapi Jepang. Posisinya akan digantikan Giorgios Karagounis. Karagounis merupakan generasi yang sama dengan Katsouranis, yang menjuarai Piala Eropa 2004. Meski memiliki visi yang baik, namun Karagounis memiliki kelemahan dari sisi stamina.

Pantai Gading mesti mewaspadai Panagiotis Kone yang selalu menjadi pilihan di lini tengah Yunani. Penampilannya yang enerjik serta kerap datang dari second line, bisa membahayakan lini pertahanan Pantai Gading.

Seperti biasa, Yunani akan lebih fokus untuk menyerang lewat sisi sayap yang diisi Georgios Samaras dan Dimitros Salpingdis. Keduanya akan dibantu dua fullback yang memang memiliki kemampuan menggiring bola yang baik, Jose Holebas dan Vasilis Torosidis.

Di kubu Pantai Gading, mereka juga harus kehilangan palang pintu pertahanan, Didier Zokora yang dikartu-merah saat laga menghadapi Kolombia. Posisinya kemungkinan akan diisi bek Liverpool, Kolo Toure.

Seperti ciri tim Afrika lainnya, Pantai Gading akan memaksimalkan kekuatan fisik mereka. Yunani tampaknya akan kesulitan untuk memenangkan duel bola udara di dalam kotak penalti. Padahal, Yunani biasanya kerap mencetak gol lewat sundulan. Yunani bisa berharap dari pergerakan atraktif Kone di lini kedua.

Performa apik Gervinho di sisi kiri penyerangan Pantai Gading, mesti diwaspadai Karagonis dan kolega. Yunani sering memiliki masalah dengan dua fullback mereka saat bertahan. Pantai Gading tampaknya akan mengeksploitasi sisi ini. Terutama, dengan mengandalkan Gervinho di kiri dan Salomon Kalou di kanan.

Pantai Gading akan bermain bertahan? Tampaknya tidak. Pelatih Sabri Lamouchi mengungkapkan mereka akan bertanding habis-habisan. "Kami akan bertarung untuk mendapatkan kemenangan dalam laga menghadapi Yunani, sangat sederhana. Aku tidak melihat cara lain untuk lolos (selain menang). (Saat menghadapi Kolombia) Kami membuat banyak peluang dan mencetak gol balasan, aku merasa kami kalah dengan tidak adil. Para pemain kami tidak layak untuk kalah. Seri mungkin hasil yang terbaik," katanya.

Pantai Gading akan tampil lebih dominan dalam menyerang. Jika Yunani tidak mampu membenahi lini belakang mereka, bukan tidak mungkin Negeri Para Dewa ini akan menjadi bulan-bulanan lini serang Pantai Gading.

Prediksi? Pantai Gading kemungkinan lolos bersama dengan Kolombia ke babak 16 besar.

Line Up

[fva]

Komentar